Technology Tips Bisnis

3 Hal Penting Restoran Wajib Menggunakan Points of Sales untuk Meningkatkan Penjualan

 

   

3 Hal Penting Restoran Wajib Menggunakan Points of Sales untuk Meningkatkan Penjualan – Teknologi sudah menjadi bagian penting untuk para pelaku bisnis dalam menjalani bisnisnya. Teknologi memang terbukti memberikan dampak banyak terhadap bisnis. Ada banyak teknologi penunjang bisnis. Kita ambil satu topik dalam tulisan ini yaitu membahas teknologi POS atau point of sales. Banyak orang mengenalnya sebagai aplikasi kasir online. Restoran, toko sepatu, supermarket, dan bahkan kedai kecil seukuran grobak sudah memakai sistem point of sales canggih. Saat ini sudah banyak bermunculan startup penyedia sistem point of sales di Indonesia. Fitur dan harga pun juga beragam.

Ada banyak alasan memang bagi pemilik restoran untuk menerapkan POS pada bisnisnya. Artikel ini akan membahasnya dalam tiga poin saja. Agar pembaca lebih mudah mengetahui alasan besar penggunaan POS, baca hingga akhir 3 Hal Penting Restoran Wajib Menggunakan Points of Sales untuk Meningkatkan Penjualan:

1. Mempercepat Informasi

Jika anda berada di restoran yang sudah menggunakan aplikasi POS. Sudah tidak ada lagi teriakan kasir dengan bagian dapur. Semua informasi pesanan di kasir langsung muncul dengan cepat melalui layar di bagian dapur. Proses pembuatan pun bisa cepat. Kasir pun dimudahkan juga dengan sistem update stok makanan langsung melalui aplikasi. Bagian dapur pun akan dengan mudah mengetahui update bahan baku di gudang. Untuk pelanggan akan dengan mudah informasi pesanan dan total pembelian. Bahkan pelanggan bisa meminta struk pemabayarannya melalui email. Proses bisnis akan menjadi lebih efektif.

2. Mengumpulkan Data lebih cepat

Data tentang produk jumlah makanan, nama pemesan, stok tersedia, dan hal apapun tentang restoran dapat dengan mudah tercatat. Data yang tersedia bisa diakses realtime dalam waktu singkat. Sudah tidak lagi melakukan rekap data. Hambatan sudah jarang ditemui saat pengumpulan data. Semua data bisa dalam satu dokumen. Umumnya ada pada dashboard yang dapat di akses oleh pihak manajemen dan owner restoran. Setiap transaksi dalam kasir tercatat di sistem pos. Pun juga dengan semua kegiatan yang mempengaruhi stok. POS akan merekam semua kegiatan yang berkaitan dengan penjualan. Bisnis akan menjadi sangat efisien dan menghemat banyak pengeluaran.

3. POS untuk growth

Sebenarnya ada banyak cara untuk menumbuhkan bisnis kita. Komponen utama untuk bertumbuh adalah data. Melalui POS yang canggih kita bisa memperoleh data dengan mudah. Banyak data yang bisa gali melalui POS. Salah satu contoh data transkasi restoran. Kita bisa mengetahui semua jumlah orderan kita selama periode terntentu. Kita bisa melihat produk yang laris dan produk yang jarang diminati dalam 6 bulan. Data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menentukan produk unggulan untuk bertumbuh. Restoran juga bisa mengeleminasi produk yang penjualan minim dan menggantinya dengan produk baru.

 

Itulah tiga alasan utama kenapa restoran mengunakan teknologi point of sales dalam proses bisnisnya. Untuk melanjutkan eksistensinya memang bisnis harus di dukung dengan teknologi untuk keberlangsungan bisnisnya. Restoran dapat memilih sesuai kebutuhan dan budgetnya. Perlu diingat bagi restoran bahwa POS merupakan bagian dari teknologi untuk tumbuh.

 

Baca artikel menarik lainnya:

4 Cara Dapat Uang Dari Internet Untuk Pemula. Potensi Penghasilan Puluhan Hingga…

4 Langkah Memulai Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Bisnis Modal Kecil Untung Besar Dalam 4 Langkah. Nomor 3 Paling Diminati!

                           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *