Leadership

15 Perilaku Seorang Pemimpin Besar yang Bisa Ditiru

 
  • 1
    Share

Loading...

Seorang pemimpin yang besar memiliki tekad dan visi yang besar pula. Sekalipun mereka bersemangat untuk mencapai tujuan dan mimpi, mereka tetap rendah hati tentang hal itu. Itulah yang semakin membuat mereka menjadi seorang pemimpin besar. Bukan lagi diukur dari seberapa besar perusahaan yang dikelola, seberasa banyak karyawan yang dinaunginya dan severapa kayanya mereka. Bahkan seornag pemimpin besar biasanya hidup dalam kesederhanaan, karena mereka berorientasi untuk menjadi bermanfaat untuk orang lain buat mencari keuntungan bagi diri sendiri.

Dan berikut ini adalah 15 perilaku dan sifat seorang pemimpin besar yang bisa kita contoh:

1. Seorang pemimpin itu harus terus belajar

Tidak ada kata puas untuk sebuah ilmu, itu artinya kita harus terus belajar. Begitu juga dengan seorang pemimpin besar. Mereka akan membagi waktu untuk lebih akrab dengan ilmu – ilmu baru, bai pada bisnis mereka ataupun yang lainnya. Mereka memahami bahwa belajar adalah cara terbaik untuk keluar dari setiap masalah apapun. Melalui pembelajaran yang konsisten, mereka memiliki kepercayaan diri untuk mencoba banyak hal baru.

2. Mendengarkan dengan seksama adalah kunci memahami

Seorang pemimpin yang besar bukan hanya harus pandai mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan mereka, tapi juga dengan apa yang dibutuhkan oleh karyawan mereka. Secara tidak langsung karyawan berperan cukup besar dalam kesuksesan penjualan dan bisnis yang mereka jalani. Mendengarkan setiap keluh kesah, kritik dan saran serta mendengarkan apa yang mereka impikan adalah kunci dari kesuksesan seorang pemimpin yang besar. Bukan hanya pandai memimpin dan mengatur, mereka harus lebih pandai untuk mendengar.

3. Memiliki kemampuan untuk memandang masalah dari perspektif orang lain

Sesungguhnya seorang pemimpin besar harus memiliki kemampuan untuk melihat masalah melampaui kepentingan mereka sendiri. Dan mereka harus bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang yang berbeda – beda. Ketika sudah begitu, mereka akan dengan mudah menilai situasi dan menentukan langkah apa yang akan diambil untuk menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi.

4. Seorang pemimpin harus bisa melihat gambaran besar dari sebuah masalah

Dengan memahami seluruh tujuan dari perusahaan, mereka akan mampu membagi waktu untuk kegiatan organisasi. Seorang pemimpin akan menghilangkan tugas yang tidak perlu mereka lakukan sendiri, dan lebih efektif untuk mendelegasikan itu kepada orang lain.

5. Pemimpin besar selalu belajar dari setiap pengalaman

Tidak ada pemimpin besar yang lahir secara instan. Ada banyak materi yang harus mereka pelajari, ada banyak pengalaman yang harus mereka lalui. Sukses bahkan merugi adalah hal yang wajar. Pemimpin yang besar harus bisa menjadikan pengalaman sebagai guru yang paling berharga. Tujuannya agar ia kuat untuk melangkah mencapai mimpi mereka.

6. Mereka secara konsisten akan memperluas dunia mereka

Bukan hanya dengan ilmu yang didapatkan dari buku atau pengalaman pribadi, mereka juga harus konsisten belajar menjalin komunikasi atau relasi dengan orang lain. Mereka harus menjalin relasi sebanyak mungkin dengan orang lain. Menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, menciptakan komunitas atau turut serta dalam pengurusan beberapa komunitas yang mengaitkan banyak orang di dalamnya.

7. Mereka tahu bagaimana mendapatkan fokus berfikir

Mereka juga harus pandai menghapus segala hal yang mengganggu dan mengacaukan fokus fikiran mereka. Pemimpin memiliki kemampuan untuk berkonsentrasi untuk waktu yang lama, sehingga mereka dapat berkonsentrasi berfikir dengan jernih.

8. Pemimpin besar akan melihat masalah sebagai tantangan yang harus diatasi

Seorang pemimpin besar tidak akan menyalahkan siapapun ketika mereka mendapatkan sebuah masalah. Mereka akan berfikir dan segera bertindak untuk mengatasinya. Mereka akan berfikir bahwa masalah itu adalah sebuah tantangan yang harus dilalui bukan dihindari.

9. Selalu efektif berurusan dengan ketidaksetujuan

Pemimpin tidak harus selalu berkata setuju bagi mereka yang bersifat mempengaruhi apa yang mereka lakukan. Ini juga membuat mereka tidak terus berharap bahwa apa yang mereka inginkan akan dengan mudah mereka dapatkan.

10. Mereka akan terus berusaha meningkatkan kualitas bawahan mereka

Mereka yang merasa sebagai seorang pemimpin besar akan terus memantau, mendukung dan mengarahkan bawahan untuk mencapai kesuksesan. Pemimpin tanpa henti akan meningkatkan kualitas tim mereka. Mereka akan rutin mengevaluasi, melatih dan membangun kepercayaan diri bawahan.

11. Yang jelas mereka harus memiliki visi

Yang paling penting adalah seorang pemimpin besar adalah mereka yang memiliki visi yang jelas. Ketika visi yang diemban sudah jelas, mereka akan bekerja dengan profesional dan memberikan yang terbaik, bukan untuk diri mereka sendiri tapi juga untuk orang lain. Mereka tidak akan gentar jika mengalami kegagalan.

12. Dan mereka harus memiliki rasa percaya diri

Pemimpin besar harus memiliki rasa percaya diri dan keyakinan yang besar. Mereka harus yakin bahwa mereka bisa dan sanggup melakukan segala tugas seorang pemimpin. Mereka harus berani untuk bertindak secara cepat dan tegas.

13. Pemimpin besar memiliki kemampuan untuk memberi energi bagi orang lain

Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, yang jelas mempengaruhi ke arah yang baik. Memotivasi karyawan dengan perkataan dan juga contoh perbuatan mereka. Mereka juga tidak segan mendengar segala keluh kesah karyawan dan juga tidak segan untuk memberi semangat untuk mereka. Pemimpin besar adalah yang bermanfaat untuk orang lain bukan untuk diri mereka sendiri.

14. Memiliki ketahanan yang besar

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang besar, maka Anda harus memiliki ketahanan mental yang kuat. Bukan hanya fisik Anda yang akan diuji, tapi juga mental atau fikiran Anda juga akan diuji. Anda harus kuat dan mampu bertahan saat dihadapkan oleh sebuah masalah. Tidak mundur dan berani melangkah, adalah keharusan bagi Anda.

15. Dan pemimpin besar memiliki semangat untuk setiap pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka

Dan yang terakhir adalah seorang pemimpin besar harus mampu menyeimbangkan dunia yang mereka miliki. Pekerjaan dan kehidupan pribadi harus berjalan dengan seimbang. Tidak membebani keluarga dengan urusan pekerjaan, dan tidak membawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan. Anda harus adil dan paham bagaimana cara membagi fikiran ke dalam 2 posisi penting tersebut.

Baca juga:

10 Hal yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin

7 Cara Melatih Diri Menjadi Pemimpin Besar yang Lebih Baik

5 Tips Kepemimpinan bagi Introvert

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *