Leadership

11 Kebiasaan yang Membuat Orang Sukses Bisa Fleksibel dalam Banyak Hal

 
  • 7
    Shares

Loading...

Banyak dari kita sering membuat kesalahan dengan membentuk pendapat tentang seseorang sebelum ia selesai berbicara, hanya untuk mengetahui bahwa pendapat kita adalah yang paling kuat. Menjadi fleksibel terhadap orang lain memang tidak mudah. Harus ada kemampuan untuk mendengarkan dan mengamati lebih banyak dari yang lain. Tujuannya agar mata kita terbuka dan mampu melihat sebuah pendapat dari banyak sudut, bukan hanya dari sudut kita saja. Mereka yang memiliki fleksibilitas tinggi cenderung mampu menjadi yang paling bahagia dan paling sukses dalam kehidupan dan pekerjaan mereka.

Dan berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar kita benar – benar fleksibel dalam hidup:

1. Kita tidak mudah membuat hidup menjadi menyenangkan, tapi akan jauh lebih mudah jika kita menikmatinya

Alih – alih kita mencari kesenangan dari apa yang kita dapatkan. Berharap mendapatkan kebahagiaan dan hasil yang memuaskan tentu akan memakan banyak rasa sakit di hati kita. Mereka yang memiliki fleksibilitas dalam kehidupan mau lebih menerima dan menghargai apa yang mereka dapati saat ini. Mereka berusaha menikmati apa yang sudah ia dapatkan dan terus mengusahakan untuk mencapai apa yang diinginkan.

2. Orang – orang hebat itu pandai mengatur diri untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru

Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di lingkungan atau suasana yang baru kita temui. Kemampuan untuk beradaptasi sangat dibutuhkan agar kita bisa menyesuaikan dan fleksibel dengan keadaan. Bahkan orang sukses tidak hanya memiliki 1 rencana. Mereka memiliki rencana A, B, C bahkan D sekalipun jika memang diperlukan. Yang mereka lakukan adalah selalu siap sedia untuk semua kondisi.

3. Mereka yang fleksibel akan mudah untuk mengendalikan emosi dan keinginan demi mendapatkan kondisi lingkungan yang baik

Fleksibel memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun mereka mampu berhenti sebelum bereaksi. Mereka memahami bahwa ada banyak solusi untuk segala situasi tertentu. Dan mereka juga meluangkan waktu untuk mengumpulkan informasi sebelum memilih pilihan yang terbaik. Mereka tidak gegabah dan terus berfikir dengan banyak pertimbangan, sampai akhirnya memilih dengan sangat bijak.

4. Kritik memang menyakitkan tapi jauh lebih baik jika kita tidak menjadi defensif, karena kritik membangun dan membantu kita

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita bekerja dengan banyak kesalahan, mendapat kritikan adalah salah satu proses belajarnya. Siapa yang tidak pernah merasa sakit hati dengan kritikan? Saya rasa semua orang pasti pernah atau sempat merasa sakit hati ketika dikritik oleh orang lain. Tapi orang sukses bukannya menjadi defensif, melainkan menerima dan mempertimbangkan ap ayang dikatakan sebelum memilih reaksi yang tepat. Mereka mampu memahami bahwa menerima kritik yang jujur dan apa adanya dan bertindak positif akan membuat mereka jauh lebih baik.

5. Fleksibel itu bukan berarti tidak punya pendirian, mereka berpikir dan memutuskan dengan banyak pertimbangan

Terkadang kita akan berfikir seseorang menjadi tidak berpendirian ketika ia mengubah keputusan yang dibuatnya. Tapi orang – orang sukses dengan fkeksibilitas yang tinggi tidak takut untuk mengubah pendapat mereka karena mereka menerima atau memiliki alasan yang benar. Mereka mampu mempertimbangkan informasi baru yang diterimanya sebelum mengubah pendapat sebelumnya.

6. Ada yang bilang multitasking itu tidak baik, tapi di zaman ini kita harus bisa menjadi lebih dari diri kita sendiri

Karena fleksibilitas mereka yang luar biasa, mereka dapat dengan mudah beralih tugas di tengah – tengah tugas yang sedang dikerjakannya. Mereka juga mampu bekerja pada beberapa proyek pada waktu yang sama. Mereka memiliki kemampuan bawaan untuk mengubah cara berfikir dan bertindak dari sebelumnya dengan baik.

7. Ada yang tahu kalau orang yang fleksibel dalam hidup mereka adalah mereka yang kreatif

Seorang yang fleksibel cenderung menjadi inovator sejati. Mereka bisa melihat dunia melalui lensa yang lebih terbuka dan kreatif. Mereka berkembang dan menemukan cara yang lebih efisien untuk dijalani. Mereka juga bisa membuat sistem baru yang bermanfaat bagi semua orang.

8. Tidak ada yang memiliki kecerdasan emosial yang tinggi sama seperti orang yang fleksibel

Orang dengan kecerdasan emosial yang tinggi memang bisa mencapai sukses dengan lebih mudah. Mereka adalah empatizers yang hebat, dan juga pendengar ulung. Mereka tidak ragu untuk menjadi sangat perspektif terhadap perasaan orang lain dan apa yang mereka pikirkan. Mereka bisa mengendalikan segala emosi dengan baik dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih positif.

9. Menjadi orang yang pecara diri itu bukan hal yang mudah, tapi mereka memiliki itu jauh lebih besar dari yang lain

Percaya diri memang sangat dibutuhkan ketika kita akan menjadi seorang yang sukses. Mendengarkan orang lain memang harus, tapi jauh lebih penting ketika kita mendengar dan mengikuti apa yang hati kita inginkan. Mereka yang fleksibel dan sukses dalam hidup adalah mereka yang percaya diri dan mengikuti suara hati mereka. Bukan yang mudah down ketika orang lain memiliki kelebihan ketimbang dirinya.

10. Orang sukses bukan orang yang kaku, mereka memiliki rasa dan selera humor yang tinggi dalam hidup

Siapa bilang orang yang sukses dengan fleksibilitas yang tinggi tidak memiliki sisi atau selera humor? Siapapun di dunia ini membutuhkan hiburan dan humor. Mereka membutuhkan ini untuk bisa hidup lebih santai dan lebih tenang dalam banyak hal. Orang memang bisa serius bekerja dari pagi sampai pagi lagi, untuk mencapai sukses. Tapi mereka akan menjadi kaku dan mudah stres ketika tidak memiliki rasa humor di dalam dirinya.

11. Dan yang paling penting adalah kemampuan mereka mengubah penilaian orang lain menjadi baik dan menyukai dirinya

Karena orang sukses yang fleksibel mudah mendengarkan pendapat orang lain dan sangat berseda untuk membantu bila diperlukan, mereka cenderung sangat disukai dan memiliki banyak teman. Mereka mudah bergaul dan sangat disegani oleh rekan atau orang – orang disekitarnya.

Baca juga:

15 Aktivitas yang Membuat Anda Menjadi Pekerja Sukses

Sukses Menjadi Creativepreneur, Bagaimana Caranya?

10 Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pemilik Bisnis yang Sukses

Loading...

  • 7
    Shares

1 komentar

  • 5 Januari 2015 - pukul 8:47

    terimakasih banyak tipsnya, kalau mau jadi orang sukses memang harus lebih dari orang lain

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *