Running A Business

11 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Toko Online Yang Sengit

 
  • 1
    Share

Membuat website merupakan langkah awal dalam memulai bisnis toko online. Tapi tentu tidak semua orang bisa mengelola website tersebut dengan baik, akibatnya banyak pelaku bisnis online yang menyerah sebelum mencapai kesuksesan. Salah satu penyebab kegagalan adalah dari adanya persaingan bisnis. Yap, yang kita tahu, akhir-akhir ini website toko online semakin menjamur.

Kemudian apa yang harus kita lakukan melihat fenomena tersebut? Cobalah strategi-strategi berikut pada bisnis toko online kamu :

1. Lakukan branding yang tepat

Dengan branding sebenarnya kita sedang membuat seseorang menjadi familiar dengan nama kita. Semakin familiar maka semakin tumbuh kepercayaan. Gencarkan promosi- promosi lewat sosial media, adword, mengikuti bazar dan yang tidak boleh ketinggalan adalah SEO. Kamu juga bisa mendaftarkan lokasi toko atau rumah kamu di googlemaps, untuk mengantisipasi pelanggan yang mau berkunjung langsung. Ingin dikenal sebagai toko online terpercaya? Daftarkan dan ikutlah perkumpulan website terpercaya.

2. Sponsor event komunitas dan aktif di kegiatan komunitas

Kalau kamu aktif ikut komunitas tertentu, kamu bisa jadi sponsor pada saat ada event yang komunitas kamu buat.

3. Melengkapi dan melakukan inovasi produk

Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan melengkapi katalog produk maka para pembeli akan langsung mencari produk-produkmu dan malas berpindah ke lain tempat. Jangan lupa lakukan inovasi produk agar tetap unggul ketimbang kompetitormu.

4. Bundling dengan jasa

Selain menjual barang, kamu bisa juga sekalian bundling dengan jasamu. Jadi pembeli akan semakin tertarik membeli produk dari kamu.

5. Cross Selling antar kompetitor

Kerjasama kreatif dan saling menguntungkan bisa menjadi peluang terbaik untuk menggenjot pemasukan dan mempertahankan pertumbuhan usaha kamu. Kamu harus berani mengambil risiko karena “berteman dengan kompetitor”, tetapi tetaplah bersikap cerdas dan taktis. Kompetitor memiliki kelebihan, dan kamu pun memiliki kelebihan yang berbeda. Gabungan strategis tersebut bisa menang dalam segmen pasar yang baru.

6. Berikan Surprise Gift

Jangan ragu-ragu untuk memberikan suatu hadiah untuk pelanggan setiamu. Hal ini akan meningkatkan loyalitas mereka.

7. Follow up Pelanggan yang Sudah Ada

Jangan sia-siakan data pelanggan yang sudah kamu punya. Sering-seringlah berinteraksi dengan mereka, jadikan mereka temanmu. Dan jangan lupa, follow up lagi pelanggan yang sudah lama tidak membeli, berikan kabar kepada mereka tentang produk-produkmu yang baru.

8. Produksi Sendiri

Heemm, jika kamu punya keahlian lebih serta tidak ingin menjual barang yang sama dengan kompetitormu, produksi sendiri barang yang akan kamu jual. Selain ada ciri khas sendiri, kamu juga bisa tampil beda dengan para kompetitormu.

9. Tampilan Website Menarik

Yang pertama kali pembeli lihat adalah website mu. Bagaimana jika website mu terlihat tidak menarik? Tentu pembeli pun merasa malas untuk melihat-lihat produkmu. Jadi, pakailah tampilan website yang menarik, desain elegan dan mudah dioperasikan para pembeli.

10. Memberikan Kompensasi Jika Terjadi Keterlambatan

Berani bertanggung jawab jika terjadi sesuatu. Hal ini akan sangat diapresiasi oleh pelangganmu. Jika memang salah minta maaf saja. Jika terjadi keterlambatan pengiriman misalnya, berikan kompensasi untuk pelangganmu :)

11. Mengganti Segmentasi Pasar

Hal terakhir jika kamu mengalami kesulitan dengan kompetitormu, maka kamu bisa mengganti segementasi pasar untuk produk kamu. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti segmen pasar adalah tentukan dan pastikan terlebih dahulu segmen yang baru, selain itu kamu juga harus menaikkan tingkat kualitas produk dan pelayanan yang kamu berikan.

Selamat mencoba :)


  • 1
    Share

2 komentar

  • 14 September 2017 - pukul 4:29

    Sangat setuju dengan artikel yang ditulis. Sangat informatif dan menginspirasi. Salam :)

  • 30 Januari 2018 - pukul 15:40

    saya sangat senang membaca ulasan dan beberapa strategi yang Agan jabarkan dalam postingan ini, bagi saya ini cukup menambahkan wawasan dalam menyiasati persaingan.
    Terimaksaih, Agan telah meluangkan waktu untuk berbagi.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *