Running A Business

3 Cara Mendapatkan Feedback Secara Online

 

Loading...

Memahami apa yang pelanggan Anda pikirkan tentang produk atau layanan Anda, tidak hanya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan. Namun lebih dari itu, kita bisa mendapatkan insight tentang produk baru yang ingin kita keluarkan. Sehingga kita bisa membuat variasi produk atau layanan baru sesuai apa yang diinginkan oleh costumer kita. Dari sisi costumer sendiri, mereka akan merasa spesial karena bisa berkomunikasi dengan Anda & keinginan mereka didengarkan. Nah, saya akan berbagi sedikit tips untuk mendapatkan feedback dari pelanggan secara online. :)

1. Melakukan survey online

Apabila Anda memiliki database email dari customer Anda, maka bisa Anda gunakan untuk mempercepat mendapatkan banyak feedback dalam waktu yang singkat. Setelah survey telah Anda buat, maka langkah selanjutnya adalah membuat suatu proposal yang menarik supaya customer Anda mau untuk berpartisipasi dalam survey berikut. Salah satu contohnya memberikan insentif atau souvenir sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi.

Serta apabila Anda memiliki newsletter pada website Anda yang berjalan dengan baik, maka Anda bisa menyertakan survey pada newsletter Anda tersebut.

2. Membuat komunitas atau forum online untuk customer

Beberapa bisnis berkembang karena data feedback yang telah masuk. Namun ada beberapa bisnis yang berkembang berdasarkan pengalaman & input langsung dari customer. Salah satu cara untuk merasakan pengalaman costumer adalah berbagi dengan mereka dalam satu forum.

3. Meminta feedback pada sosial media

Sosial media merupakan media yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menggali feedback dari customer Anda. Berdasarkan data riset dari salah satu lembaga di US, 60% aktivitas internet adalah sosial media.

Salah satu pemanfaatan sosial media untuk mendapatkan feedback seperti gambar di atas, dimana Velveeta akan mengeluarkan produk dengan rasa baru. Hasil feedback itu sendiri digunakan oleh Velveeta untuk menentukan produk baru mereka.

Nah mungkin dari pembaca mebiso, ada tips untuk mendapatkan feedback dengan cara lain yang lebih efektif? Silakan share disini :)

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *