Technology

12 Tips Vital dan Tools untuk Menghalau Komentar Spam di WordPress

 
  • 4
    Shares

Loading...

Apakah Anda pengguna setia WordPress? Selama menggunakan CMS ini pernahkah Anda menerima banyak sekali komentar spam di WordPress Anda? Tenang, Anda tidaklah sendirian. Banyak pengguna WordPress mengalami hal yang sama dengan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Mengaktifkan plugin akismet

Plugin yang satu ini terkenal di kalangan pengguna WordPress. Plugin ini adalah yang paling bagus dan direkomendasikan untuk menghalau spam.

2. Link nofollow komentar

Terkadang sebagai pengguna WordPress yang baru, para pengguna sering menambahkan plugin untuk menghapus nofollow dari komentar link penulis. Kebanyakan berpikir bahwa dengan melakukan hal ini mampu meningkatkan jumlah orang yang memberikan komentar pada website. Padahal hasilnya adalah komentar spam yang banyak masuk.

3. Mengurangi komentar spam dengan cookies

Dalam menggunakan metode ini, plugin yang harus di install adalah Cookies for Comments. Plugin ini secara otomatis akan keluar dan mengidentifikasi spam ketika penggunanya tidak sengaja membuka klik atau gambar yang berupa spam.

4. Block komentar spam bots menggunakan Honeypot

Teknologi honeypot merupakan metode efektif untuk mengelabuhi robot spam dalam mengidentifikasi diri. Untuk dapat menggunakannya perlu menginstal plugin WP Spam Fighter terlebih dahulu.

5. Menambahkan verifikasi captcha

Ketika menambahkan plugin WP-reCAPTCHA, maka Anda dalam menambahkan captcha pada kolom komentar. Hal ini untuk membuktikan bahwa yang menuliskan komentar tersebut adalah manusia bukan robot.

6. Memindahkan website URL dari kolom komentar

Penggunakan URL pada komentar bukan hanya digunakan untuk mencegah spam melainkan untuk mengundang orang-orang yang bahkan tidak tertarik dengan diskusi yang sedang terjadi.

7. Menonaktifkan komentar pada lampiran media

WordPress akan secara otomatis membuat gambar di halaman lampiran dimana pengguna dapat melihat gambar dan meninggalkan komentar. Jika Anda menghubungkan gambar dengan halaman lampiran maka setelah beberapa saat Anda akan memiliki banyak sekali halaman lampiran. Untuk menghindari hal ini maka Anda dapat menonaktifkan komentar pada halaman lampiran.

8. Menonaktifkan HTML dalam komentar

Untuk menghindari adanya link spam dalam komentar, Anda bisa menggunakan plugin Peter’s Literal Comment. Dengan menggunakan plugin ini maka secara otomatis WordPress akan memfilter link spam yang masuk dalam komentar.

9. Mengurangi captcha yang menggangu

Captcha yang terlalu banyak tentunya akan sangat menggangu pengunjung website. Dengan menginstal plugin Math Quiz, Anda dapat memodifikasi bentuk komentar CSS.

10. Menonaktifkan Trackbacks

Merupakan suatu masalah besar jika spam yang dimaksud adalah trackbacks. Anda dapat menonaktifkan trackback pada blog untuk menghindari spam ini. Ketahui lebih mendalam mengenai 5 solusi yang mampu mengatasi spam tracback ini.

11. Matikan komentar pada postingan yang sudah lama

Dengan melakukan pengaturan yakni mematikan komentar pada postingan yang sudah lama akan membantu menghindari terjadinya spam pada postingan yang sudah lama.

12. Switch off komentar

Ketika Anda merasakan bahwa tidak memerlukan adanya komentar maka Anda bisa mematikan komentar yang ada di pengaturan.

Spam memang bisa mendatangi website mana saja secara acak. Entah itu datang melalui komentar, plugin bahkan hingga Google Analytic sekalipun. Ketika Anda terkena spam pada Google Analytic, ketahui bagaimana cara mengantisipasi spam pada Google analytic.

Semua cara diatas terada agak ribet bagi Anda yang merupakan seorang pemula dalam menggunakan WordPress. Oleh sebab itu, demi membantu Anda dalam hal keamanan WordPress, saat ini telah hadir WordPress khusus hosting di Indonesia.

WordPress Hosting Beon..

PERTAMA dan SATU-SATU nya di Indonesia..

WordPress Hosting Beon..

1

Hadir ditengah-tengah pengguna WordPress di Indonesia, WordPress Hosting Beonmenghadirkan kemudahan dalam mengelola keamanan dan kecepatan webiste Anda. Sebelum Anda menggunakan WordPress hosting, ketahui terlebih dahulu bahwa dengan menggunakan WordPress hosting Anda tidak perlu menginstall manual WordPress,terlindung dari deface spam dan phisingotomatis update plugin WordPressterdapat check up pluginadanya back up harianSelain itu dilengkapi juga dengan web accelerator yang mampu mempercepat loading website hingga 10X lebih cepat.

MUDAH dan CEPAT bukan?

Banyak orang yang sadar akan keamanannya websitenya telah memilih menggunakan wordpress hosting. Bagaimana dengan Anda? Anda tahu bahwa Anda baru saja akan membuat keputusan cerdas dengan memilih menggunakan wordpress hosting Beon sekarang.

Sumber Artikel

Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *