Running A Business

21 Cara Mendapatkan Follower Lebih untuk Page Google Plus Bisnis Anda [Bagian 1]

 

Loading...

Sosial media memberikan kemudahan bagi setiap pemilik bisnis untuk mempromosikan bisnis mereka. Saat ini sudah banyak jenis sosial media yang aktif membantu pemasaran setiap produk atau merek sebuah bisnis. Salah satunya yang paling banyak diminati saat ini adanya penggunaan Google Plus di kalangan masyarakat. Dengan Google Plus ini kita menjadi lebih mudah dan dekat dengan para pengikut kita, baik yang sudah menjadi klien bisnis kita atau mereka para pengguna biasa. Ada banyak cara untuk mendapatkan follower yang banyak untuk akun Google Plus bisnis kita. Beberapa diantaranya adalah:

1. Buatlah akun pribadi untuk page bisnis Anda

Dalam memanfaatkan Google Plus untuk berbisnis, kita memang sebaiknya membuat sebuah akun pribadi dengan nama dari bisnis kita itu. Ini berkaitan dengan tingkat dan penilaian masyarakat terhadap profesionalnya bisnis kita. Jika kita menggunakan akun pribadi, akan banyak orang yang mudah mengenali bisnis kita, akan ada banyak orang yang dengan mudah menemukan bisnis kita. Kita juga bisa menggunakan logo bisnis sebagai foto dari akun tersebut. Ini menjadi suatu alat branding di dunia maya yang nantinya akan memperkenalkan merek kita kepada masyarakat.

2. Buatlah setiap postingan dengan lebih berkualitas

Karena memang akun tersebut bertujuan untuk promosi bisnis, kita juga harus menciptakan dan memberikan sebuah postingan yang berkualitas. Kualitas postingan dinilai dari apa yang sedang dibahas, sebanyak apa mereka yang menyukai dan bahkan membagikan postingan tersebut. Kita bisa mulai dengan postingan yang berisi berita aktual, tips dan kiat tentang suatu aktifitas, atau hal apapun yang berkaitan dengan bisnis kita.

3. Tambahkan orang yang relevan untuk page bisnis Anda

Untuk sebuah akun baru dan masih belum memiliki pengikut atau follower, jangan sungkan untuk mencari dan mengikuti para tokoh – tokoh terkenal. Kita juga bisa mengikuti rekan bisnis atau orang – orang yang memang dirasa relevan bagi bisnis Anda. Pastikan mereka tertarik dengan akun Anda dan mengikuti Anda balik. Dengan sendirinya ini akan membuat banyak orang lain yang mengikuti Anda.

4. Terlibat dengan pengguna lainnya

Dalam Google Plus ada sebuah tombol +1 yang memiliki arti hampir sama dengan tombol like di Facebook. +1 ini akan memberitahukan kita seberapa banyak orang yang menyukai suatu konten yang diposting. Jika Anda ingin menarik perhatian orang untuk berkunjung ke page Google Plus Anda, cobalah untuk terlibat dalam aktifitas yang dilakukan pengguna lainnya. Aktifitas ini bisa berupa penggunaan tombol +1. Mereka akan penasaran dengan Anda dan dengan mudah mereka akan melihat page Google Plus Anda. Tapi ingat untuk +1 ini gunakan sebijak dan seperlunya saja. Jangan sampai Anda memberikan +1 untuk postingan yang dirasa tidak bermanfaat apapun terhadap diri Anda dan page Google Plus bisnis Anda.

5. Perhatian setiap perubahan tranding topik

Dalam Google Plus kita juga akan menemukan adanya tranding topik untuk beberapa bahasan. Ini akan menunjukkan seberapa banyak atau konten apa yang sedang menjadi trend saat itu. Dengan menggunakan fitur ini kita juga bisa ikut menuliskan konten atau postingan yang berhubungan dengan konten yang sedang berkembang saat itu. Ini bertujuan untuk menarik perhatian orang – orang yang sedang tertarik atas satu bahasan tertentu. Setelah kita mendapatkan banyak pengikut, barulah kita mulai dengan strategi postingan yang memang kita butuhkan.

6. Cari pengguna yang masuk dalam target Anda

Dalam mencari pengikut, Anda juga bisa memperhatikan bagaimana Anda membuat target pengikut Anda. Melalui fitur search di Google Plus, Anda akan dengan mudah menemukan orang – orang yang masuk dalam target Anda. Setelah itu Anda bisa kembali mengikuti mereka terlebih dahulu. Buatlah sebuah target yang relevan dan jelas. Karena ini akan memudahkan Anda menemukan pengikut untuk akun Google Plus bisnis Anda.

7. Tetapkan waktu terbaik untuk memposting

Kita memang dituntut untuk bisa memberikan informasi berupa konten atau postingan yang dibutuhkan oleh para pengguna. Untuk itu kita membutuhkan cara untuk bisa mencapai tujuan itu. Salah satunya yaitu dengan membuat perencanaan kapan kita harus membuat dan memposting sebuah konten. Pastikan waktu kita memposting di Google Plus adalah waktu yang benar – benar dicari penggunanya dan jadikan ini waktu yang tetap. Artinya kita harus konsisten dengan waktu yang kita jadikan acuan untuk memposting.

8. Dapatkan perhatian melalui postingan

Menarik perhatian pengguna lain untuk bisa membaca dan mengunjungi halaman akun Google Plus kita, salah satu caranya adalah dengan mencari perhatian pengguna melalui postingan yang kita buat. Postingan ini bisa berupa adanya tawaran menaik, seperti diskon, gratis, voucher atau yang lainnya. Kita juga bisa menyelipkan beberapa kata menarik yang sedang dijadikan trend pembicaraan masyarakat saat itu. Tapi menarik perhatian pengguna melalui postingan janganlah berlebihan. Tetaplah bijak dan sesopan mungkin, agar tidak menimbulkan kerugian untuk beberapa pihak.

9. Gunakan Hangout Air untuk membuat video bisnis

Dalam mempromosikan bisnis melalui Google Plus, kita tidak perlu hanya memposting sebuah tulisan untuk menarik perhatian pengguna. Kita juga bisa memanfaatkan fitur Hangout Air untuk membuat sebuah video promosi atau video edukasi yang berkaitan dengan bisnis kita. Dengan Hangout Air kita juga bisa mengajak follower kita untuk berinteraksi secara langsung melalui sebuah forum yang kita ciptakan sendiri.

10. Buat event dan undangan follower Anda

Untuk lebih mendekatkan diri dengan follower atau pengikut akun Google Plus bisnis kita, kita tidak hanya perlu memposting berbagai konten baik tulisan ataupun viral. Kita juga bisa mengadakan sebuah event yang berkaitan dengan bisnis kita. Kita bisa mengundang semua pengikut kita di Google Plus dengan memberikan mereka invitation atas acara tersebut. Acara yang kita adakan bisa berupa forum atau komunitas tertentu, kita juga bisa mengajak mereka untuk sekedar kumpul – kumpul untuk lebih mendekatkan diri dengan bisnis kita, dan lain sebagainya. Google Plus memungkinkan kita untuk membuat undangan dan mengundang siapa saja yang berada pada lingkaran pertemanan yang sudah tersedia.

Untuk kelanjutan tips diatas, nantikan artikel berikutnya :)

Baca juga:

5 Prediksi Sosial Media di Tahun 2014

Tambahkan Jagoan Hosting di Google+ Anda, Dapatkan Manfaatnya

8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media

Loading...

9 komentar

  • 11 Mei 2014 - pukul 21:00

    nice gan..
    bisa ane jadiin referensi buat blog ane dan untuk nambah ilmu

  • 11 September 2014 - pukul 23:24

    nice infonya. i like it om

  • 11 September 2014 - pukul 23:25

    nicee infonya. i like it om

  • 19 September 2014 - pukul 18:58

    Tq infonya gan

    • Administrator
      22 September 2014 - pukul 8:02

      sama – sama Gan :D

  • 23 November 2014 - pukul 2:01

    jadi ingin mencobanya….

  • 26 Februari 2015 - pukul 15:24

    ini baru trik yang top markotop

  • 7 Mei 2015 - pukul 12:33

    Susah juga ya cari follower di g+, kalo menggunakan akun pribadi tanpa halaman khusus apakah bisa lebih baik?

    • Administrator
      7 Mei 2015 - pukul 13:39

      Sebenarnya tergantung dari seberapa kita dikenal oleh orang lain. Jadi dengan kata lain menjadi famous ke orang lain, seperti memberikan komentar atau memberikan +1 dan lain sebagainya :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *