Technology

12 Aspek Tampilan Toko Online yang Menjual

 

   

Seringkali saya menemukan toko online yang menjejalkan informasi-informasi di halaman depan. Misalnya menampilkan ratusan produk dengan font rapat-rapat dan harga yang berwarna merah mencolok, atau animasi salju atau bintang yang bertaburan,  background kelap-kelip, banner flash yang amat flashy, logo dan tagline yang hampir setengah halaman, hingga tampilan cursor yang macam-macam membentuk model mickey mouse  dan hello kitty. Jika anda masih terjebak dalam praktek ini, maka hentikan.

Sebab informasi yang ingin ditampilkan justru dikacaukan oleh point of distraction.

Trik “wah” semacam ini sudah ketinggalan jaman. Efek animasi pernah dielu-elukan. Namun itu di era 2001 – 2005 silam. Di jaman sekarang, pengunjung cenderung pada tampilan website yang bersih, artistik dan navigasinya mudah. Apabila toko online anda sudah memenuhi kriteria baru ini, maka toko online anda dijamin bisa menjual. Inilah beberapa aspek yang dapat mulai anda perbaiki untuk konversi website anda jadi toko online yang menjual:

1. Background

Hentikan penggunaan background bermotif/bergambar/beranimasi, apalagi gambar yang berukuran besar dan mencolok. Kenapa? Karena selain berat untuk di-load, hal tersebut justru mengganggu informasi yang akan Anda sampaikan kepada pengunjung. Jika ingin background bermotif, saya sarankan anda gunakan teknik “batik” dan “repeat-background” saja. Kemudian tonjolkan informasi anda dengan background yang cerah.  Jadi, selain background anda bermotif elegan, website anda jadi lebih enteng. Terlebih lagi, informasi yang ingin Anda sampaikan bisa terlihat dengan jelas.

2. Menu

Untuk menu-menu pada header, sebaiknya tampilkan menu yang penting saja. Misalnya konfirmasi pembayaran, bank account, diskon/promo,  dan contact us. Menu tambahan lainnya sebaiknya ditaruh pada bagian footer. Jadi menu-menu penting ini bisa lebih visible pada pengunjung website.

3. Kategori

Sebagian pemilik toko online menginginkan produknya dikelompokkan dengan jelas sesuai kategori masing-masing. Hal ini bagus untuk sistem back-end  sebuah toko online, tetapi jika anda terlampau banyak membuat kategori, pengunjung anda justru bingung. Makanya, jadikan kategori lebih ringkas. Jadikan satu untuk item yang dapat dikelompokkan jadi satu. Misalnya sesuai fungsinya.

4. Landing Page

Untuk landing page, sebaiknya tampilkan konten berikut seperlunya saja: banner, menu, deskripsi singkat, dan produk-produk unggulan. Jangan menampilkan seluruh informasi produk pada landing page. Website Anda jadi kelihatan sumpek dan lama di-load oleh browser.

5. Sidebar

Hampir sama dengan rule pada landing page. Jika website toko online Anda menggunakan sidebar, maka hanya tampilkan sekilas informasi-informasi yang penting saja. Misalnya kategori produk, promo/diskon, informasi kontak, mini cart, testimoni client, informasi pembayaran, dan informasi social media. Hindari penggunaan informasi seperti statistic, peta/maps, dan clock. Misalnya statistic pengunjung, sekarang sudah tidak penting lagi bagi pengunjung. Asalkan tampilan website anda  bagus dan produk anda tampak berkualitas, mereka pasti mau membeli. Peta/maps akan sangat memberatkan jika ditaruh pada sidebar. Maka, sebaiknya dia ditaruh pada halaman contact atau about us saja.

6. Listing Produk

Pada list produk, sebaiknya anda dapat memenuhi kriteria berikut:

– gambar produk jangan terlalu kecil.
– selalu tampilkan harga produk.
– jangan banyak-banyak menampilkan produk di satu halaman. Gunakan paging.
– tambahkan fasilitas filter dan sorting agar pengunjung lebih mudah mencari.

7. Detail Produk

Di halaman ini, semua detail informasi produk harus ditampilkan. Jangan melewatkan sedikitpun. Lebih baik lagi jika ditambahkan review/komentar mengenai produk tersebut. Tambahkan pula button share ke social media maupun social bookmarking. Jadi jika pengunjung menyukai produk Anda, selain membeli, dia juga bisa meninggalkan pesan positif dan membagikan informasi pada teman-temannya di social media.

8. Cart

Pada halaman cart, sebisa mungkin hanya tampilkan pesanannya saja. Kemudian buat button “checkout” yang mencolok. Hilangkan pula aksesoris-aksesoris dan informasi-informasi pada sidebar, serta produk-produk lain yang tidak dia beli. Hal tersebut akan secara otomatis menggiring pelanggan Anda untuk segera melakukan checkout, dan tidak tergoda oleh produk dan informasi lainnya.

9. Checkout

Di halaman checkout,  sediakan 2 form. Beri opsi pelanggan Anda  untuk memilih belanja sebagai member atau belanja tanpa menjadi member. Haram hukumnya untuk memaksa pelanggan uanda agar belanja dengan menjadi member. Karena pelanggan tersebut malah urung membeli. Maksimal, anda hanya boleh memberikan suggestion bahwa belanja dengan menjadi member lebih menguntungkan.

10. Registrasi

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah jangan meminta data yang terlalu lengkap pada pelanggan. Karena kebanyakan orang malas mengisi form yang terlalu banyak. Cukup kumpulkan data secukupnya saja. Misalnya nama, telepon, email, dan alamat pengiriman.

11. Metode Pembayaran

Lengkapi jalur metode pembayaran anda jika anda berniat serius di bidang toko online. Buat rekening bank lokal yang lengkap, buat kartu kredit, dan akun payment processor lainnya yang terpercaya seperti paypal.

12. User Account

Halaman ini seringkali pula dinamakan “my account”. Pada halaman ini, ditampilkan data diri pelanggan yang bisa edit kapanpun, begitu pula history transaksi & email. Agar pelanggan Anda bisa dengan mudah melihat rekam jejaknya. Karena area ini merupakan privasi pelanggan anda, maka hilangkan informasi tentang produk dan menu tambahan yang justru mengganggu konsentrasi mereka.

Nah Jagfamily, sekian beberapa aturan toko online yang bisa menjual. Sebagai contoh yang sudah menerapkan metode-metode di atas, silakan kunjungi website toko online yang menggunakan JagoanStore. Daftarnya bisa dicek di www.jagoanstore.com. Semoga bermanfaat ;-)

Baca juga:


Artikel Terkait

2 komentar

  • 25 March 2013 - pukul 14:10

    informasi nya berguna bgt… ama kyk yang jagoanstore lakukan yah ke website toko online aku …keren n load nya cpt bgt..

    http://www.FazioStore.com mohon shared ya….

  • 25 March 2013 - pukul 15:13

    Terimakasih banyak Pak, semoga bermanfaat. :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *