Running A Business

3 Tips Menulis Judul (Headline) yang Menjual

 

Headline sangat berpengaruh dengan tingkat ketertarikan pemirsa. Anda akan membutuhkannya ketika membuat judul artikel, thread Kaskus, status Facebook, tweet Twitter, subject email dan lain lain. Headline yang bagus mengacu pada 3 hal, yaitu “target market yang tepat, menunjukkan keuntungan, dan menciptakan ketertarikan”. Sekarang kita bahas satu per-satu secara terperinci.

Mengidentifikasi target market yang tepat

Pertama tama, Anda harus menentukan target market Anda sebelum membuat Headline. Buat Headline Anda seakan – akan langsung bicara kepada target market Anda. Semisalnya Anda menargetkan kepada ibu – ibu yang kesal karena mencuci pakaian membuat tangan mereka kasar misal. Buatlah headline Anda seperti “Mencuci membuat tangan Anda kasar? Gunakan “Merk X”, atau “Gunakan “MerkX” tangan Anda tak akan kasar lagi”.

Tunjukkan keuntungan

Anda harus memberikan alasan pada pembaca Anda untuk mengetahui lebih lanjut. Cobalah menjadi target dan bayangkan “Apakah saya akan melihat artikel ini jika headlinenya seperti ini?” Apa yang bisa Anda katakan tentang produk atau jasa Anda? Apakah keuntungannya?

Begitu Anda telah memikirkannya, cobalah mencari cara yang lebih spesifik dan menarik untuk mengatakannya.  Contohnya “25% Diskon untuk Anda yang melakukan pembelian hari ini”, atau “Cara untuk menghasilkan uang lebih banyak”.

Ciptakan ketertarikan

Penasaran adalah senjata paling kuat dalam membuat headline. Coba bandingkan antara 2 headline ini “AsuransiX, masa depan baru untuk Anda”, dengan “Asuransi X cara menghasilkan uang Rp 500.000,- ekstra setiap bulannya dengan membawa 3 orang baru setiap bulan”. Keduanya sama – sama mengiklankan perusahaan yang sama, tetapi headline yang pertama lebih menciptakan ketertarikan dan lebih membuat Anda ingin melanjutkan membaca.

Cobalah menyampaikan keuntungan utamanya, tanpa memberitahu seluruh ceritanya. Berilah sedikit misteri. Tentunya jangan terlalu banyak misteri, sangat bisa ditebak pembaca tidak akan tertarik dengan headline Anda. Siapa yang akan membaca headline seperti “Keju besar?” atau “Keju Manis?”.

Baca juga:

10 Tips Menulis Subject Email Penawaran Agar Dibaca oleh Calon Pelanggan Anda

5 Iklan dengan Cerita yang Digarap Secara Maksimal

7 Tips Menjadi Marketing Handal


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *