Running A Business

12 Cara Berpikir Out Of The Box untuk Mencapai Target Pemasaran Online

 
  • 2
    Shares

Loading...

Menjelang hari Belanja Online Nasional yang tepat jatuh pada tanggal 12 Desember 2015 nanti, Para pengusaha online pasti sedang sibuk-sibuknya menyiapkan segala keperluan untuk bisa menjual dan mencapai target penjualan online. Mulai dari menyiapkan diskon untuk setiap produk atau layanan yang dijual, sampai menyiapkan hadiah atau biskisan untuk menarik perhatian pelanggan yang akan membeli.

Berbagai kampanye pemasaran pasti sudah dilakukan. Mulai yang berbudget mahal sampai yang hanya bermodal iklan gratis di sosial media. Apapun bentuk kampanye yang dilakukan, para pebisnis online harus cerdik dalam membangun dan membuat kampanye untuk memudahkan penjualan bisnis onlinenya di HARBOLNAS mendatang.

Dan berikut ini cara yang bisa diterapkan untuk mencapai lebih banyak penjualan online pada akhir tahun 2015 ini.

1. Berikan sampel gratis

Beberapa perusahaan mungkin akan melakukan hal ini di hari belanja online nasional. Seperti memberikan sampel parfum gratis kepada pengunjung di pusat perbelanjaan, atau menyediakan sampel makanan di cafe atau rumah makan. Sampel gratis yang hanya akan Anda berikan pada hari-hari tertentu akan membuat pelanggan percaya dengan produk Anda sebelum mereka membeli. Ketika mereka percaya, maka mereka pun siap untuk membeli produk Anda.

2. Adakan acara yang mengundang banyak orang

Anda pun bisa menjangkau lebih banyak pelanggan melalui acara yang Anda adakan. Seperti seminar atau seperti webinar. Anda bisa menyampaikan informasi tentang produk Anda setelah selesai menyampaikan sebuah materi seputar bisnis online. Misalnya saja informasi seputar wordpress hosting setelah Anda menyampaikan materi optimasi dan tips mempercepat akses website WordPress. Anda bisa mengadakan sebuah acara dengan pelanggan atau bahkan orang-orang yang belum Anda kenal sebelumnya.

3. Memanfaatkan reddit

Reddit adalah sebuah media yang fungsinya membantu kita menyebarkan berita tentang produk sebuah bisnis. Ini dapat menarik perhatian dari ribuan pelanggan setia Anda. Caranya terlibat seperti biasa, yaitu mengikutsertakan kontribusi anggota yang menawarkan saran yang berguna untuk produk atau bisnis kita. Ketika kita mengembangkan reputasi bisnis untuk bisnis kecil, kita dapat meminta feed back pada perusahaan atau jasa yang membantu kita untuk melakukan riset pasar sambil menyebarkan promosi kita.

4. Mengatur program referral

Dalam promosi online, program referral memang bukan hal yang baru Tapi mengubahnya menjadi sebuah mesin pemasaran yang cukup virtual adalah konsep yang relatif baru. Anda bisa meminta pelanggan untuk meretweet postingan Anda dengan hashtag yang sudah Anda tentukan. Dengan begitu, semakin banyak orang yang meretweet postingan Anda, maka akan semakin banyak juga orang yang akan tahu tentang produk Anda.

5. Buat kampanye selfie untuk pelanggan

Melalui promosi online, Anda bisa meningkatkan konversi pemasaran dan penjualan dengan membuat sebuah kampanye yang dekat dengan masyarakat saat ini. Seperti fenomena selfie yang sangat akrab dengan kita saat ini. Kita bisa membuat kampanye dimana kita meminta pelanggan untuk mengambil foto selfie dengan produk Anda dan menguploadnya di media sosial.

6. Gunakan group LinkedIn

Untuk mendapatkan pelanggan steia Anda bisa menjalankan group di LinkedIn. Dengan menjangkau jaringan LinkedIn, Anda atau orang-orang yang memiliki demografi yang cocok Anda untuk bergabung dengan group yang Anda buat. Anda bisa memposting tips-tips, artikel dan bahkan mempromosikan bisnis Anda.

7. Berikan tawaran bantuan kepada pelanggan

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menarik perhatian dan minat pelanggan adalah dengan menawarkan bantuan atau memberikan mereka kesempatan untuk menyampaikan ide-ide mereka untuk bisnis kita. Dengan begitu kita bisa mencitakan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan.

8. Manfaatkan media Youtube

Di era teknologi seperti saat ini, tidak ada orang yang tidak akrab dengan salah satu media informasi masyarakat yaitu Youtube. Bahkan kini konten berupa visual ataupun video sangatlah menarik bagi pelanggan. Kita bisa menarik minat pelanggan untuk masuk dan melihat produk kita dari Youtube. Berikan video yang mampu menarik perhatian bukan hanya karena menarik, tapi juga pantas untuk dibagikan lagi dan lagi oleh pelanggan.

9. Bergabung dengan promosi orang lain

Mungkin kita bisa juga menggunakan strategi promosi ala pengguna Instagram, yaitu Endorsement. Atau meminta bisnis lain untuk membantu kita mempromosikan bisnis kita. Dan salah satu yang kita bisa berikan sebagai timbal balik bisa berupa uang tunai ataupun produk yang diberikan secara gratis.

10. Peluncuran kursus online

Merancang E-Course secara gratis dapat membantu kita membangun kepercayaan konsumen. Ini meupakan salah satu solusi ang bisa kita tawarkan kepada mereka. Melalui platform seperti Udemy.com, Anda sudah memiliki media untuk membangun penonton yang aktif. Pada akhir kursus, Anda bisa menawarkan layanan gratis, kupon ataupun sampel dalam pertukaran untuk sign up newsletter Anda.

11. Gunakan backlink untuk bisnis online Anda

Ini salah satu yang tidak boleh dihilangkan ketika kita ingin mempromosikan bisnis melalui media website. Dengan menggunakan link yang diarahkan ke halaman website ataupun halaman lainnya, kita bisa membuat orang lain datang ke website kita. Beberapa kata yang kita tuliskan dalam aritke kita di website, bisa kita pasang link yang akan menagraah ke dalam halaman kita dan juga halaman website orang lain. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet.

12. Buatlah sebuah kontes

Dan yang terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menciptakan ide atau kontes yang akan membuat banyak orang tahu tentang produk atau bisnis Anda. Anda bisa menawarkan berbagai hadiah menarik, seperti bonus, kupon belanja atau berlibur dan lain sebagainya.

Jualan-Online-Lebih-Laris
Nah, dari sini Anda bisa mulai mempersiapkan strategi terbaru untuk mencapai penjualan yang sudah Anda targetkan di hari belanja online nasional nanti. Anda bisa juga membaca E-Book GRATIS dari Mebiso. Dalam E-Book terbaru ini Anda bisa mempelajari strategi terbaru untuk mencapai penjualan yang sangat luar biasa di Hari Belanja Online Nasional.

Anda bisa mendownload dan mempraktekkannya setelah membaca E-Book GRATIS ini. Silakan download E-Booknya di halaman berikut ini.

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *