Tips Bisnis

Belajar Bisnis dari 3 Founder Startup Inspiratif ini

 
  • 1
    Share

Loading...

Menjadi kaya semuda mungkin saat ini menjadi impian setiap anak muda jaman sekarang. Kamu bisa belajar dari para founder startup untuk mencapai impian tersebut.

Namun, menjadi sukses di usia yang terbilang cukup mudah bukan hal yang mudah. Kegagalan demi kegagalan harus kita lalu untuk mencapai kesuksesan.

Tapi bukan berarti hal yang tidak mungkin untuk menjadi pengusaha sukses di usia mudah. Ada beberapa pengusaha sukses yang umurnya masih di bawah 40 tahun. Mereka sukses mengembangkan bisnisnya sehingga memiliki kekayaan yang cukup banyak di rentan usia mereka.

Kali ini mebiso akan memberikan lima daftar nama pengusaha startup teknologi yang bisa kamu jadikan panutan dalam dunia bisnis.

Nadiem Makarim

Nadiem adalah pendiri dari startup karya anak bangsa yaitu Gojek. Nadhiem saat ini menjabat sebagai Chief Executive dari perusahaan transportasi Gojek. Dia membangun Gojek mulai dari nol, hanya dengan beberapa armada saja di tahun 2011.

Pemuda 34 tahun ini merupakan lulusan sarjanan dari Brown University dan magister bisnis dari Harvard University. Sebelum mendirikan Gojek Nadiem sempat bekerja di konsultan bisnis terkenal, McKinsey, lalu kemudian mendirikan marketplace fashion Zalora dan bergabung dengan kartuku.

Pada tahu 2014 Nadiem mulai kembali untuk fokus mengembangkan Gojek yang waktu sudah mendapatkan pendanaan dari investor. Hingga akhirnya kerja keras Nadiem tidak sia-sia untuk menjadikan Gojek sebagai startup Indonesia pertama yang memiliki valusi bisnis lebih dari 1 miliar dolar pada tahun 2016.

Ahmad Zaky

Selanjutnya ada Ahmad Zaky, pemuda berusia 32 tahun kelahiran Sregan Jawa Tengah ini berhasil sukses membangun salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak. Zaky memulai bisnis semenjak di bangku perkuliahan.

Bisnis Zaky ketika kuliah adalah membuka warung mie ayam yang dia dirikan menggunakan uang hasil jerih payahnya mengikut berbagai perlombaan semasa kuliah. Setelah itu zaky mulai merintis lagi bisnis dibidang pembuatan berbagai software teknologi.

Pada 2010, Zaky mulai mendirikan bukalapak sebagai marketplace yang membantu para pebisnis UMKM untuk menjual produknya melalui platform jual beli online. Mimpi Zaky adalah untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM Indonesia.

Dan kini impian Zaky terwujud. Sebagai Startup Founder Zaky sukses membuat Bukalapak menjadi perusahaan dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar dan juga telah membantu lebih dari 2,2 juta pelapak di Indonesia untuk dapat memperluas pasar online mereka melalui Bukalapak.

William Tanuwijaya

Terakhir adalah William Tanuwijaya. Pemuda berusia 37 tahun kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara merupakan pendiri sekaligus Chier Executive sekaligus startup founder dari perusahaan teknologi di Indonesia yaitu Tokopedia.

Sama seperti Bukalapak, Tokopedia adalah salah online marketplace terbesar di Indonesia. Meyediakan berbagai jenis produk elektronik maupun kebutuhan lainnya melaui platformnya. Tokepedia juga menjual barang produk lokal dengan mengajak UMKM berjualan melalui platformnya.

William yang mengawali karirnya dengan bekerja di berbagai perusahaan teknologi kini telah sukses membangun Tokopedia hingga menjadi salah satu unicorn, dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar. Perusahaannya yang dia dirikan di tahun 2007 kini telah memiliki 3,7 juta UMKM yang telah bergabung dengan Tokopedia.


Ketiga tadi adalah pendiri startup yang bisa kalian jadikan panutan. Mereka semua memulai dari bawah hingga sukses besar saat ini. Kerja keras mereka yang patut kita teladani dalam berjuang mengembangkan bisnis.

Baca Juga Artikel Menarik ini

4 Ide bisnis untuk Tren Gaya Hidup Sehat

Empat Cara Mengatur Keuangan untuk Millennial

5 Ciri Orang Super Produktif

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *