Technology

15 Inovasi Google yang Mengubah Dunia

 
  • 4
    Shares

Google adalah perusahaan yang paling berpengaruh pada kehidupan kita. Terutama berinternet. Sejak awal pengerjaan Google oleh Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1996 (Nama domain Google.com didaftarkan pada September 1997 dan perusahaan dibentuk pada 4 September 1998), maka hingga kini sudah 15 tahun sejak Google mengubah cara kita mencari informasi. Untuk menandai ulang tahun ke-15 Google, berikut adalah 15 cara bagaimana Google mengubah dunia.

Search

Mari kita mulai dengan hal paling kentara, yakni produk pertama Google yang hingga kini identik dengan cara kita mencari informasi secara online. Yaitu search engine. Google Search hingga kini jadi halaman tunggal yang paling dikunjungi di Internet.

Google bombing

Salah satu kejahilan terbaik di dunia internet adalah sebuah bom Google yang mendorong fakta yang salah, tidak benar, atau menyindir ke puncak hasil pencarian Google melalui serangkaian trik optimasi search engine.

Selama beberapa tahun, hasil pencarian teratas untuk nama terakhir mantan calon presiden dari Partai Republik, Rick Santorum digunakan sebagai produk mainan seks. Hal ini memberi pandangan yang berbeda dan mengejutkan terhadap politisi dan pencitraan dunia nyata yang dibawa ke dunia maya.

YouTube

Meskipun Google tidak menciptakan YouTube, dia membeli situs video-sharing ini kurang dari 18 bulan setelah debut perdananya di tahun 2005. Sekarang, YouTube telah diterjemahkan di 56 negara dan lebih dari durasi 100 jam video diunggah ke situs ini setiap menitnya.

Google Docs

Dengan Google Docs, orang-orang bisa saling berkolaborasi pada sebuah dokumen teks, spreadsheet, dan slideshow, di manapun mereka berada. Software ini telah digunakan di ruang kelas, kantor berita, dan berjasa membantu orang menemukan tempat tinggal setelah peristiwa pemboman marathon Boston di awal tahun ini.

Google Person Finder

Dibanding Google Docs, dalam keadaan darurat, Google Person Finder mungkin lebih efektif dalam melacak orang hilang dalam bencana. Google meluncurkan fitur ini menyusul gempa Haiti 2010.

Hangouts

Fitur video-conference kebanggaan Google+. Dia gratis, mudah diakses, dan bahkan telah digunakan oleh presiden Barrack Obama. Musisi Daria Musk berhasil menggunakan Hangouts untuk meningkatkan karirnya dengan bermain konser untuk fans secara online pada bulan Juli 2011 silam.

Google Maps

Sekarang bahkan beberapa orang tidak dapat menemukan jalan di seberang perumahan mereka tanpa Google Maps. Dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi transportasi umum, Google Maps menjadi kebutuhan mutlak. Terutama setelah saat ini didukung dengan fitur Street View (yang saat ini tengah memetakan wilayah Surabaya).

Google Earth

Versi peningkatan citra digital dari Google Maps, satelit Google Earth memungkinkan Anda melihat ke hampir setiap lokasi di planet ini. Termasuk Area 51 yang disebut-sebut sebagai fasilitas rahasia.

Android

Sistem operasi smartphone ini membuat Google meraih miliaran dolar meskipun kodenya dirilis secara gratis. Pengguna di negara berkembang kini memiliki akses ke perangkat smartphone yang mampu menghubungkan mereka ke seluruh dunia, tanpa harus menggunakan komputer.

Google News

Google News mengindeks laporan tiap menitnya dari seluruh dunia. Alat ini sangat berharga untuk melacak cerita yang sedang berkembang. Google News dan RSS mengubah cara kita mengkonsumsi berita dan mempelajari apa yang sedang terjadi.

Transparency

Masukkan kata kunci tertentu ke Google Search dan Anda mungkin akan menemukan diri Anda pada daftar pantauan polisi federal. Melalui program National Security Agency (XKeyscore), mata-mata federal dapat melacak aktivitas internet secara real time, sehingga apa yang Anda lakukan dapat memberitahu mereka tentang diri Anda.

A shared memory

Ada dampak negatifnya jika informasi publik dapat langsung dicari di Google. Yaitu internet tidak pernah lupa. Dan semua yang diperlukan adalah satu pencarian Google untuk mengingatkan orang lain tentang kesalahan Anda.

Self-driving cars

Melihat ke masa depan, Google memiliki sejumlah proyek baru yang dapat mempengaruhi dunia selama beberapa dekade mendatang. Salah satunya adalah mobil tanpa sopir, di mana kendaraan berbasis komputer bisa langsung mengantar penumpangnya ke mana mereka harus pergi.

Google Glass

Seolah sepasang frame layar yang ditembakkan di depan mata Anda, Google mengenalkan Google Glass sebagai alternatif menggunakan Internet tanpa sentuhan dan dalam situasi apapun.

Project Loon

Masih ada daerah luas di dunia ini yang tidak terjangkau sinyal data, apalagi laptop yang terhubung ke koneksi wireless. Google berencana mengubahnya dengan Project Loon. Idenya gila, yaitu menggunakan balon untuk menyebar titik-titik wireless. Kata Google, strategi ini memungkinkan orang bisa online lebih murah dan lebih cepat dibanding koneksi berbasis kabel tradisional yang diletakkan di dalam tanah.

Tak ada satupun dari proyek-proyek ini akan mungkin terjadi tanpa internet.


  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *