Start A Business

25 Alasan Mengapa Seseorang Menunda Menjadi Pengusaha

 
  • 40
    Shares

   

Menjadi pengusaha memang tidak mudah. Terlebih ketika semua harus dimulai dari NOL. Banyak usaha yang benar-benar tidak pernah dilakukan sebelumnya, kini dipaksa mau tidak mau harus dilakukan. Tentu saja untuk mencapai tujuan membangun bisnis yang diinginkan.

Bagi sebagian pengusaha yang benar-benar serius membangun bisnisnya satu atau banyak 2 rintangan dan masalah tidak akan mengurungkan niat dan membuat mereka menyerah. Sebab sensasi menjadi bos di bisnisnya sendiri, dapat mengatur waktunya sendiri dan menciptakan sesuatu dari awal adalah sebuah hal yang sangat menggembirakan. Tapi hanya sedikit orang yang benar-benar melakukan semuanya dengan penuh semangat.

Nah, kini kita coba ulas apa saja alasan bagi banyak orang yang masih menunda niat dan diri mereka untuk menjadi seorang pengusaha.

1. “Saya masih menuggu waktu yang tepat”

Jikalau saja kita semua menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang benar-benar “Sempurna”. Jadi bukan alasan untuk menunda memulai bisnis, sebab sebaik apapun yang direncanakan pasti akan mengalami perbaikan.

2. “Saya menunggu ide yang sempurna”

Jika ide Anda memiliki kelemahan, coba lakukan saja. Sebab kembali lagi, tidak ada hal yang sempurna. Sehingga apapun idenya yang terpenting adalah melakukan realisasi, bukan sekedar menimbang-nimbang.

3. “Saya pasti butuh waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan”

Delayed gratification adalah sifat dari kepribadian manusia yang menyebabkan mereka rela mengorbankan kesenangan jangka pendek untuk mendapatkan kesenangan jangka panjang yang lebih besar. Ini merupakan ciri khas kecerdasan manusia yang sudah diakui oleh seorang fisikawan terkenal dan penulis Michio Kaku. Jika Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi sukses, Anda memahami dan mempraktekkan hal tersebut, Anda tidak akan merasa kesuksesan itu jauh dari genggaman Anda.

4. “Saya sangat menyukai pekerjaan saya saat ini”

Memiliki pekerjaan yang mapan dan mendapatkan gaji yang mapan memang harapan siapa saja. Tapi kita tidak akan pernah tahu apakah bisnis memberikan pengalaman yang mengesankan dan banyak menguntungkan jika kita tidak mencobanya, keluar dari zona nyaman.

5. “Saya tidak menyukai perubahan”

Perubahan memang cukup sulit untuk sebagian orang. Bahkan tidak banyak yang menyukai perubahan di dalam kehidupan mereka, termasuk untuk urusan pekerjaan. Tapi perubahan sangatlah diperlukan agar bisa berkembang lebih besar lagi.

6. “Saya takut gagal”

Takut gagal? Tidak ada orang yang tidak memiliki ketakutan akan hal ini. Tapi hanya orang yang bernyali kecil yang dengan mudah menyerah sekalipun dia takut gagal. Resiko memang akan ada di dalam hidup kita. Tapi resiko bukanlah untuk dihindari tapi untuk membuat kita menjadi orang yang lebih baik lagi.

7. “Aku takut membuat kesalahan”

Jika Anda takut berbuat kesalahan setelah melakukan usaha, cobalah untuk berhenti mengkahwatirkan itu. Tentu saja kita akan melakukan kesalahan, mungkin sampai tidak terhitung lagi jumlahnya. Tapi menjadi orang yang sukses bukan tentang seberapa banyak kesalahan yang dibuat, tapi seberapa besar usaha kita untuk memperbaikinya.

8. “Ini sangat sulit ketika saya harus mempelajari semuanya”

Terkadang Anda butuh sedikit usaha ekstra untuk mengembangkan diri dan mencapai tujuan besar Anda.

9. “Saya tidak ingin kehilangan uang saya”

Bagi banyak pengusaha mengalami kerugian secara finansial adalah hal yang tidak ingin mereka alami. Tapi bagaimanapun ini tidak bisa dihindari. Ada banyak jalan agar Anda tidak kehilangan banyak uang untuk modal bisnis Anda.

10. “Saya tidak tahu siapa saja yang akan membantu saya”

Menjadi pengusaha akan membuka peluang Anda mendapatkan banyak kenalan baru, relasi baru dan bahkan pelanggan baru. Dari relasi ini Anda akan mudah menemukan orang yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis.

11. “Saya takut berada pada lingkungan yang tidak mendukung”

Jika Anda tahu hal UTAMA menjadi pegusaha adalah mereka memiliki kebebasan yang tidak terbatas, termasuk masuk dalam sebuah lingkungan. Tapi tentu saja Anda harus bisa memilih lingkungan yang baik dan sesuai dengan diri Anda.

12. “Saya tidak memiliki semua yang diperlukan”

Tidak ada pengusaha yang langsung memiliki segalanya di awal mereka berkarir. Mereka merintis sejak awal dan pada awalnya memang tidak memiliki apa-apa. Tapi ketika dedikasi besar ada di dalam jiwa pengusaha ini, maka apapun yang diusahakan jelas akan lebih mudah tercapai.

13. “Wirausaha itu seperti bermain lotere”

Anda mungkin tidak bisa hanya menjadi kaya begitu saja, tapi Anda juga tidak akan menemukan peluang jika Anda tidak bekerja keras dan cerdas. Serta mempertahankan keinginan untuk bisa sukses.

14. “Saya tidak punya banyak waktu”

Butuh waktu yang banyak untuk memulai bisnis, tapi jika Anda serius dalam menjalankannya, Anda tentu akan berkomitmen untuk menjalankan usaha bisnis ini.

15. “Saya tidak bisa dibandingkan dengan pengusaha besar lainnya”

Ciut nyali dan merasa minder dengan pengusaha yang sudah memiliki nama memang kadang membuat kita mudah mundur. Tapi Anda tidak harus mengikuti gaya mereka dalam menjalankan kehidupan. Anda hanya harus bekerja keras dan bersemangat dalam menjalankan bisnis.

16. “Saya bukan pemimpin yang baik”

Menjadi seorang pemimpin besar tidak bisa Anda dapatkan dalam 1 waktu. Anda hanya harus menjalaninya dari waktu ke waktu dengan usaha sebaik mungkin.

17. “Saya tidak suka bekerja dengan orang lain”

Anda tentu akan memilih siapa saja yang akan bekerja dengan Anda, sehingga Anda bisa membangun tim yang solid dan sesuai ideal Anda.

18. “Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan”

Jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, dan kemana Anda harus melangkah, cobalah tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa belajar dari seminar-seminar bisnis seperti Diskusitokoonline, dan lainnya. Anda bisa ikut komunitas dan menanyakan apapun yang ingin Anda tanyakan kepada mereka seputar bisnis Anda.

19. “Memulai bisnis membutuhkan banyak uang”

Hal yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri. Tapi jika Anda tahu bagaimana meminimalisir dan mengatur keuangan dengan baik. Kesulitan keuangan tidak akan menghampiri Anda.

20. “Saya takut menjalani kehidupan yang keras”

Menjadi wirausaha memang tidak mudah, tapi hal yang mudah juga tidak selalu baik. Biasanya jalan yang tepat akan sulit kita temukan, dan itu membutuhkan usaha yang besar.

21.  “Saya membutuhkan pendidikan formal yang tinggi”

Siapa bilang, kini anak muda bahkan anak yang masih berstatus sebagai siswa pun bisa menjadi pengusaha dan memiliki penghasilan lebih banyak dari orang yang bekerja kantoran. Karena usaha dan keuletan mengembangkan peluang, siapapun bisa menjadi orang sukses, termasuk Anda.

22. “Saya membutuhkan persetujuan dari orang lain”

Jika banyak orang yang menentang Anda mendirikan bisnis, itu artinya Anda berada di dalam lingkungan yang baik. Sebab kritik mereka bisa menjadi motivasi yang membangun Anda untuk bisa menjalankan dan mewujudkan impian menjadi pengusaha yang sukses.

23. “Saya perlu banyak hal untuk memulai”

Anda mungkin tidak memiliki segalanya, tapi Anda bisa melakukan sesuatu dari yang pernah Anda lakukan dan Anda miliki.

24. “Jika saya gagal, saya akan hancur”

Sesuatu itu tidak akan lebih buruk dari yang Anda bayangkan. Dan sesuatu yang Anda harapkan kadang juga tidak sebaik yang Anda inginkan.

25. “Saya sudah cukup terlambat”

Siapa bilang? menjalankan usaha di usia muda memang sangat baik, tapi di usia yang sudah menginjak kepala 4 ataupun 5 pun bukanlah halangan untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Anda hanya harus bersemangat ketika memulainya.

Nah, kini apa lagi alasan untuk menunda dan membuang banyak waktu untuk menjadi seorang pengusaha? Bahkan jika Anda ragu atas cara yang ingin Anda lakukan, Anda bisa belajar dari ahlinya.

Coba saja datang ke acara Pesta Wirausaha yang diadakan oleh TDA Surabaya pada tanggal 22 November besok. Akan banyak pebisnis dan pengusaha yang membagi semua ilmu dan pengalamannya kepada Anda. Pengusaha yang baru merintis bisnisnya, termasuk Anda.

Bagaimana memulai usaha dari 0 hingga

Anda bisa melihat informasi lebih lengkapnya di halaman berikut ini. :)


  • 40
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *