Technology

12 Elemen Teknis di Dalam Sebuah Bisnis

 

   

Ketika menjalankan sebuah bisnis, tentu sangat banyak hal yang harus disiapkan. Namun apapun model bisnis anda, pasti membutuhkan elemen teknis yang dapat menunjang pergerakannya. Bagi saya, berikut adalah 12 di antaranya:

1. Komputer atau Laptop

Karena di masa kini, semuanya sudah serba digital. Entah sekedar untuk mengetik, atau memaksimalkan kegunaannya untuk kegiatan administrasi bisnis anda hingga berkomunikasi dengan customer.

2. Smart Phone

Karena di masa kini, bisnis harus mampu berjalan 24×7. Maka anda butuh sesuatu yang mobile, suatu device multifungsi yang bisa anda bawa kemana-mana. Smartphone adalah device yang paling memenuhi persyaratan ini. Di dalamnya sudah ada fitur2 unggulan seperti push email, social media, dan lain2 yang dapat membuat dunia serasa di dalam genggaman anda.

Related: Panduan Memilih Smartphone bagi Bisnis Anda

3. Website dan Blog

Dunia maya adalah identitas kedua yang harus dimiliki oleh bisnis anda. Keberadaan anda di sini, harus minimal sama besarnya dengan keberadaan brand anda di dunia nyata. Maka website adalah persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Suatu saat orang lain mencari tahu keberadaan anda di dunia maya, maka mereka akan langsung berkunjung ke landing page anda.

Related: 15 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog

4. Karyawan yang kompeten

Hampir tidak mungkin jika usaha dapat berkembang tanpa karyawan yang kompeten. Maka, seleksi yang tepat dan penempatan yang sesuai dengan bidangnya adalah hal mutlak untuk membuat akselerasi bisnis anda berjalan kencang.

Related: Menentukan Tipe Kepribadian dengan Metode DISC

5. Media pembayaran Online

Apabila bisnis anda menyediakan media pembayaran secara tunai, maka bisnis anda juga harus menyediakan pembayaran secara online. Sehingga pelanggan anda bisa bertransaksi dengan lebih mudah.

6.  Telepon Kabel

Karena sampai sekarang pun, customer cenderung masih mengasosiasikan telepon kabel/telepon lokal sebagai bisnis yang serius.

7. Social Media

Selain website, anda juga harus mulai berkecimpung di social media. Karena tanpa anda tahu, sekarang seluruh customer anda sedang membicarakan anda di belakang anda.

Related: 50 Tips Social Media Marketing untuk Bisnis Anda

8. Kantor Pemasaran

Meskipun sekarang semuanya serba online, anda tetap butuh tempat representatif untuk melayani pelanggan secara langsung. Tidak perlu di gedung2 bertingkat atau di ruko-ruko. Yang penting adalah anda dengan cerdas bisa menonjolkan kesan profesional disini.

Related: 10 Alasan Kenapa Pebisnis Online Harus Membuka Toko di Dunia Nyata

9. Iklan

Salah satu alat penunjang marketing adalah iklan. Maka jika saat ini anda masih bekerja dalam tim kecil / one  man army, mulailah belajar bagaimana strategi iklan yang baik, dapat diukur, dan efektif menghasilkan, bukan merugikan.

Related: Memancing Trafik Toko Online dengan Google Adwords

10. Transportasi

Karena di masa kini sudah bukan jamannya lagi anda menunggu customer datang. Andalah yang harus mendatangi mereka. Maka alat transportasi yang memadai akan sangat memudahkan pekerjaan anda.

11. Model bisnis

Jika bisnis anda ingin naik ke jenjang yang lebih tinggi, maka anda harus mulai belajar mengenai bagaimana menciptakan model bisnis yang baik. Termasuk di dalamnya tugas-tugas yang dapat dikontrol dan diukur keberhasilannya.

Related: Menyusun Key Performance Indicator untuk Mengukur Kinerja Anda

12. Relasi

Jika anda mendambakan kesuksesan maka anda perlu relasi. Rekanan yang tidak pernah anda duga bisa saja suatu saat menyelamatkan bisnis anda yang sedang tenggelam di dalam palung terdalam sekalipun. Makanya, mulai sekarang perlakukan orang-orang di sekitar anda, partner-partner, supplier, customer, karyawan, workmate, keluarga dan sahabat dengan sebaik mungkin.

Terakhir  adalah kerja Keras. Bekerjalah lebih dari apa yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Jangan pernah menyerah dan terus kembangkan ide-ide kreatif anda untuk menunjang bisnis Anda. Semoga anda senantiasa diberi limpahan berkah dari Tuhan.


Artikel Terkait

2 komentar

  • Grace
    4 August 2013 - pukul 10:37

    Penulis MBO ini cerdas2 dan pengetahuannya luas…. Bisa jadi di tahun2 mendatang mereka jadi pengusaha semua.. AMiinnn

    • Administrator
      13 August 2013 - pukul 14:14

      Amin, thankyou Grace.
      Jadi penulis di MediaBisnisOnline yuk :-)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *