Start A Business

3 Langkah Memahami Cara Kerja Formula Ajaib SEO

 

   

Bagaimana sebenarnya cara kerja formula ajaib SEO ya? – Banyak yang bertanya seperti itu ketika mengetahui websitenya tidak masuk dalam jajaran website teratas rekomendasi Google atau mesin pencari lainnya. Apa yang membedakan? Jawabannya pasti adalah search engine optimization yang digunakan di website tersebut.

SEO bukan mantra ajaib. Bukan juga ilmu mistis yang digunakan untuk meningkatkan popularitas website. SEO lebih dari sekedar omong kosong itu. SEO adalah soal proses, konsistensi dan sesuatu yang dapat diukur dengan mudah. Hanya saja, sudahkah kita mengetahui dengan benar sistem kerja SEO? Yuk intip 3 hal berikut ini…

 

  1. SEO bekerja berdasarkan algoritma mesin pencari

Tidak banyak yang mengerti matematika rumit yang digunakan mesin pencari seperti Google, Bing, ataupun Yahoo. Matematika rumit ini atau yang sering disebut algoritma memang menentukan banyak hal, salah satunya adalah perihal website yang menduduki peringkat teratas pencarian di mesin pencari tersebut. Di Google, Lary Page salah satu pendiri Google menamakan algoritma yang mereka gunakan dengan nama PageRank (PR). Sistem algoritma ini bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas dari sebuah website dengan tingkatan seberapa penting website tersebut. Google sendiri sampai hari ini terus secara berkala memperbaharui algoritma yang mereka gunakan. SEO wajib mengikuti perkembangan sistem algoritma yang digunakan mesin pencari.

 

  1. SEO bekerja dengan data yang telah ada

Apakah SEO menggunakan data baru? Apakah SEO menciptakan keunikannya sendiri? Atau justru SEO adalah sistem optimasi yang bekerja dengan data yang sudah ada sebelumnya? Di Google, semua data telah tertata rapi dengan web crawling. Sistem ini digunakan untuk menyimpan milyaran data yang telah dipublikasikan via internet. Jika Anda ingin mendapatkan tempat di halaman terdepan Google, maka Anda harus mencuri ‘perhatian’ mesin pencari ini. Bagaimana caranya? Gunakan data yang sudah ada. Perbanyak penggunaan kata atau kalimat yang sering dicari oleh user mesin pencari tersebut. Anda harus memahami bahwa slogan ‘user first’ adalah kebenaran. SEO yang handal akan menggunakan data yang sudah ada dan yang sedang populer untuk menarik perhatian. Salah satu trik yang biasanya digunakan adalah dengan membangun fan base yang sesuai dengan SEO yang digunakan. Jika Anda berencana menggunakan jasa ahli SEO, mintalah pada mereka untuk membuat studi kasus proyek dan riset terlebih dahulu. Tanyakan juga mengenai cara mereka mengukur efektivitas optimisasi website.

 

  1. SEO adalah jawaban 

SEO memiliki dua fungsi utama, yaitu crawling & indexing dan menyediakan jawaban. Setelah berhasil mengkategorikan milyaran data yang sudah ada di internet, SEO wajib menyediakan jawaban dari apa yang kira-kira akan dicari oleh user mesin pencari tersebut. Menurut moz.com, search engines adalah mesin pencari jawaban. Sehingga, jika user ingin bertanya mengenai sesuatu hal melalui mesin pencari, maka mereka mudah menemukan solusi melalui SEO yang sudah disusun sedemikian rupa. Kunci dari suksesnya pengerjaan SEO adalah relevansi dan popularitas jawaban.

 

Memahami cara kerja SEO akan mempermudah Anda untuk mengembangkan website yamg Anda miliki agar menjadi populer. Selain itu, memahami cara kerja SEO ini akan memperkecil kemungkinan Anda untuk ditipu. Jika Anda ingin menyewa jasa ahli SEO, mintalah review terhadap tiga hal diatas. Ingat juga untuk membiarkan website Anda berkembang dengan cara yang organik. Sabar dan tetap konsisten. Selamat mencoba :)

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

3 Menit Belajar SEO Online

3 Menit Memahami Apa Itu SEO

5 Cara Mengalahkan Pesaing Bisnis Lewat Optimasi SEO

 


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *