Leadership

3 Hal yang Harus Dipelajari dalam Membangun Tim yang Solid

 
  • 32
    Shares

   

Membangun sebuah tim yang solid tentu tidak mudah. Menyatukan banyak hati, pikiran dan tenaga dalam menyelesaikan pekerjaan yang sama memang tidak selalu mudah. Karena dalam sebuah tim terdapat banyak jenis dan tipe orang yang berbeda. Namun inilah yang menjadi seni dari sebuah hubungan tim yang solid. Kemampuan dari masing – masing anggota dan juga pemimpin tim untuk dapat menyatukan perbedaan adalah yang harus dimiliki dan dilakukan. Itu sebabnya baik pemimpin ataupun anggota tim harus tahu apa saja yang harus mereka pelajari dan lakukan, untuk membangun sebuah tim yang solid. Dan berikut ini adalah 3 diantaranya:

1. Gaya komunikasi

Kita tentu saja sudah tahu bahwa setiap orang memiliki gaya komunikasi mereka masing – masing. Perbedaan ini yang kadang membuat penyampaian informasi sering tidak selesai dengan baik. Namun tim yang solid harus mampu saling mengerti bagaimana gaya komunikasi antar anggota tim. Ini juga dikhususkan untuk pemimpin dari sebuah tim. Mereka harus tahu dan paham bagaimana gaya komunikasi dari setiap anggota tim. Tujuannya adalah untuk memudahkan menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama baik dalam diskusi ataupun praktek kerja.

2. Tipe kepribadian untuk membagi peran

Selain komunikasi, masing – masing orang juga memiliki kelebihannya sendiri, salah satunya yaitu memiliki tipe kepribadian yang berbeda satu sama lainnya. Tipe kepribadian ini yang bisa membuat satu tim menjadi solid atau tidak. Kemampuan masing – masing orang untuk mengerti bagaimana kepribadian mereka dan teman mereka juga akan membantu kelancaran komunikasi dalam tim. Sebagai ketua atau pemimpin, Anda juga harus bisa mengetahui bagaimana tipe kepribadian dari masing – masing karyawan atau anggota tim Anda. Jika sudah Anda mengetahui tipe kepribadian setiap anggota tim, Anda bisa membagi mereka dalam peran yang bisa membuat mereka berkembang dalam pekerjaan yang mereka lakukan.

3. Keseimbangan antara tugas dan kesenangan

Tim bukan hanya sekedar mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan secara bersama – sama, memikul beban dan saling berbagi tugas. Tapi tim juga tempat bagaimana setiap orang dapat berbagi kebahagiaan dan kesenangan dengan yang lain. Dalam satu tim kerja, perlu adanya keseimbangan antara tugas dengan kesenangan yang didapatkan oleh masing – masing anggota tim. Mereka harus saling mengerti bagaimana menciptakan suasana yang harmonis dan menyenangkan dalam komunikasi tim yang solid. Ini akan membantu setiap tim dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada dan mengatasi setiap permasalahan yang muncul di dalam sebuah tim. Antar anggota tim harus saling memberikan dukungan kepada yang lain, supaya bisa saling membantu dalam menyelesaikan tugas.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

4 Faktor Sukses Tim Kerja ala Dimas Aryo

10 Aplikasi untuk Manajemen Proyek Tim Anda (Bagian I)

10 Alasan Kenapa Anda Harus Membuat Penilaian Prestasi Kerja Karyawan


  • 32
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 26 June 2014 - pukul 16:42

    Bener banget, kadang2 dalam sebuah tim itu ada yang asyik sendiri dengan prestasi yg diperolehnya di hadapan bos. Kasihan pihak lain di dalam tim yang masih memerlukan bimbingan atau arahan untuk bisa sama2 meraih keberhasilan, kan teamwork iya nggak?

    • Administrator
      26 June 2014 - pukul 17:08

      Benar Pak. Yang namanya tim harus bisa merancang, melaksanakan dan meraih sukses bersama :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *