Tips Bisnis

3 Strategi Komunikasi dengan Customer di Era Pandemi

 

Loading...

Strategi Komunikasi dengan Customer di Era Pandemi – Pandemi telah mengubah banyak hal di perikehidupan, termasuk juga bagaimana kita menjalankan usaha.

Banyak strategi usaha yang perlu beradaptasi dengan situasi terkini, termasuk bagaimana kita berkomunikasi dengan customer. Lantas, seperti apa strategi komunikasi yang bisa kita terapkan? Mari simak ulasannya dalam artikel berikut!

Berbagai strategi komunikasi dengan customer di era pandemi yang bisa diterapkan

1. Berinteraksi lewat media sosial

Media sosial memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Tak hanya praktis digunakan untuk sarana mempromosikan bisnis, media sosial juga praktis untuk berkomunikasi dengan para customer. Lebih dari separuh total warga Indonesia menggunakan media sosial. 

Banyak bentuk penggunaan media sosial yang bisa Anda terapkan. Hal ini dikarenakan media sosial dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin interaksi. Umumkan customer segala update bisnis selama pandemi terutama yang berkaitan dengan kebutuhan mereka, misalnya saja perubahan layanan atau penawaran produk terbaru.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membuat konten informatif terkait pencegahan Covid 19. Eits, pastikan bahwa informasi yang terdapat dalam konten adalah informasi valid dan terpercaya, ya!

2. Buat update lewat website

Jika Anda memiliki website khusus untuk bisnis, Anda juga bisa menggunakannya untuk memaksimalkan komunikasi dengan customer. Sama halnya dengan media sosial, Anda dapat menaruh segala perubahan informasi di website, misalnya dengan membuat banner baru.

3. Mengirimkan email marketing

Cara lainnya untuk berkomunikasi dengan customer adalah melalui email marketing. Yap, Anda mengirimkan surat elektronik kepada customer terkait informasi-informasi baru seputar bisnis. Tentunya, Anda perlu mengumpulkan kontak email customer terlebih dahulu.

Mengirimkan email marketing kini bisa dilakukan lebih mudah, lho. Anda dapat menggunakan bantuan tools khusus untuk email marketing.

Etika berkomunikasi dengan customer di kala pandemi

Selain menyusun strategi ampuh, kita juga perlu memperhatikan etika ketika berkomunikasi dengan customer. Alangkah lebih baik jika kita dapat melakukan sesuatu untuk menguatkan satu sama lain, serta menghindari hal kebalikannya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat berkomunikasi dengan customer.

Jaga rasa hormat dan empati

Pandemi adalah masa yang sulit bagi banyak pihak. Banyak orang yang berduka karena mendapatkan situasi berat. Oleh karenanya, penting sekali untuk selalu menunjukkan rasa hormat dan empati. Be kind or say nothing at all.

Berhati-hatilah ketika membuat candaan

Selain menjaga rasa hormat dan empati, Anda juga perlu super hati-hari ketika membuat konten atau pertanyaan yang mengandung unsur candaan. Bijaklah dalam bercanda. Jangan sampai candaan yang sejatinya diperuntukkan untuk menghibur orang-orang malah menyakiti pihak tertentu.

Jadilah jujur

Banyak usaha yang terdampak pandemi. Situasi pun tak lagi sama, banyak usaha yang jadi terhambat dalam melayani customer. Tak jarang, perubahan mekanisme pun dilakukan. 

Beri tahu customer setiap ada update terkait usaha, khususnya yang berkaitan dengan mereka. Sampaikan dengan jujur bagaimana situasi yang tengah dihadapi. 

Misalnya saja, proses produksi Anda terhambat akibat sulit mendapatkan pasokan bahan baku. Mintalah customer untuk bersabar hingga proses produksi dapat berjalan kembali, sembari Anda menyusun strategi untuk mengatasinya.

Simak berbagai informasi menarik lainnya seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *