Video & Infographic

3 Kesalahan Umum dalam Membuat Infografis

 

   

Infografis adalah salah satu media yang digunakan untuk menciptakan sebuah konten yang berbeda dari biasanya. Biasanya untuk membuat infografis kita membutuhkan bantuan dari para desainer untuk mendapatkan ide dan menciptakan desain yang unik dan menarik. Namun dari segi konsep infografis sendiri adalah untuk lebih memudahkan penulis dalam mengkomunikasikan materi konten mereka dengan tampilan yang berbeda. Namun saat membuat infografis, terkadang para desainer melakukan kesalahan – kesalahan yang tidak mereka sadari. Kesalahan umum ini dapat mempengaruhi minat pembaca dalam menyelesaikan infografis yang mereka baca. Lalu apa saja itu?

1. Terlalu bertele – tele

Semua pasti tahu tujuan dari membuat sebuah infografis adalah menciptakan sebuah tampilan konten yang berbeda daripada hanya sekedar tulisan seperti biasanya. Banyak orang atau pembaca yang lebih menyukai belajar secara visual dengan melihat gambar dan membaca sedikit informasinya. Tentu saja disini teks tidak terlalu mendominasi dalam penjelasan suatu materi. Itu sebabnya infografis yang kita temui dibuat sesimple namun jelas. Sebuah infografis tidak bisa dibuat dengan penggunaan atau penjelasan text yang panjang dan bahkan membuat kesan bukan infografis lagi. Cobalah untuk mencari tahu bagaimana infografis yang banyak dibuat dan menarik perhatian banyak orang.

2. Tidak ada merek

Sebuah infografis bukan hanya dijadikan media untuk membagi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Terkadang infografis digunakan sebagai media branding atau promosi bagi sebagian bisnis yang memiliki media untuk mempromosikannya. Jika memang itu tujuannya, maka jangan lupa untuk mencantumkan merek atau logo bisnis dalam setiap pembuatan infografis. Memasukkan logo ini juga harus dibuat lebih ramah dari yang seharusnya. Tujuannya agar tidak menciptakan kesan promosi terlalu jelas kepada pembaca.

3. Terlalu panjang

Sekalipun Infografis yang Anda buat tidak berisi banyak kata – kata, tapi bukan berarti Anda bisa membuat infografis yang panjang dengan isi berbagai macam gambar atau desain bentuk yang Anda inginkan. Sebuah infografis tidak selamanya harus dibuat panjang dan menjelaskan keseluruhan dari isi konten Anda. Jika Anda membuat infografis terlalu panjang, itu akan membuat pembaca malas melanjutkannya. Karena itu terkesan tidak simple dan sulit dimengerti. Sedangkan tujuan dari infografis sendiri dibuat untuk lebih memudahkan pembaca dalam mengerti apa yang konten tersebut maksudkan.

Dan berikut adalah contoh infografis yang kami miliki

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Membuat Konten Anda Semakin Sering Dishare

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

5 Kesalahan yang Sering Terjadi pada Branding Bisnis Kecil

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *