Start A Business Tips Bisnis

13 Ide Usaha Sampingan di Rumah yang Praktis

 

Loading...

Usaha Sampingan di Rumah – Menghasilkan uang dari rumah? Tentu saja bisa! Wujudkan hal tersebut dengan menjalankan bisnis sampingan di rumah. Cermati rekomendasinya berikut ini.

1. Jasa menjahit

Usaha ini termasuk usaha yang nggak ada matinya. Selalu ada kebutuhan untuk menjahit pakaian baru atau memperbaiki kerusakan pakaian.

Jika Anda mahir menjahit, Anda perlu mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai usaha sampingan. Usaha ini sangat ideal dilakukan di rumah, karena Anda tidak butuh space luas untuk melakukannya.

2. Usaha laundry kiloan

Membuka usaha laundry kiloan di rumah cukup menguntungkan, lho. Usaha ini bisa laris, terutama jika Anda tinggal di daerah dekat kos-kosan atau apartemen. Modalnya pun terhitung murah, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci dan setrika di rumah.

3. Desain grafis

Anda bisa menawarkan skill atau kemampuan dalam mendesain sebagai sumber pemasukan. Banyak hal yang bisa didesain, mulai dari logo suatu brand atau lembaga, desain dekorasi, karya seni, undangan, bahkan untuk membuat kenang-kenangan. Tentunya, usaha ini fleksibel sekali, sangat bisa Anda kerjakan di rumah.

4. Cuci motor dan mobil

Jasa cuci motor dan mobil juga termasuk fleksibel. Pencucian kendaraan bisa dilakukan di pekarangan rumah, tanpa harus menyewa tempat lain.

Targetlah tetangga-tetangga sekitar untuk mencucikan kendaraannya di tempat Anda. Kalau perlu, buatlah promosi menarik agar mereka rutin berlangganan, misalnya dengan memberikan diskon sesekali.

5. Les privat

Hubungi para tetangga Anda yang memiliki anak usia sekolah, siapa tahu ada yang butuh jasa les privat. Anda bisa membuka tempat les di rumah Anda. Murid Anda bisa datang untuk belajar kepada Anda.

Pastikan bahwa Anda menguasai materi dengan baik. Selain itu, atur tempat belajar untuk murid-murid Anda agar tercipta suasana yang nyaman.

6. Bisnis kuliner

Bisnis ini termasuk bisnis yang nyaman dilakukan dari rumah. Jika Anda memproduksi sendiri makanan tersebut, memanfaatkan dapur rumah terasa lebih praktis, ‘kan? Anda bisa menjual makanan berat seperti menu makan siang atau makanan ringan seperti jajanan pasar.

Anda juga bisa menjajakan makanan dari halaman rumah kepada orang-orang yang lewat. Kalau halaman rumah Anda sangat luas, Anda bahkan bisa menyediakan meja kursi agar pembeli bisa menikmati makanan di tempat.

7. Membuka warkop alias warung kopi

Punya pekarangan atau teras yang enak dibuat nongkrong? Cocok sekali, lho, untuk berbisnis warung kopi. Selain menyediakan tempat, Anda juga perlu membuat menu yang nikmat, agar pelanggan senang berkunjung.

8. Bisnis online shop

Anda bisa berjualan lewat online shop. Anda bisa membuat akun di medsos atau mendaftar untuk akun e-commerce alias wadah jual-beli online.

Anda bisa menjual barang-barang produksi sendiri. Jika kerepotan, Anda bisa menjual barang-barang secara reseller atau dropshipper.

9. Blogger profesional

Kelola blog dengan lebih serius, maka Anda bisa mendapatkan uang dari kegiatan tersebut. Anda bisa jadi blogger yang profesional, dengan membuat traffic blog yang cemerlang. Artinya, Anda perlu menarik banyak orang untuk membaca blog Anda.

Setelahnya, Anda bisa mendaftarkan blog untuk memuat GoogleAdsense, sehingga blog Anda menjadi media untuk memasang iklan. Untuk setiap iklan yang diklik, Anda akan mendapatkan komisi, lho.

10. Content writer

Anda bisa menawarkan jasa menulis konten, dengan menjadi freelance content writer. Anda hanya butuh alat ketik, kuota internet, serta ide kreatif untuk memulainya. Yap, tidak perlu modal besar untuk usaha ini.

Selain minim modal, menjadi content writer itu lumayan fleksibel. Anda bisa bebas mengerjakan konten di mana saja, termasuk juga di rumah!

11. Translator atau penerjemah lepas

Bagi Anda yang ahli bahasa asing, Anda bisa menawarkan jasa translatordengan menerjemahkan berbagai dokumen. Anda bisa bekerja dari rumah hanya dengan mengandalkan internet.

12. Kerajinan tangan

Anda bisa menjadikan rumah sebagai studio untuk berbisnis kerajinan tangan. Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan, mulai dari pernak-pernik, kado, dan lain-lain. Jangan lupa, promosikan kerajinan karya Anda secara online.

13. Content creator

Medsos yang Anda miliki juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan, lho. Anda bisa menjadi content creator, alias membuat berbagai konten menarik yang memikat banyak orang. Anda bisa menjadi content creator di Instagram, Youtube, Twitter, dan medsos-medsos lainnya.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan uang sebagai content creator. Beberapa platform memang bisa dimonetisasi alias menghasilkan uang, terlebih lagi ketika konten Anda banyak disaksikan. Anda juga bisa membuat konten kerjasama dengan suatu brand, sebagai salah satu cara promosi produknya.

Usaha sampingan di rumah: salah satu sumber penghasilan

Sumber pendapatan bisa berasal dari mana saja, termasuk dari rumah. Banyak peluang usaha yang bisa Anda coba. Jika Anda tekun dalam berusaha, kesuksesan tentu bisa diraih.

Perkaya terus wawasan terkait topik bisnis dan entrepreneurship dengan menyimak artikel-artikel menarik lainnya dari Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *