Technology

20 Ekstensi Google Chrome yang Cocok untuk Developer dan Desainer Web

 

   

Seorang developer atau desainer website tentu saja akan membutuhkan suatu dukungan dalam membuat dan mengembangkan halaman websitenya. Bukan hanya dari software yang digunakan di desktop, tetapi juga didalam suatu browser yang digunakan, seperti di Google Chrome. Berikut ini adalah 20 Ekstensi Google Chrome yang dapat digunakan untuk mengembangkan halaman website:

1. iMacros for Chrome

1

Ketika Anda sedang membuat atau mengambangkan suatu website, tentu saja akan ada proses dimana Anda akan menguji jalannya atau proses jalannya halaman web tersebut. Ini akan sangat melelahkan ketika Anda harus melakukannya berkali – kali. Dengan iMacros for Chrome ini, semua aktifitas Anda akan terekam dan akan menjadi dokumentasi Anda dimasa depan. Setelah itu Anda dapat menguji halaman Anda lagi dan lagi dengan mengklik tombol. Ini akan menjadi cara menghemat waktu yang baik dan dapat membiarkan Anda berkonsentrasi pada hal-hal yang lebih mendesak.

2. Font Playground

2

Setiap desainer, terutama desainer website tentu akan selalu memerhatikan pentingnya penggunaan sebuah font dalam halaman web mereka. Dengan Font Playground, memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan font lokal dan yang dimiliki oleh perpustakaan Google Font pada halaman web, tanpa membuat suatu perubahan yang sebenarnya. Anda dapat memvisualisasikan font yang akan Anda gunakan sebelum Anda menerapkan perubahan.

3. What Font

3

What Font adalah ekstensi dari Google Chrome yang memungkinan developer atau web desainer untuk mengidentifikasi font yang digunakan pada halaman webnya. Jadi, jika Anda ingin tahu font apa yang digunakan dalam suatu proyek, Anda hanya tinggal menghover fitur diatasnya dan mencari tahu langsung font jenis apakah itu.

4. Yslow

4

Yslow disini bukan hanya akan memeriksa seberapa cepat proses yang terjadi pada halaman website Anda, tetapi juga akan memberitahu Anda apa yang membuat lambat halaman website Anda. Yslow telah diidentifikasi oleh tim kinerja Yahoo. Ekstensi Google Chrome ini sangat berguna untuk menganalisa halaman web dan juga menunjukkan cara untuk meningkatkan kinerja website Anda.

5. Web Developer

5

Sebagai seorang pengembang web, Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri bagaimana Anda hidup tanpa ekstensi ini. Ia akan menambahkan tombol toolbar di Chrome dengan banyak tools yang digunakan oleh pengembang web.

6. Web Developer Checklist

6

Tools ini memungkinkan Anda memeriksa semua apa yang Anda butuhkan dan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya. Misalnya, Anda tidak memiliki tag pada halaman web atau jika halaman web yang hilan judul metanya atau meta descriptionnya, ia akan memberitahu Anda, sehingga Anda dapat memperbaiki masalah dengan cepat.

7. DevTools Autosave

7

Sesuatu dengan namanya, Ekstensi Chrome yang satu ini memungkinkan segala yang Anda kerjakan akan langsung tersimpan. Baik itu CSS atau JS. Tools ini akan membuat Anda menghemat banyak waktu dalam membuat dan mendevelop suatu halaman web.

8. Instan Wireframe

8

Ini seperti ketika Anda membuat sebuah Mockup. Anda dapat membuat semua halaman web ke dalam suatu kerangka gambar dengan hanya satu kali klik. Ekstensi Google Chrome ini membantu para pengembang web dan desainer melihat halaman web mereka.

9. Ripple Emulator

9

Ripple Emulator adalah sebuah multi platform emulator di lingkungan mobile yang dapat membantu Anda menguji aplikasi web Anda menggunakan sejumlah perangkat yang berbeda dan resolusi layar yang berbeda pula. Ripple dapat digunakan bersama dengan alat-alat pengembangan yang ada untuk melakukan debugging, inspeksi DOM dan pengujian otomatis.

10. Streak

10

Streak adalah alat utama untuk mengelola CRM dan dukungan email dalam Gmail. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengubah satu email atau seluruh percakapan menjadi sebuah email yang mudah dilacak, dialihkan, membuat tiket Anda sendiri yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mengatur diri sendiri atau berbagi dengan orang lain.

11. Search Stackoverflow

11

Jika Anda seorang pengembang web maka Anda mungkin pernah mendengar tentang Stack Overflow, yang berisi semua script yang dibutuhkan oleh setiap developer. Jika tidak, maka Anda pasti perlu untuk mencoba mengakses stackoverflow tersebut. Extension yang fantastis ini menambahkan kotak pencarian langsung ke browser Anda yang memungkinkan Anda untuk mencari sumbernya di Stack Overflow.

12. PHP Ninja Manual

12

Akan terasa sulit untuk mengingat setiap fungsi di sebuah bahasa pemrograman. Anda juga akan membuang – buang waktu, ketika Anda harus mencari satu demi satu setiap fungsi di Google. Dengan PHP Ninja Manual ini Anda akan mendapatkan semua dokumentasi PHP 5.5, dengan contoh – contoh dalam 8 bahasa tanpa harus meninggalkan browser Anda.

13. Perfect Pixel

13

Sebuah desain web yang baik harus mampu dengan mudah disesuaikan dengan kode program yang digunakan. Perfect Pixel adalah ekstensi yang cocok untuk para pengembang website yang berusaha untuk mengembangkan situs yang akurat dengan desainnya. Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk menempatkan overlay gambar semi transparan dari atas halaman website Anda. Dan melakukan setiap perbandingan ukuran dengan sangat akurat.

14. Code Cola

14

Ekstensi Google Chrome yang satu ini bukan hanya memungkinkan Anda untuk melihat kode sumber dari apa yang telah Anda kerjakan, tetapi juga berfungsi sebagai editor CSS, yang berarti Anda dapat mengedit CSS style halaman web Anda secara langsung dan melihat perubahannya langsung

15. Chrome Sniffer

15

Ekstensi ini akan membantu pengembang web memeriksa dan mendeteksi apakah aplikasi web dan JavaScript berjalan dengan baik di browser. Ini tidak bisa dengan mudah digunakan, ikon akan muncul dalam address bar dan menunjukkan kerangka dan versi CMS yang digunakan.

16. User Agent Switcher

16

Sebuah ekstensi yang digunakan untuk melihat bagaimana situs Anda diakses di iPad, iPhone dan perangkat Android. Ini akan sangat berguna jika sebuah situs telah di hack, karena Anda dapat melihat halaman apa saja yang dirusak dengan melalui sebuah mesin pencari yang berfungsi melihat mereka.

17. IE Tab

17

Salah satu yang paling populer dan berguna adalah emulator IE yang tersedia di Web. Hal ini memungkinkan pengembang web untuk menguji halaman web dengan berbagai versi IE langsung di Google Chrome mereka.

18. Pic Monkey

18

Ini adalah editor foto online gratis yang mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengedit gambar halaman web dan screenshot website tersebut. PicMonkey memungkinkan Anda mengambil setiap gambar dan screenshot dari seluruh halaman dengan cara mengklik tombolnya.

19. Chrome Daltonize

19

Color Vision Deficiency (CVD) atau buta warna memang menjadi suatu kekurangan yang dimiliki jutaan orang di seluruh dunia. Ekstensi Chrome yang satu ini menggunakan daltonization, yaitu suatu teknik yang memungkinkan penciptaan gambar yang lebih cocok untuk mereka yang menderita CVD. Ekstensi ini dapat digunakan untuk mensimulasikan bagaimana gambar muncul untuk orang CVD dan untuk membantu Anda merancang aplikasi web agar lebih mudah diakses.

20. Page Ruler

20

Alat yang sangat sederhana namun sangat bermanfaat ini memungkinkan Anda menarik sebuah garis keluar pada setiap halaman dan menunjukkan lebar, tinggi dan posisi elemen yang Anda inginkan.

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *