Leadership

11 Cara Membuat Kreativitas Anda Semakin Bertambah

 
  • 3
    Shares

   

Semua jenis pekerjaan tentu membutuhkan kreativitas dalam melakukan beberapa bentuk kegiatan di dalamnya. Dan setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda – beda, ini bisa sesuai dengan hobi, minat, atau bakat orang itu sendiri. Dan terkadang orang akan bingung atau kesulitan untuk memperlihatkan dan menunjukkan kreativitas mereka dalam hal setiap pekerjaan.

Dan untuk membantu Anda menciptakan dan menambah kreativitas dalam bekerja, berikut ini tips mudah yang bisa Anda ikuti:

1. Membaca lebih banyak buku

Salah satu cara ampuh dalam meningkatkan kreativitas Anda adalah dengan menambah wawasan Anda akan suatu hal. Membaca buku lebih banyak dan lebih beragam akan memberikan Anda inspirasi untuk bekerja. Buku yang dibaca juga tidak terbatas buku ilmu pengetahuan, Anda juga bisa membaca majalah, koran, hingga artikel di internet. Membaca buku akan membantu Anda meningkatkan daya ingat terhadap suatu materi. Dengan membaca kreativitas Anda akan muncul seiring dengan bagaimana Anda mencerna informasi yang Anda dapatkan.

2. Mencari referensi atau inspirasi dari internet

Ada banyak website di internet yang menyediakan berbagai jenis ide kreatif yang bisa Anda gunakan, salah satunya TED. Anda bisa membaca berbagai ide yang dimiliki oleh para pebisnis sukses di seluruh dunia, memperlajarinya dan bisa juga mengikuti jejak mereka. Tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan ide kreatif yang Anda temukan, tapi tentu saja dengan mempertimbangkan kemampuan, kebutuhan dan keuntungan bagi bisnis Anda.

3. Menggambarlah

Menggambar bukan hanya milik mereka yang sekolah desain, bukan juga bagi mereka yang terlahir dengan bakat seniman terutama seni lukis. Tapi Anda juga bisa menggambar. Dengan menggambar kreativitas Anda juga akan terlahir. Bayangkan saja apa yang Anda inginkan di dalam lingkungan kerja Anda. Jika Anda tipe orang yang sulit mengucapkan sesuatu, maka coba buat itu dalam bentuk gambar. Gunakan saja pensil Anda untuk menggambar tanpa banyak berfikir. Ciptakan gambar sekreatif mungkin, karena ini adalah arena Anda untuk berkreasi.

4. Pergi melancong

Terkadang rasa bosan juga dapat memicu rendahnya tingkat kreativitas seseorang. Jika ini terjadi pada diri Anda, ini saatnya Anda pergi untuk melancong atau traveling. Temukan hal baru, tempat baru dan orang baru saat Anda pergi. Berbagai hal baru itu akan membuat kreativitas Anda meningkat dan ingin melakukan banyak hal.

5. Menggunakan fasilitas umum

Anda juga bisa mendapatkan ide atau meningkatkan kreativitas saat Anda menggunakan fasilitas umum yang disediakan. Seperti halnya ketika Anda menaiki bus kota, Anda akan lebih merasa bersosialisasi dengan banyak orang baru yang jelas tidak Anda kenal sebelumnya. Anda juga akan secara otomatis mengamati bagaimana mereka berbicara, bersikap atau bahkan sekedar style pakaian mereka.

6. Berjalan – jalan

Istirahatkan otak Anda dan ambillah jatah istirahat Anda. Berjalan – jalan menyusuri taman atau pergi ke pantai akan membuat Anda lebih merasa tenang, nyaman dan relax. Ini akan membantu diri Anda meningkatkan mood dan juga meningkatkan kreativitas Anda.

7. Lakukan hobi baru

Jika Anda ingin tantangan lebih di dalam hidup Anda maka cobalah untuk mencari, menemukan dan menjalankan hobi baru Anda. Karena untuk naik satu tingkat dalam hidup Anda harus mengenal, mencoba dan menguji hal baru di hidup Anda, termasuk hobi baru ini. Memiliki hobi baru juga akan meningkatkan komunikasi Anda dengan orang baru.

8. Makan makanan favorit Anda

Tanyakan pada diri Anda, apa yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan bisa mendapatkan ide dengan mudah? Jika Anda merasa nyaman saat apa yang Anda sukai bisa Anda dapatkan maka dapatkanlah. Contohnya ketika Anda menemukan makanan favorit, jangan ragu untuk memakannya. Karena ini akan menjadi alasan bagi Anda untuk meningkatkan semangat dan membuat Anda berani mengeksplor kemampuan Anda.

9. Miliki waktu dengan alam

Jika Anda merasa waktu Anda tidak seimbang karena lebih banyak berada di depan layar laptop atau komputer, maka jangan ragu untuk mengambil libur dan pergi ke tempat yang menyuguhkan pemandangan atau keindahan alam. Ini akan membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih fresh dan siap untuk lebih kreatif dan produktif. Anda bisa pergi ke pantai untuk melihat matahari terbenam, pergi ke daerah perbukitan untuk melihat matahari terbit dan duduk – duduk di bawah rindangnya pohon.

10. Dengarkanlah musik

Banyak orang yang mengaku mereka bisa bekerja dengan baik dan nyaman ketika sambil mendengarkan musik. Jika Anda demikian, maka lakukanlah. Musik akan merangsang otak kita juga untuk menciptakan hal baru, dan menjadi lebih kreatif. Temukan musik baru yang cocok untuk Anda, dengan begitu Anda akan dengan mudah menerima dan menyerapnya menjadi motivasi.

11. Be Your Self!

Dan yang terakhir adalah menjadi diri sendiri. Kita bisa saja meniru ide atau gaya penyampaian seperti orang lain yang sudah sukses. Tapi ingat saat kita melakukan branding, jangan lupa untuk menjadi diri sendiri. Lakukan apa yang membuat Anda senang tanpa merugikan orang lain. Anda juga harus berani mengambil resiko yang muncul di hadapan Anda. Untuk kreatifitas yang seperti apa yang diinginkan audiens? Kreativitas yang menggambarkan Creatornya.

Baca juga:

5 Tips Memasangkan Kreatifitas dengan Produktifitas dalam Bekerja

10 Tips Brainstorming untuk Memunculkan Ide Kreatif

10 Konsep Redesign Website dan Brand yang Unik dan Kreatif


  • 3
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *