Leadership

3 Cara Menghindari Gangguan Saat Bekerja untuk Menjadi Lebih Produktif

 

   

Setiap pekerjaan akan memiliki tingkat konsentrasi, fokus dan waktu produktif yang berbeda – beda. Kebanyakan perusahaan akan mengatur waktu produktif karyawan mereka dalam satu hari yaitu sekitar 8 – 9 jam perharinya. Ini sudah menjadi hal yang pasti diberikan oleh perusahaan. Namun pada kenyataannya, tidak semua perusahaan atau karyawan akan menggunakan waktu 8 – 9 jam ini untuk bekerja dengan lebih produktif. Dan ini buruk, karena waktu yang sedikit tanpa kita sadari terkadang menguras pemikiran kita untuk pekerjaan yang rumit. Oleh sebab itu ada banyak yang bekerja sampai diluar waktu produktif mereka. Terkesan sulit memang ketika waktu produktif kita terganggu karena suatu gangguan. Namun disini kami akan membagikan tips bagaimana menghindari setiap gangguan agar kita bisa bekerja dengan lebih produktif.

1. Hindari yang tidak perlu

Ini sangat penting dan tentu saja sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, gangguan seperti internet, smartphone, sosial media dan lain sebagainya merupakan sebuah kebutuhan bagi beberapa orang. Atau bisa saja tanpa itu semua, mereka tidak bisa bekerja seperti biasanya. Namun bagi beberapa orang lainnya yang hanya bekerja dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi tentu itu tidak terlalu penting. Namun godaan ini sangat sulit untuk dihindari. Mereka harus mampu menghindari setiap godaan yang ada, untuk bisa melakukan pekerjaan dengan lebih produktif. Jika memang waktu yang sebenarnya bisa untuk bekerja, maka sebaiknya dimanfaatkan dengan tidak menoleh pada gangguan tersebut. Karena bagaimanapun yang bisa menghindari gangguan itu adalah diri kita sendiri.

2. Mengidentifikasi mana dan kapan waktu yang paling produktif

Kita terkadang tidak sadar waktu produktif yang diberikan oleh perusahaan tidak kita gunakan dengan baik. Waktu itu malah kita sia – siakan dengan melakukan banyak hal yang tidak penting. Dan kita akan menggunakan waktu istirahat kita untuk mengganti waktu produktif tersebut. Ini akan menjadi buruk saat sudah menjadi kebiasaan Anda. Kita harus tahu kapan dan mana waktu yang menjadi fokus terbaik kita. Agar hal ini bisa membantu kita dalam menjadwal setiap pekerjaan dan bekerja dengan lebih produktif lagi. Kita juga harus mengalokasikan setiap tugas penting, mendesak ataupun yang datangnya secara tiba – tiba. Ini dilakukan agar kita tidak merasa kehilangan konsentrasi saat sudah mulai mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Coba untuk konsisten

Jika kita memang sudah berkomitmen untuk konsisten dengan setiap jadwal yang kita buat, maka lakukanlah itu. Jangan biarkan apapun yang menghalangi Anda, menghancurkan waktu terbaik Anda untuk bekerja. Produktifitas Anda diuji saat Anda sudah mulai merasa goyah dan lupa dengan konsistensi yang Anda bangun sendiri. Buatlah jadwal pekerjaan yang jelas untuk setiap tugas yang selalu Anda kerjakan setiap hari, seperti membalas email, menghubungi klien, dan lain sebagainya. Alokasikan waktu Anda untuk bisa konsisten mengerjakan pekerjaan itu. Untuk tugas lainnya yang bisa saja datang mendadak bisa Anda gunakan beberapa waktu yang tersisa atau bisa masuk ke dalam jadwal lainnya, namun dengan konsekuensi waktu Anda akan sedikit bertambah. Namun ini akan membantu Anda untuk lebih produktif.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

4 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tepat Waktu

[Infografis] Waktu Terbaik dan Terburuk Mengirim Email Marketing

8 Tips untuk Mendapatkan Waktu Tidur yang Berkualitas


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *