Start A Business

12 Teknik Sederhana Entrepreneur Memenangkan Hati Pelanggan

 

Loading...

Tidak peduli sesukses apapun Anda, sebagai seorang pengusaha tugas Anda adalah memenangkan hati mereka. Bukan hanya merayu agar mereka mau membeli. Tapi juga mengajak mereka untuk terus datang kepada Anda saat mereka membutuhkan bahkan ketika tidak. Kenapa harus begitu? Karena membuat pelanggan terus datang adalah salah satu syarat supaya bisnis terus berkembang. Lalu tahukah Anda bagaimana supaya bisa memenangkan hati pelanggan?

1. Mendengarkan

Menurut sebuah penelitian dari University of Missouri, sebagian besar dari kita akan menghabiskan 70% hingga 80% dari waktu dari bangun tidur sampai kembali beristirahat untuk berkomunikasi. Yang lebih menarik lag, 45% komunikasi yang dilakukan adalah mendengarkan, tapi banyak dari kita yang tidak memanfaatkan itu dengan baik.
Penting bagi seorang pengusaha sangat penting bagi kita untuk bisa berkomunikasi dengan efektif. Dengan meningkatkan kemampuan kita dalam mendengarkan orang lain, kita akan benar – benar mendengar dan memahami apa keinginan dan kebutuhan klien. Dan pengetahuan itulah yang sangat penting untuk memenangkan hati klien.

2. Komunikasi

Selain belajar mendengarkan, Anda juga harus mampu berkomunikasi dengan sangat baik. Karena dengan berkomunikasi Anda bisa menyampaikan pesan dan juga membantu calon klien Anda. Dan menjadi seornag komunikator yang hebat tidak terjadi dalam waktu singkat, karena ini membutuhkan banyak waktu dan juga banyak kesabaran. Tapi berkomunikasi juga menjadi salah satu kunci untuk memenangkan klien kita.

3. Strategi

Siapa calon klien Anda? Bagaimana rencana Anda untuk menjangkau mereka? Apa yang bisa Anda tawarkan kepada mereka untuk mau bergabung dengan Anda? Semua itu harus Anda persiapkan sebelum bertemu dan berhadapan dengan klien. Anda harus memiliki strategi yang tepat ketika ingin menargetkan dan menembak calon klien Anda. Bahkan strategi ini tidak harus menunggu sampai produk atau jasa Anda diluncurkan.

4. Interpretasi

Hanya karena klien Anda memberikan sebuah informasi, itu belum tentu informasi yang benar. Itulah pentingnya kita untuk membaca dan mampu menafsirkan isyarat non verbal. Misalkan, kontak mata dan bahasa tuuh yang lain yang menunjukkan keyakinan, perhatian dan juga kepercayaan. Memperhatikan bahasa tubuh akan membantu kita lebih memahami apa yang benar – benar klien inginkan.

5. Negosiasi

Dalam bisnis tawar menawar atau negosiasi sangat penting untuk dilakukan. Anda harus memiliki keahlian seputar ilmu bernegosiasi. Karena ketika Anda bisa membuat kesepakatan terbaik atau skenario yang baik untuk Anda dan klien, ini akan membuat bisnis Anda menjadi salah satu yang patut diperhitungkan dalam sebuah persaingan.

6. Manajemen

Dalam upaya melakukan negosiasi tentu kita akan sangat jarang langsung mendapatkan kata sepakat dari calon klien kita. Klien terkadang membutuhkan waktu untuk berfikis dan memberikan hasil kepada kita. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanajemen waktu yang diberikan. Kita hanya harus bersabar tanpa overpromise dalam tenggang waktu itu. Jangan juga terlalu memaksakan kehendak kepada klien. Jujurlah dan berjanjilah hanya dengan yang dapat Anda tangani.

7. Keluarlah

Kita tidak harus selalu berada di dalam ruangan bukan untuk bekerja. Terlebih untuk mendapatkan calon klien, kita harus lebih akrab dengan dunia dan lingkungan sekitar. Kita sangat disarankan untuk mengikuti pameran, acara seminar, meet up dan lain sebagainya. Kita harus mau keluar dari kantor untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bukan hanya untuk menarik perhatian mereka, Anda juga harus memperkenalkan bisnis dan perusahaan Anda kepada orang banyak. Tanpa promosi, bagaimana Anda bisa berharap ada klien yang penasaran dan datang kepada Anda?

8. Presentasi

Jika Anda ingin lebih berkesan di hadapan klien, cobalah membuat sebuah presentasi dan sampaikan dengan penuh gairah dan antusiasme. Menurut beberapa orang, ketika kita bergairah atau bersemangat dalam melakukan hal apapun itu, itu akan lebih mudah untuk meyakinkan orang lain terlebih untuk membeli. Dan kita juga tidak boleh sampai terlambat atau membuang banyak waktu ketika presentasi.

9. Meyakinkan

Tahukah Anda kenapa bisnis Anda sangat dikagumi oleh orang lain? Pastikan bahwa jawabannya adalah karena Anda yakin terhadap bisnis dan kemampuan Anda. Ketika Anda yakin atas kemampuan dan kelebihan yang bisnis Anda miliki, secara otomatis itu akan membuat Anda lebih mudah dipercaya orang lain dan meyakinkan orang lain untuk membeli. Sebagai salah satu sikap positif yang kita harus miliki, keyakinan Anda juga akan membuat bisnis Anda jauh lebih kuat.

10. Mengetahui apapun

Seperti yang disebutkan di Yahoo Finance, salah satu kunci untuk memenangkan hati klien adalah kita harus tahu apa yang ingin kita jual dan bagaimana caranya. Ini jugalah yang menjadi kunci suksesnya komunikasi Anda nantinya. Karena ketika Anda tidak tahu apa yang Anda jual, semua penjelasan Anda tidak akan membuat calon klien yakin. Anda bahkan bisa mengajukan pertanyaan untuk diri sendiri, apa yang ingin orang ambil ketika mereka membeli barang Anda. Dan tindakan apa yang harus Anda ambil ketika ingin berinteraksi dengan mereka. Ketika Anda bisa menjawab pertanyaan itu, Anda akan mudah untuk berbicara dan meyakinkan calon klien Anda.

11. Jangan mementingkan diri sendiri

Ketika upaya Anda untuk menggaet klien adalah keuntungan bisnis, Anda harus kembali berfikir. Bahwa bisnis yang Anda miliki bukan hanya tentang Anda, produk/jasa yang Anda jual, tapi tentang klien Anda. Segala sesuatu yang Anda lakukan dalam bisnis harus fokus kepada pelanggan, termasuk kebijakan Anda, jaminan, opsi pembayaran, jam operasional, iklan, presentasi dan juga kampanye promosi di website.

12. Aksesibilitas

Cara lain untuk memenangkan klien adalah dengan memberikan apa yang mereka inginkan di saat mereka menginginkannya. Ini memang membutuhkan kerja keras kita dalam upaya membahagiakan pelanggan. Tapi pastikan bahwa Anda bisa membuktikan kerja keras Anda kepada calon klien.

Baca juga:

5 Teknik Win – Win Solution Menghadapi Pelanggan yang Marah

Anda Yakin Sudah Mendengarkan Pelanggan?

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *