Running A Business

3 Tren Pemasaran Online di Tahun 2014

 

Loading...

Tahun 2014 akan segera datang, segala macam perubahan akan muncul beriringan. Begitupula dalam bidang bisnis, salah satu contohnya pemasaran via online. Seperti halnya toko online yang sudah menjamuri bisnis di dunia, pemasaran online yang menjadi salah satu aspeknya juga akan berubah di tahun 2014 nanti. Para pemasar atau marketing di setiap perusahaan juga pasti sudah menyiapkan strategi pemasaran untuk tahun 2014 nanti. Bart Gibby, VP of SEO perusahaan Boostability, dan Cheryl Conner, kontributor Forbes, memberikan ‘ramalan’ tren pemasaran online pada tahun 2014 berikut ini :

1. Google Search yang terus berubah

Sebuah mesin pencarian terhebah didunia yaitu Google selalu memperbaharui algoritma dalam meminimalkan manipulasi yang dilakukan situs – situs tertentu untuk tampil pada halaman hasil pencarian. Misalnya, Google mendevaluasi produk dan layanan generik dalam nama domain yang dikenalnya dengan istilah EMD (Exact Match Domain).

Google juga terus melumatkan situs-situs yang justru membuat link building untuk memanipulasi algoritma Google, bukan memberikan nilai tambah yang sesungguhnya bagi pengguna. Pembaruan algrotima Google menguntungkan apabila perusahaan fokus membersihkan profil link dan bertujuan menciptakan konten yang menarik secara tekstual kaya konten. Gibby menyimpulkan bahwa apabila (situs) perusahaan menjaga pelanggan dengan baik, maka Google akan menjaga (situs) perusahaan dengan baik pula.

2. Optimasi penggunaan smartphone dan tablet

Seperti di tahun 2013, penggunaan smartphone dan tablet untuk bisnis akan menjadi sebuah tren baru ditahun 2014. Dalam studi berjudul “Why We Dont Buy: Cunsumer Attitudes on Shopping Cart Abandoment” yang dikeluarkan oleh Bronto Software dan Magento menunjukkan bahwa sebesar 54% orang yang berbelanja secara online setiap harinya memiliki tablet dan sebesar 64% smartphone. Di Indonesia sendiri juga merupakan salah satu negara yang bukan hanya konsumtif namun juga menjadi negara dengan pengguna smartphone dan tablet terbanyak.

Google sendiri menyarankan bagi para pemilik toko online bukan hanya memiliki sebuah desain website untuk PC namun juga memiliki dan menggunakan desain website yang responsif agar mampu tampil menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat smartphone dan tablet. Hal ini akan mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi pengguna, dan tentu saja keuntungan bagi diri kita.

3. Kompetisi pencarian lokal pada mesin pencari

20% pencarian yang terjadi di Google adalah terkait lokasi. Berdasarkan comScore sebanyak 56% pengguna ponsel mobile menggunakan browser mereka untuk pencarian lokal. Data ini mampu menunjukkan bahwa penting untuk UKM dan bisnis lokal dalam memajukan usaha mereka dalam bisnis online. Kebutuhan untuk mengoptimalisasi hasil pencarian lokal Google & Bing sangatlah penting bagi kesuksesan di tahun 2014.

Loading...

2 komentar

  • 20 Januari 2014 - pukul 17:32

    Great post, I was looking for the premium edition. Great post anyway. Keep up the great work.

    • Administrator
      20 Januari 2014 - pukul 18:24

      Thank you :-)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *