Running A Business

3 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Persuasif untuk Marketing Bisnis Anda

 

   

Dalam berbisnis, anda harus memiliki kemampuan meyakinkan klien atau pelanggan terhadap produk yang anda jual. Anda harus memiliki kemampuan atau keahlian dalam mengajak calon pembeli anda. Hal ini sangat dibutuhkan terutama bagi tim sales dan marketing. Mereka bukan hanya harus mampu berkomunikasi dengan baik, namun juga harus mampu mengajak atau membujuk calon pembeli. Berikut ini adalah langkah untuk melatih kemampuan persuasif anda :

1. Jelaskan manfaat produk atau jasa anda secara langsung

Kebanyakan klien atau pelanggan menginginkan hasil atau manfaat yang nyata dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, anda harus mampu menjelaskan apa yang mereka butuhkan secara langsung. Anda harus memperkuat penjelasan mengenail hasil dan manfaat produk atau jasa tersebut. Anda bisa mulai menjelaskan kapan pelanggan mampu melihat hasil atau manfaat dari produk atau jasa anda. Namun perlu diingat, anda tidak boleh berbohong mengenail hal ini. Karena ini menyangkut kepercayaan pelanggan terhadap anda.

2. Anda perlu membuka diri

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi dengan pelanggan adalah membangun sebuah kedekatan anda terhadap pelanggan. Anda bisa memasukkan beberapa unsur pribadi dalam obrolan anda ketika menawarkan barang atau jasa. Hal ini sangat penting, karena dengan begitu kedekatan anda dengan pelanggan akan dengan mudah terbentuk. Hal ini juga dilakukan dengan maksud menarik minat pelanggan dan menghadirkan simpati. Anda juga bisa menanyakan hal – hal yang masih tidak terlalu pribadi, seperti jumlah putra atau putri, dan bisa juga menanyakan tempat kerja pelanggan anda.

3. Jangan terlalu fokus pada produk atau jasa yang anda tawarkan

Dalam berbisnis, anda pasti menginginkan pelanggan atau calon pelanggan anda tertarik dengan barang atau jasa yang anda tawarkan. Namun jangan terlalu fokus terhadap hal tersebut. Jika anda terlalu fokus mengemas produk atau jasa anda agar menarik dimata anda, perhatian anda terhadap kebutuhan calon pelanggan malah akan terpecah. Cari tahu sedikit mengenai latar belakang calon pelanggan anda. Hal ini akan membuka wawasan anda mengenai kebutuhan pelanggan anda, sehingga mampu menyesuaikan dengan promosi anda nantinya.

Untuk bisa memiliki kemampuan persuasi yang baik tentulah perlu banyak latihan. Bukan hanya kemampuan penyampaian informasi yang harus baik, namun juga harus memiliki kemampuan meyakinkan pelanggan terhadap ajakan anda. Terus latih kemampuan berbisnis anda yang salah satunya yaitu kemampuan persuasi anda. :-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *