Start A Business Tips Bisnis

11 Usaha Tanpa Modal Untuk Tambah Penghasilan

 

Loading...

Usaha Tanpa Modal Ingin memulai usaha namun terhalang kendala modal? Jangan kuatir, Anda bisa mencoba salah satu usaha berikut untuk segera menghasilkan uang!

Usaha tanpa modal dana? Bukan sesuatu yang mustahil, lho!

Salah satu kendala yang ditemui calon pebisnis adalah kesulitan modal dana. Hal tersebut sering menjadikan calon pebisnis malah batal memulai bisnisnya. Apakah Anda merasakan hal yang sama?

Psst, kini Anda tidak perlu cemas untuk memulai bisnis. Ada beberapa usaha yang tidak membutuhkan modal dana, tentunya wajib Anda coba!

Yap, melakukan usaha tanpa butuh modal dana bukan sesuatu yang tidak mungkin, lho. Usaha-usaha berikut adalah bukti nyatanya. Pada dasarnya, yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha-usaha tersebut hanyalah skill atau kemampuan diri.

Simak baik-baik daftar usaha berikut ini. Siapa tahu, ada usaha yang cocok bagi Anda.

1. Bisnis online dengan sistem reseller atau dropshipper

Berjualan tanpa modal? Tentu saja bisa! Anda hanya perlu menjalankan bisnis online dengan konsep reseller atau dropshipper.

Caranya mudah, pertama Anda perlu menemukan supplier produkyang hendak dijual. Kemudian, tugas Anda adalah mempromosikan produk tersebut kepada calon pembeli. Promosi tersebut dilakukan secara online, dengan menggunakan medsos atau platform jual beli online.

Oh ya, pastikan bahwa produk yang Anda promosikan memang barang yang berkualitas. Jangan sampai produk tersebut berkualitas jelek, Hal ini tentunya akan mengecewakan pelanggan Anda.

2. Jual barang-barang preloved

Anda bisa menjual barang-barang lama atau biasa disebut dengan barang-barang preloved. Barang-barang yang bisa dijual misalnya pakaian, gadget, sepatu, dan lain-lain.

Anda bisa membuka garage sale atau menjual barang-barang lama tersebut di suatu tempat, misalnya di rumah atau di tempat umum. Namun, ada cara yang lebih mudah yakni menjual secara online.Kini sudah tersedia berbagai platform marketplace khusus untuk menjual barang-barang preloved.

Pastikan bahwa barang-barang yang dijual masih dalam kondisi yang baik, sehingga pembeli pun tidak akan rugi membelinya. Benar-benar usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali, bukan?

3. Freelance photographer

Jika Anda hobi dalam dunia fotografi, sudah saatnya Anda mengembangkannya menjadi sumber pendapatan. Anda bisa menawarkan jasa memotret atau menjadi fotografer untuk berbagai acara, misalnya wisuda, lamaran, liburan, hingga pemotretan iklan. Selain dengan memotret, Anda juga bisa menawarkan jasa edit foto.

4. Freelance videographer

Selain jasa fotografi, Anda juga bisa menjajal jasa videografer. Anda perlu menguasai pengambilan serta pengeditan video.

Anda menawarkan jasa ini kepada Youtuber, karena banyak Youtuber yang masih membutuhkan jasa orang lain untuk mempercantik konten mereka. Anda juga menawarkan jasa kepada digital agency tertentu yang bergerak dalam pembuatan konten.

5. Translator

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, bisnis ini cocok untuk Anda. Anda hanya perlu modal berupa alat ketik saja serta kuota internet. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai website freelancer.

6. Blogger

Jadikan blog Anda sebagai sumber pemasukan. Anda bisa mendaftarkan blog untuk mendapatkan Google AdSense. Dengan demikian, blog Anda dapat memuat berbagai iklan.

Setiap kali pengunjung blog mengklik iklan, Anda akan mendapatkan komisi dari Google AdSense. Tentunya tidak sembarang blog yang bisa mendaftar Google AdSense. Buatlah konten yang menarik sehingga traffic blog Anda baik, sering dikunjungi orang lain.

7. Jasa desain

Bagi Anda yang memiliki skill dalam mendesain sesuatu, Anda bisa menawarkan jasa desain. Anda bisa mendesain untu kartu nama, undangan, dan lain-lain. Jangan lupa buat portofolio yang bagus dengan memajang beberapa karya di medsos atau di website pribadi.

8. Mengajar les privat

Anda bisa memberikan les privat kepada siswa sekolah. Anda bisa membantu siswa untuk mengerjakan tugas sekolah atau mempersiapkan ujian.

9. Jasa pembuatan website

Dewasa ini, banyak lembaga serta bisnis yang membutuhkan website. Website tersebut digunakan untuk wadah informasi, juga untuk menjalankan aktivitas bisnis seperti jual-beli. Anda bisa membuatkan website sesuai dengan kebutuhan klien.

10. Content writer

Seringkali, perusahaan atau suatu bisnis membutuhkan  berbagai konten sebagai sarana promosi. Anda bisa menulis konten-konten promosi tersebut secara freelance.

Melakukan bisnis ini sangat fleksibel, Anda hanya butuh komputer atau laptop untuk mengerjakan konten. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan ini dari berbagai situs freelance.

11. Admin medsos

Anda senang aktif di medsos, mengikuti tren-tren terkini, serta merupakan pribadi yang kreatif? Jika jawabannya ya untuk semuanya, menjadi admin media sosial sangat cocok untuk Anda.

Yep, banyak sekali badan yang membutuhkan medsos, namun terkadang mereka tidak memiliki orang yang bisa mengelola medsos tersebut. Anda bisa menjadi admin secara freelance untuk mengelola media sosial mereka.

Penutup

Wah, ternyata banyak juga usaha yang tidak membutuhkan modal dana.  Kalau sudah begini, apa masih mau beralasan untuk menunda berbisnis? Yuk, segera mulai berbisnis dan menghasilkan pendapatan agar lebih sejahtera secara finansial.

Simak berbagai tips dan inspirasi bisnis dari artikel-artikel menarik persembahan Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *