Leadership

11 Skill Bisnis yang Tidak Akan Pernah Pudar

 
  • 3
    Shares

Loading...

Kita semua tahu bahwa saat ini adalah era digital. Ini membuat segala aktivitas kita semakin dimudahkan, termasuk bisnis yang kini sudah sangat akrab dengan penggunaan teknologi modern.

Sekalipun era terus berganti, tetap ada aturan dasar yang terus digunakan oleh pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Bahkan aturan seperti ini sudah digunakan sejak tahun 1930an. Aturan seperti apa yang digunakan oleh para pebisnis ini untuk bisa mengembangkan dan sukses membangun bisnisnya?

1. Kemampuan berkomunikasi

Tidak ada bisnis yang sukses jika pemilik dan setiap karyawan tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Sekalipun komunikasi hanya terjalin di dalam perusahaan itu sendiri. Apalagi komunikasi yang terjadi dengan relasi atau pelanggan kita. Kita bisa saja memiliki ide atau rencana besar untuk sebuah bisnis, tapi tidak akan terlaksana ketika itu hanya disimpan tanpa dikomunikasikan. Argumen, pendapat bahkan kritik harus selalu diutarakan baik kepada teman ataupun atasan. Teknologi modern memang memudahkan kita dalam mengambil semua informasi yang kita butuhkan, tapi teknologi ini tidak bisa memberikan pendapat ataupun mengambil keputusan tentang apa yang harus kita lakukan dengan ide dan rencana yang sudah dibuat kan?

2. Manajemen waktu dan organisasi

Saat memiliki bisnis yang sudah terorganisir tentu keterampilan yang harus dimiliki adalah memanajemen waktu dan juga organisasi perusahaan. Kenapa harus memanajemen waktu? karena kita harus bisa memprioritaskan tugas yang akan dikerjakan. Selain itu juga harus bisa tahu siapa saja yang akan mengerjakan setiap tugas yang berbeda di dalam perusahaan itu. Sebuah aplikasi atau mesin sekalipun memang bisa membantu menyelesaikan tugas dengan sangat cepat. Tapi mereka tidak tahu apakah pekerjaan itu cocok dengan skemal yang sudah dibuat. Ini sama pentingnya dengan membuat sebuah keputusan. Banyak mesin modern yang membuat pekerjaan kita cepat selesai. Tapi untuk analisa dan evaluasi tetap kitalah yang harus turun tangan.

3. Punya tujuan yang jelas

Tidak perduli seberapa modern atau otomatis mesin yang kita miliki, kita adalah pemilik bisnis yang harus memiliki tujuan yang jelas. Dengan visi dan misi terhadap hasil akhir yang jelas, kita juga harus menyampaikan apa tujuan kita kepada karyawan. Agar mereka tahu dan mau bekerjasama.

4. Mendelegasikan pekerjaan dan tugas

Beberapa orang yang merasa sangat berbakar dan ahli pada pekerjaannya, akan senantiasa mau mengerjakan banyak hal sekaligus. Tapi apa itu baik? Jelas tidak. Ada kalanya sebagai manusia konsentrasi kita terpecah karena terlalu lelah. Pekerjaanpun menjadi kurang rapi dan bahkan tidak terselesaikan dengan baik. Untuk itu, kemampuan lainnya adalah dengan mendelegasikan tugas atau pekerjaan kepada orang-orang yang memang ahli pada bidangnya. Kamu akan jauh lebih fokus dan berkonsentrasi dalam menjalankan bisnis ini.

Seperti ketika kamu berencana mendirikan bisnis online. Kamu tidak perlu melakukan semua halnya sendiri. Seperti membuat website toko online, melakukan promosi dan melayani pelanggan. Delegasikan saja tugas-tugas itu pada ahlinya. Seperti membuat website toko online di jasa pembuatan website toko online instan, Jagoanstore.

5. Keterampilan berbicara di depan umum

Siapa bilang pemilik bisnis harus diam di kantor, mengawasi karyawannya bekerja dan tidak boleh keluar kantor? Justru pemilik bisnis harus lebih aktif di luar. Menjadi ilmu baru, koneksi baru bahkan pelanggan baru. Tidak jarang juga, pebisnis sukses akan banyak menjadi inspirasi pebisnis lainnya. Itu sebabnya banyak sekali acara seminar tentang bisnis yang sering mendatangkan pelaku dunia bisnis.

Itu sebabnya kenapa seorang pebisnis harus memiliki keterampilan berbicara atau persentasi di depan umum. Mereka harus percaya diri dan berani mengkomunikasikan ide-ide ke khalayak dan memprosikan dirinya juga bisnisnya.

6. Membangun hubungan

Ini yang sempat disinggung sebelumnya, bahwa pemilik bisnis harus pandai dan jeli menemukan dan menjalin hubungan dengan sesama pebisnis lainnya. Dengan mendapatkan relasi atau hubungan yang luas, kita akan lebih mudah mengemukakan ide, belajar hal baru dan juga memperluas jaringan. Apalagi jika kita berkenalan dengan komunitas yang sesuai atau relevan dengan bisnis kita.

7. Memiliki Passion dan Tekad

Tidak jarang pebisis merasa jenuh dan enggan untuk melangkah kembali. Tapi di lain pihak, motivasi memang harus datang dan membuat pebisnis ini lebih bersemangat. Jika kita memiliki mesin modern dan canggih sekalipun, tidak ada yang bisa mengalahkan semangat dari orang terkasih untuk usaha kita.

8. Memiliki rasa hormat dan kesopanan

Jika ada seorang yang sukses tapi tidak memiliki attitude yang baik, tidak ada yang bisa menjadi bahwa bisnisnya akan bertahan lama. Kenapa tidak? Karena salah satu kunci kesuksesan dari bisnis sukses adalah mereka yang memiliki rasa hormat, sopan dan rendah hati. Dengan begitu, akan lebih mudah mereka dihormati orang lain, pelanggan ataupun relasi bisnisnya sendiri.

9. Keterampilan berwirausaha dan berinovasi

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang terus berinovasi, kreatif dan tidak ketinggal terus dikembangkan. Pemilik bisnis dan juga karyawan harus memiliki imajinasi yang luas tentang bisnisnya itu. Ingat lagi!!! Ide-ide baru tidak diciptakan oleh mesin, mereka datang dari pikiran orang-orang yang menggunakan teknologi ini.

10. Mau untuk belajar

Tidak ada yang mengalahkan nilai pendidikan, bahkan orang jaman dulu sering berkata “Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina” Itu sebabnya pebisnis sukses sekalipun harus terus belajar. Bahkan mempelajari hal sepele yang seolah sepele bagi dirinya. Pebisnis sukses manapun tidak boleh berhenti untuk mencaritahu apa yang sedang menjadi trend saat ini. Mereka harus selalu up to date dengan perkembangan dan juga ilmu apapun itu. Mereka bisa mencarinya dari buku, internet, seminar, modul dan lain sebagainya.

11. Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi

Keterampilan yang terus bertahan dari jaman dulu hingga detik ini adalah dengan fleksibel dan juga mudah beradaptasi. Entah adaptasi tentang apa, kita harus bisa beradaptasi dengan bak. Kita harus terbuka kepada lingkungan, ide-ide baru dan juga tanggungjawab. Teknologi akan terus berubah dan itu mengharuskan kita bisa berubah dengan sangat profesional lagi.

Wah, gimana Sahabat Mebiso? Adakah yang kurang setuju dengan pendapat dan cara diatas? Adakah yang memiliki ide lainnya? Silakan tulis di kolom komentar ya :)

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *