Leadership

14 Alasan Kenapa Seorang Entrepreneur Harus Menjadi Sales Terlebih Dahulu

 
  • 122
    Shares

Loading...

Pekerjaan seorang salesman bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Mereka bukan hanya sekedar harus menjual barang, tapi juga harus mampu menjalin dan membuat hubungan dengan klien ataupun orang lain menjadi sangat baik. Keterampilan yang didapatkan ketika seseorang menjadi sales akan memberikan dia keahlian yang dibutuhkan ketika mereka memulai berbisnis sendiri.

Beberapa pengusaha sukses yang saat ini ada mengaku dahulunya adalah seorang sales produk atau jasa milik orang lain. Mereka belajar, berlatih dan terus mengasah kemampuan untuk berkomunikasi hingga akhirnya berhasil menutup penjualan. Dan beberapa pernyataan di bawah ini adalah alasan kenapa kita perlu menjadi seorang sales saat hendak menjadi seorang entrepreneur.

1. Kita mendapatkan keahlian dalam berbisnis

Ketika kita bekerja menjadi sales sebuah perusahaan, tentu ada banyak ilmu bisnis yang kita dapatkan. Bukan hanya pengetahuan seputar produk, tapi juga strategi dan tips menjual sebuah produk. Kita juga akan memperoleh keakraban dengan orang lain saat kita mulai berjualan. Kita bahkan akan mengalami tantangan dalam bisnis, tentu saja untuk mengukur kesuksesan.

Hal ini tentu saja sangat berguna, karena kita pasti akan menemukan daerah dimana startup atau bisnis kita menciptakan strategi, mencari pelanggan hingga berkomunikasi dengan mereka. Kita juga akan bekerja untuk menciptakan nilai yang mampu menghasilkan uang untuk bisnis kita.

2. Kita memiliki keahlian teknis

Ketika kita membantu pelanggan, tentu kita akan belajar tentang produk dan bagaimana bisnis kita menciptakannya hingga mengatasi masalah yang ada. Lebih – lebih ketika kita bekerja pada sebuah perusahaan jasa seperti jasa penyedia hosting Indonesia, kita tentu akan belajar apa hosting itu, bagaimana mereka bekerja dan bagaimana mengatasi setiap masalah yang muncul.

Itu membuat kita belajar beberapa hal teknis yang tentu saja akan sangat berguna bagi kita di kemudian hari. Kita akan dengan mudah mengatasi masalah bisnis kita sendiri ketika kita mulai menemukan pola mengatasi masalah yang terjadi saat ini.

3. Kita bahkan selalu belajar menyederhanakan informasi

Pelanggan potensial bisa jadi menjadi target penting untuk kita berjualan. Bagi kita pemahaman dan penafsiran mereka tentang produk kita harus benar – benar dibimbing hingga mencapai kata sepakat. Ada kalanya produk dan detail yang sudah kita tampilkan dalam website atau blog, tidak membuat mereka mengerti dengan mudah. Mereka tentu akan meminta penawaran dan penjelasan lebih dalam tentang produk kita.

Dan dari sini kita akan belajar bagaimana menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan cara yang lebih mudah dimengerti oleh mereka. Karena kita menjual ide, kita harus bisa membuatnya menjadi lebih mudah untuk diterima dan dimengerti. Sehingga pesan yang ingin disampaikan mampu membuat mereka menutup penjualan dengan kata “DEAL”.

4. Anda akan memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan orang penting

Sebagai seorang sales, tentu klien Anda bukanlah orang sembarangan. Klien potensial Anda bisa jadi orang yang sangat penting di sebuah perusahaan atau industri tertentu. Dan ini membuat Anda terkadang harus bertemu dan mengobrol dengan mereka. Menjadi seorang sales memberikan Anda kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dan bahkan dengan para petinggi.

Hal ini sangat berguna, karena kita akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana caranya menyapa, mengobrol dan bahkan beradaptasi dengan banyak orang dari banyak status mereka. Wawasan Anda akan cara berkomunikasi tentu akan semakin bertambah.

5. Anda akan membangun hubungan yang berharga

Ketika Anda berjualan, Anda akan membentuk ikatan yang kuat dengan prospek atau potensial customer Anda. Anda akan lebih sering bertemu, berbicara dan bahkan menawarkan solusi untuk seseorang. Hingga tidak jarang, seorang sales akan menjadi seorang penasehat untuk sebuah perusahaan tertentu.

Hal ini berguna bagi kita karena kita bisa menggunakan hubungan yang sudah terjalin untuk kembali mendapatkan saran, atau bahkan link untuk bisnis kita nantinya.

6. Anda akan selalu belajar memotivasi diri sendiri

Dalam kegiatan berjualan, kita bersaing bukan hanya dengan kompetitor atau sesama rekan sales. Tapi kita juga bersaing dengan diri kita sendiri setiap harinya. Kita akan terus dipaksa mengasah keterampilan dan meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi.

Hal ini tentu sangat berguna, karena ketika kita memulai bisnis, dan tidak memiliki atasan yang memberikan kita motivasi, maka diri kita sendirilah yang akan senantiasa memotivasi dan menarik diri untuk selalu antusias dengan pekerjaan dan bisnis kita. Bahkan ketika kita sedang lelah dan terfikir untuk menyerah.

7. Kita akan belajar untuk mandiri

Seorang sales biasanya mengendalikan waktu mereka sendiri dan harus berhasil tanpa mendapat banyak bimbingan dari atasan. Mereka harus mampu belajar dan berlatih sendiri jauh lebih banyak daripada yang sekedar diajarkan dan diarahkan.

Ini berguna bagi kita saat membangun bisnis, karena kita akan menjadi seorang bos yang memulai semuanya dari nol. Yang berarti kita akan membuat keputusan dan melakukan semuanya dengan sendiri. Ini memang hanya akan terjadi di awal, karena bagaimanapun kita membutuhkan seseorang untuk membantu kita menjalankan bisnis nantinya. Tapi mandiri membuat kita jauh lebih mampu mengendalikan diri sendiri.

8. Kita bisa menciptakan banyak uang

Kita bukan hanya akan menghasilkan uang dan memberikan pemasukan untuk perusahaan saat kita berhasil menjual produk. Tapi tentu saja akan ada hadiah atau reward bagi kita ketika kita berhasil menjual. Ini bukan hanya sekedar hadiah tapi menjadi sebuah bentuk penghargaan atau apresiasi atas usaha dan pencapaian kita.

Hal ini akan sangat berguna bagi kita, karena uang yang kita dapatkan bisa kita sisihkan untuk membangun bisnis kita sendiri. Memulai semuanya dari nol tentu membutuhkan banyak biaya, dan dari sinilah kita bisa memberikan investasi untuk diri kita sendiri.

9. Sales adalah orang kreatif, dan kita akan menjadi lebih kreatif

Untuk bisa sukses menjual, kita tentu harus memiliki keterampilan dan keahlian teknis dan juga strategi bisnis. Karena kita akan bertemu dengan banyak masalah dan harus menemukan lebih banyak solusinya.

Hal ini akan sangat berguna bagi kita, karena kita akan belajar memahami apa yang perlu dilakukan selanjutnya ketika bisnis kita sendiri mulai tumbuh dan mulai dihadapkan dengan masalah. Kreatif bukan hanya masalah ide yang akan diaplikasikan, tapi juga saat harus mengatasi masalah.

10. Kita akan belajar untuk selalu hadir memberikan solusi

Menjual selalu berkaitan dengan upaya kita menyajikan solusi untuk sebuah masalah. Kita bahkan harus memiliki lebih dari 1 solusi, strategi dan taktik untuk lebih mudah mengambil keputusan.

Dan hal ini membuat kita belajar menyajikan ide – ide untuk mengatasi masalah investor dan menjual produk kepada pelanggan awal kita.

11. Anda akan belajar bagaimana menutup sebuah kesepakatan

Menjadi seorang sales, tugas kita adalah bagaimana membuat sebuah diskusi atau negosiasi dengan klien menjadi sebuah penutupan dengan kata “YA”.

Hal ini tentu sangat berguna karena pada tahap awal bisnis kita, kita akan melakukan banyak penjualan dan mengambil waktu lebih banyak untuk membuat 1 klien menutup negosiasi penjualan dengan kata sepakat.

12. Kita bahkan akan belajar menangani penolakan

Jangan fikir setiap sales akan menerima kata “YA” saat mereka menawarkan sebuah produk. Bahkan sales hebatpun pernah mendapat penolakan. Karena itu adalah sebagian dari pekerjaan kita sebagai seorang sales.

Tapi dari situlah kita belajar untuk lebih bersemangat dan tidak pantang menyerah, bahkan kita akan belajar bagaimana menangani sebuah penolakan. Kita akan belajar memiliki urat malu yang sangat tebal untuk bisa bertahan dan tetap menjalankan bisnis kita sendiri nantinya.

13. Kita akan belajar menjadi seorang yang pemberani

Seorang sales yang hebat akan menghilangkan rasa takut mereka dan tetap berjualan. Bahkan ketika mereka tidak menjual apapun untuk sementara waktu. Anda harus berani menghadapi apapun, baik itu komplain, penolakan ataupun kekecawaan akan target yang tidak tercapai.

Hal ini sangat berguna karena kita akan memerlukan keberanian untuk meninggalkan pekerjaan di perusahaan kita saat ini, dan memulai untuk menjalankan bisnis kita sendiri. Bertemu dengan orang baru dan menjalin kerjasama dengan banyak orang baru.

14. Dan kita belajar mengatasi rasa bosan

Ketika kita bekerja dengan perusahaan yang berbeda, kita akan belajar bagaimana mengatasi situasi dan terus berinovasi dengan tantangan baru. Bosan pasti ada, tapi bagaimana kita mengatasi rasa bosan dan mengubahnya menjadi motivasi.

Itulah yang juga membuat kita belajar bagaimana membangun sebuah perusahaan dan menjalankannya tanpa rasa bosan. Bahkan kita harus mau belajar seumur hidup.

Baca juga:

35 Tips Mendirikan Bisnis Sendiri bagi Para Pemula

3 Kunci Hebat agar Sukses Mendirikan Bisnis

8 “Do’s and Don’ts” Dalam Penjualan Bisnis Anda

Loading...

  • 122
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *