Technology

20 Teknik Mendapatkan Lebih Banyak Follower Sosmed

 
  • 5
    Shares

Loading...

Memiliki banyak follower di Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Google+ dan lain sebagainya adalah impian sebagian besar netizen di Indonesia. Banyak dari mereka yang merasa tidak gaul ketika follower hanya itu – itu saja, atau tidak bertambah. Netizen kita fokus pada mencari lebih banyak follower untuk sosial media mereka. Termasuk untuk bisnis. Karena bisnis apapun saat ini tentu sudah memanfaatkan hampir seluruh sosial media. Mereka rata – rata memilih untuk memiliki akun bisnis khusus agar lebih fokus dan profesional. Promosi bukan hanya untuk produk nyata mereka, tapi juga untuk akun sosial media mereka.

Yang paling penting dalam memanfaatkan sosial media untuk bisnis adalah

Konsisten

Ketika kita menggunakan satu atau dua strategi untuk melakukan promosi di sosial media selama kurun waktu yang sudah ditentukan, dan kemudian menyerah lalu pindah ke strategi yang berbeda lagi, maka ini tidak akan bekerja. Kita perlu secara konsisten melakukan suatu strategi dalam jangka panjang untuk menjadi lebih efektif. Jika kita memiliki waktu dan sumber daya yang terbatas untuk berkomitmen di media sosial, maka kita bisa menggunakan hanya 1 strategi dan fokus mengembangkan itu.

Tahu apa yang audiens inginkan

Apa yang kita fikirkan dan audiens inginkan terkadang memang tidak sama, bahkan kita harus menyingkirkan ego untuk menuruti apa yang kita suka demi memenuhi keinginan mereka. Kita bisa menganalisa jenis postingan dan konten yang paling populer atau paling banyak menarik perhatian, ini adalah cara untuk mengetahui apa yang mereka ingin lihat lebih banyak.

Bersikap sopan di sosial media

Semua tips hampir memberi kita cara untuk meningkatkan leads dari akun sosial media dan konten yang kita publish. Tapi semua itu tidak lagi penting ketika kita tidak mampu bersikap baik dengan semua netizen dan follower kita. Perlu diingat bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan aktivitas di sosial media, kita perlu untuk bersikap baik dengan seluruh follower dan orang baru.

Lalu bagaimana agar sosial media kita memiliki banyak follower?

1. Menjangkau influencer

Cari influencer di niche yang kita gunakan seperti Buzzsumo. Kita juga bisa berbagi konten dengan mereka, baik menggunakan tag atau menyebut nama mereka dan berkomentar di blog mereka. Ini berguna untuk kita dalam upaya membangun hubungan dengan influencer. Mereka lebih cenderung untuk berbagi konten dengan para pengikutnya. Saling menguntungkan adalah tujuannya.

2. Letakkan tombol share sosial media di setiap postingan blog

Ketika kita ingin audiens atau pembaca membagikan postingan ke sosial media mereka, maka jangan mempersulit langkah itu. Berikan kemudahan kepada mereka, seperti dengan memberikan atau mencantumkan tombol share sosial media di setiap postingan blog kita. Jangan terlalu banyak, hanya akun yang memang kita fokuskan, seperti Facebook, Twitter, G+, dan lain sebagainya.

3. Yang jelas, konten kamu harus relevan dan sesuai dengan tema

Pembaca akan malas membaca artikel atau konten ketika mereka melihat bahwa sekilas sudah tidak relevan dengan judul ataupun tema. Judul menarik memang sering menjadi acuan para penulis, tapi tidak etis ketika konten dalam tidak relevan atau bahkan jauh dari kata senada.

4. Sampaikan juga akun sosial media di email newsletter

Kita terkadang juga menggunakan fitur email newsletter untuk membagikan konten atau artikel terbaru kepada pembaca. Mereka yang memasukkan nama, email atau data lainnya jelas sudah langsung menerima email kita. Nah dari sini kita juga bisa mendapatkan pengikut untuk sosial media kita. Desain dan cantumkan simbol atau tombol akun sosial media di email newsletter yang dibagikan kepada pembaca.

5. Beri juga pada halaman Contact Us atau About Us

Halaman – halaman yang terlihat tidak penting ternyata berpengaruh besar bagi kita, jika dimanfaatkan dengan baik. Seperti pada halaman Contact Us dan About Us sebuah website atau blog. Cantumkan juga tombol sosial media kita di sana. Dari sana kita juga bisa mendapatkan banyak follower.

6. Mengidentifikasi postingan populer

Ketika kita ingin mendapatkan follower lebih banyak, coba identifikasi postingan terpopuler apa saja yang banyak dicari dan diminati oleh pembaca kita. Periksa konten seperti apa dan mengapa mereka juga memberikan komentarnya. Dengan begitu kita bisa mulai menciptakan konten serupa atau hampir mirip dengan itu agar lebih banyak lagi yang mengikuti kita.

7. Menjadi responsif

Memposting konten yang relevan dan menarik adalah tugas kita, tapi fokus kita juga harus tertuju pada menanggapi komentar, pertanyaan, keluhan ataupun saran yang diberikan audiens.

8. Adakan event berhadiah yang menarik

Siapa yang tidak suka dengan kontes atau event berhadiah. Apalagi cara mengikutinya sungguh mudah di sosial media. Kita bisa mengadakan sebuah event dengan syarat harus mem-follow Fanspage dan Twitter kita.

9. Aktif mencari dan mengikuti orang lain

Jangan harap orang lain akan mudah mengikuti kita ketika kita apatis dan tidak aktif mencari mereka. Follower bukan hanya mencari dan mengikuti kita, tapi kitalah yang harus lebih aktif dari mereka.

10. Berceritalah

Sosial media memang menjadi salah satu pendukung media promosi kita di internet. Tapi untuk menghindari terang – terangan berpromosi, kita bisa menggunakan cerita agar terhubung dan terlibat dengan penggemar – penggemar kita.

11. Gunakan hashtag yang relevan

Salah satu yang sering kita temui adalah Hashtag. Gunakan alat seperti Hashtagify.me untuk mencari hashtags yang relevan dan sedang tren. Gunakan ini dalam postingan kamu untuk menarik pengikut baru yang mencari hashtag.

12. Mengikuti berbagai jaringan sosial

Menjadi aktif dan terlibat pada beberapa jaringan sosial akan membuat kita lebih banyak mendapatkan pengikut dalam jangka panjang daripada hanya memposting saja.

13. Jangan takut untuk menggunakan konten virus

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan kan? Posting Planner adalah alat yang membantu kamu menyediakan gambar dan konten yang terbukti menarik banyak perhatian.

14. Sering memposting

Optimalkan frekuensi postingan akan berbeda antara jaringan dan penonton. Menguji frekuensi postingan yang berbeda dan melihat mana yang menghasilkan paling banyak keterlibatannya.

15. Fokus pada kualitas bukan hanya sekedar kuantitas

Sementara kita fokus memperbanyak postingan, lebih utamakan untuk tetap fokuspada kualitas konten atau postingan. Ketika konten kita berkualitas, audiens tentu akan menyukai dan terus mencari kita.

16. Berikan link sosial media di berbagai media

Mempromosikan sosial media bukan hanya bisa dilakukan di sosial media juga atau di dalam blog atau website kita, ada cara atau media yang lainnya. Seperti pada brosur, banner, iklan di Youtube dan di berbagai media lainnya.

17. Diskusikan percakapan sosial media di blog kita

Usahakan pembaca blog untuk mengikuti dan aktif di sosial media dengan tetap menggunakan blog. Cantumkan juga percakapan atau komentar tentang konten di sosial media kita pada website atau blog kita.

18. Memberikan penawaran menarik kepada follower

Jangan ragu untuk memberikan penawaran kepada follower, bisa berupa kode diskon, gratis produk, atau kupon eksklusif setiap kali mereka beraktivitas di akun kita. Gunakan kesenangan mereka sebagai daya tarik yang menguntunkan.

19. Menggunakan blog tamu di situs niche populer

Secara teratur berkontribusi dalam postingan kita untuk mengisi situs niche populer dan beri link ke akun sosial media kita.

20. Tambahkan Facebook dan Twitter widget ke website atau blog

Tidak terbatas pada ikon atau tombol, tambahkan juga beberapa widget akun sosial media di website atau blog kita. Biasanya Facebook dan Twitter sangat populer untuk menjadi widget sebuah website.

Baca juga:

10 Management Tools Terbaik untuk Sosial Media

10 Peraturan Marketing di Sosial Media

10 Tanda Kesalahan Anda Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis

Loading...

  • 5
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *