Technology

15 Bahasa Pemrograman yang Perlu Diketahui di Tahun 2015

 
  • 4
    Shares

Loading...

Teknologi semakin berkembang di tahun 2015 ini, mulai dari gadget yang akan terus mengeluarkan merek baru, varian dan juga model baru. Selain itu aplikasi yang ada di dalamnya juga akan semakin baru dan membuat siapapun yang menggunakan smartphone ataupun aplikasi desktop lainnya semakin dimudahkan. Peran desainer dan juga programmer sangatlah penting dalam menciptakan kemudahan bagi masyarakat luas ini. Menjadi programmer juga ahur slealu update berita dan ilmu baru apa saja yang kira – kira semakin dibutuhkan oleh mereka. Termasuk bahasa pemrograman. Di tahun 2015 ini, ada 15 bahasa pemrograman yang wajib dan perlu diketahui bahkan dipelajari oleh para programmer. Apa saja itu?

1. Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dalam membangun dan mengembangkan aplikasi baik mobile ataupun desktop. Dengan Java dan seluruh kerangka kerjanya, para pengembang website bisa membuat aplikasi web scalable untuk banyak pengguna. Java juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android asli untuk smartphone dan juga tablet.

2. Javascript

Bahasa pemrograman Javascript

Setiap situs atau website yang saat ini ada di internet menggunakan Javascript. Bahasa pemrograman ini membuat sebuah website atau tampilan situs menjadi lebih interaktif. Lebih user friendly dan juga responsif. Kita bisa menggunakan bahasa pemrograman Javascript dengan satu dari puluhan kerangka Javascript populer. Dan Javascript akan semakin populer ketika perkembangan website responsif terus terjadi dan diminati oleh pengguna internet.

3. C#

C# adalah bahasa utama yang digunakan untuk pengembangan platform dan layanan Microsoft. C# adalah cara tercepat yang ditawarkan Microsoft dan bisa kita gunakan ketika ingin membangun aplikasi website modern atau aplikasi deskto yang kuat untuk bisnis kita. C# juga populer sebagai mesin pengembang Unity permainan dan menjadi salah satu bahasa utama yang digunakan. Terdengar sangat kuno memang tapi sangat dibutuhkan dan paling banyak dicari.

4. PHP

PHP

Aplikasi website seperti apapun bentuknya tentu membutuhkan data di dalamnya. Bahasa pemrograman PHP dan juga database seperti MySQL adalah alat penting yang tidak bisa dipisahkan, ketika kita ingin membangun aplikasi website modern. Kekuatan bahasa pemrograman PHP dimanfaatkan oleh mayoritas website berbasis data saat ini dan merupakan teknologi dasar yang digunakan untuk membangun manajemen konten sebuah website, seperti WordPress. Dan bahasa pemrograman ini mudah untuk dikembangkan, sehingga sangat mudah untuk digunakan oleh para programmer baik pemula atau yang sudah ekspert.

5. C++

Bagi pemula, seorang programmer bisa terlebih dahulu mempelajari bahasa pemrograman C++. Bila kita ingin menguji kemudahan dan hasil yang kuat dalam memproses data pada aplikasi kita, C++ adalah pilihan yang tepat. Bahasa ini juga kuat untuk membuat aplikasi desktop seperti game hardware accelerated dan aplikasi memory intensif pada desktop, konsol dan juga perangkat mobile.

6. Python

Bahasa pemrograman Python

Bahasa pemrograman Python memang jarang terdengar atau mungkin jarang yang menggunakan, tapi bahasa ini hampir bisa melakukan semuanya. Contohnya saja aplikasi web yang user friendly, menganalisis data statistik apapun dan masih banyak lagi. Dan baru – baru ini Python telah digunakan sebagai alat utama bagi para ilmuwan data untuk menyaring data besar untuk industri apapun.

7. C

Bahasa C? Bukankah ini bahasa yang sudah sangat kuno? Beberapa orang meragukan kemampuan bahasa C dalam membantu mereka menciptakan aplikasi yang sangat kuat dan cepat. Jika kita ingin membangun sebuah perangkat lunak untuk embedded system, dengan ukuran yang kecil, akses yang cepat dan kuat, maka bahasa C sangat cocok digunakan. Kuno tapi sangat populer dan masih tetap dibutuhkan. Itulah keunggulan dari bahasa C.

8. SQL

bahasa pemrograman SQL

Setiap aplikasi baik desktop ataupun website tentu membutuhkan sebuah wadah yang bisa digunakan untuk menyimpan seluruh data mereka. SQL memberikan kita kemampuan untuk menemukan informasi yang tepat dan cepat, berulang dan juga dapat diandalkan. Menggunakan SQL memudahkan kita dalam membuat query dan mengambil data dari yang kecil sampai yang besar, dan juga kompleks.

9. Ruby

Bahasa pemrograman Ruby

Ingin membuat sebuah proyek aplikasi atau website besar dalam waktu yang singkat? Ruby dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Bahasa pemrograman Ruby dikenal sangat mudah digunakan untuk belajar dan sangat kuat. Selain itu sangat kuat membangun ribuan aplikasi website populer di seluruh dunia.

 

10. Objective C

Jika Anda tertarik untuk membuat aplikasi untuk iOS, kita bisa menggunakan bahasa pemrograman Objective C. Sementara itu di tahun lalu kita terpusat pada bahasa baru Apple Swift, Objective C masih merupakan bahasa dasa yang digunakan untuk membantu menciptakan aplikasi untuk Apple. Dengan Objective C dan Xcode, alat pengembangan perangkat lunak resmi dari Apple bisa kita dapatkan di App Store dalam waktu singkat.

 

11. Perl

Bahasa pemrograman Perl

Mungkin beberapa orang akan sangat asing dengan bahasa pemrograman Perl ini. Tapi bahasa pemrograman ini sangat kuat dan merupakan kunci bagi siapapun yang mencari keamanan data untuk aplikasi website mereka. Bahasa pemrograman Perl telah mendukung pembangunan aplikasi website sejak awal kemunculannya, dan sampai saat ini masih dianggap sebagai alat utama bagi setiap profesional IT.

12. Net

Net adalah platform utama yang digunakan untuk membangun Microsoft baik untuk layanan dan pengembangan aplikasi yang selalu disambut baik di setiap perilisannya. Karena upaya terbaru dari Microsoft yaitu open sourcing, NET sekarang hadir di Google dan Apple sebagai platformnya. Sebagai hasilnya, kita dapat menggunakan NET sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi yang mudah untuk berbagai platform.

13. Visual Basic

Bahasa pemrograman visual basic

Visual Basic adalah bahasa yang bisa kita gunakan untuk membangun aplikasi untuk bisnis. Sebuah bahasa utama dari platform NET, memungkinkan kita untuk membangun aplikasi yang mendukung bisnis kita dan mengotomatisasi aplikasi Office seperti Excel. Sehingga benar – benar memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas yang paling umum digunakan.

14. R

Bahasa pemrograman R sangat powerful. R merupakan bahasa yang harus diketahui semua programer di tahun 2015 ini. Bahasa ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan analisis data besar dan sangat serius. Dari ilmu pengetahuan, bisnis, hibura sampai media sosial. R adalah bahasa yang bisa digunakan untuk belajar menganalisis data statistik di hampir setiap bidang yang kita minati.

15. Swift

Bahasa Pemrograman Swift

Dalam satu tahun ini, bahasa pemrograman Swift telah menjadi bahasa pemrograman yang cocok untuk pengembangan aplikasi di seluruh dunia. Bahasa ini dipilih karena cepat dan mudah untuk pengembangan sistem Mac dan iOS operasi Apple. Aplikasi ini merupakan bahasa yang ramah untuk pemula, sehingga memungkinkan siapapun untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS dan Mac OS X.

Baca juga:

10 Bahasa Pemrograman yang Harus Anda Kuasai di Tahun 2014

CoffeScript, Munculnya Sebuah Bahasa Pemrograman Baru yang Lebih Memudahkan Developer Website

Cara Mencegah Google Mengindeks Bagian dari Website Anda

Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *