Start A Business

35 Tips Mendirikan Bisnis Sendiri bagi Para Pemula

 
  • 111
    Shares

   

Memiliki sebuah bisnis sendiri adalah impian bagi banyak karyawan yang telah lama merasakan dunia kerja. Terlebih bagi mereka yang memang sudah lama ingin memiliki bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Terlihat mudah memang, tapi nyatanya tanpa persiapan matang sebuah bisnis tidak akan dapat dibangun oleh seseorang yang memang belum berpengalaman sebelumnya. Nah, berikut ini 35 tips mendirikan bisnis sendiri bagi para pemula. Dan berikut ini uraiannya:

1. Lakukan inventarisasi diri

Tidak semua orang memiliki apa yang mereka butuhkan ketika ingin mendirikan sebuah bisnis. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan lebih dari materi, yaitu motivasi diri, kekuatan beradaptasi, rasa percaya diri, dan juga sifat pantang menyerah.

2. Mengembangkan ide

Jangan hanya memulai bisnis hanya karena ikut – ikutan teman atau keluarga. Tapi cobalah utuk membangun bisnis karena memang kita suka dan ingin membangunnya. Karena saat rasa suka dan ingin itu ada, berbagai ide akan muncul. Dan setelah kita tahu apa saja ide kita, maka segera kembangkanlah.

3. Uji Ide Anda

Setelah menemukan apa ide atau konsep bisnis yang ingin kita bangun, maka jangan ragu untuk melaksanakannya. Anda harus tahu apakah produk atau jasa itu yang benar – benar dicari peanggan? Dapatkan Anda menarik keuntungan penjualan dari produk atau jasa itu?

4. Tulis rencana bisnis

Sekalipun Anda ingat tujuan dari mendirikan bisnis. Tapi tidak ada salahnya ketika Anda menulisnya dalam sebuah portofolio atau dokumen bisnis. Ini juga diperlukan untuk menyajikan ide Anda kepada para investor potensial. Rencana bisnis harus menyertakan visi, misi, strategi, layanan atau produk apa yang ditawarkan, deskripsi target pasar, proyeksi keuangan dan biaya operasional.

5. Mengidentifikasi pasar Anda

Karena pasar adalah bagian terpenting dari sebuah bisnis, maka penentuan dan penetapan target pasar harus benar – benar dilakukan. Anda harus tahu siapa dan bagaimana menyampaikan bisnis Anda kepada target pasar Anda.

6. Tentukan biaya

Sebuah perencanaan bisnis tidak boleh sedikitpun melupakan tentang biaya yang akan digunakan. Anda harus mencari tahu standar biaya dari industri seperti yang Anda miliki. Informasi penentuan biaya yang dibutuhkan bukan hanya untuk Anda tapi juga untuk para partner atau investor Anda nantinya.

7. Menetapkan anggaran

Setelah Anda menentukan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan, Anda juga harus mencari tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk atau layanan Anda. Bahkan Anda harus tahu bagaimana menciptakan rencana pemasaran dari anggaran yang Anda miliki.

8. Cari investor yang tepat

Anda tentu membutuhkan semacam dana untuk memulai mendirikan bisnis. Jika Anda memiliki tabungan tentu mudah. Tapi saat Anda tidak memiliki simpanan, maka mencari pinjaman atau investor akan menjadi semangat bagi Anda. Tentu saja Anda harus mencari orang yang dapat diajak bekerjasama.

9. Dengarkan investor

Ivestor memiliki suara dalam perusahaan Anda. Untuk itu, Anda perlu mendengarkan nasihat atau saran mereka. Tapi itu tidak berati Anda harus melakukan apa yang mereka katakan.

10. Dapatkan dukungan

Saat Anda ingin mendirikan sebuah bisnis, pastikan Anda mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak. Anda bisa mencari dukungan dari keluarga, temen dan rekan kerja Anda sebelumnya. Mereka akan membantu Anda dalam keadaan apapun.

11. Tentukan struktur hukum

Anda harus menetapkan bentuk kepemilikan yang terbaik untuk bisnis Anda. Seperti, kepemilikan tunggal, kemitraan, perseroan terbatas, perusahaan, nirlaba, koperasi atau sebagainya.

12. Pilih nama bisnis

Anda harus tahu bisnis Anda harus diberi nama apa. Berikan nama yang memang sesuai dengan tujuan dan konsep bisnis Anda. Anda harus bisa menentukan nama yang unik dan benar – benar berbeda. Karena nama bisnis akan menjadi alat branding Anda kedepannya.

13. Daftarkan nama bisnis Anda

Setelah Anda membuat dan menentukan apa nama dari bisnis Anda, segera daftarkan nama bisnis Anda. Anda bisa mendaftarkannya di HAKI dan menetapkan hak paten akna nama bisnis Anda. Setelah itu Anda bisa membuat nama domain bagi website dari nama bisnis Anda.

14. Manfaatan sumber informasi

Ada banyak sumber pembelajaran gratis yang akan menawarkan saran, pelatihan dan bantuan bagi pebisnis. Gunakan dan maksimalkan fasilitas yang ada.

15. Tentukan kewajibab pajak

Sekarang saatnya untuk bergulat dengan kewajiban Anda membayar pajak. Di Indonesia sendiri sudah ada peraturan yang menetapkan sebuah usaha sudah harus membayar pajaknya sejak waktu yang sudah ditentukan. Untuk kelancaran proses bisnis kedepannya, maka pembayaran pajak harus benar – benar dilaksanakan.

16. Mendapatkan izin

Anda juga harus mendapatkan ijin dari berbagai pihak terkait rencana Anda untuk mendirikan sebuah bisnis. Anda harus mendapatkan persetujuan dari negara, sertifikat pendaftaran pajak daerah, pengajuan izin ke daerah lokal yang ditinggali dan lain sebagainya.

17. Mengatur asuransi

Bahkan Anda harus memikirkan nasib dari karyawan Anda. Selain perusahaan, karyawan juga butuh untuk diperhatikan. Salah satu contohnya yaitu mulai memikirkan dan memberikan asuransi kepada mereka.

18. Mengatur pembukuan

Anda harus melakukan pencatatan pada setiap pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun dalam proses bisnis Anda. Jika memang Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa mencari tenaga yang memang ahli di bidang ini. Karena bagian ini bisa dibilang bagian paling fital dari sebuah bisnis.

19. Pilih lokasi usaha

Lokasi bisnis menentukan kesuksesan bisnis Anda. Menentukan bisnis memang terlihat mudah, tapi tidak dalam realisasinya. Karena tempat yang potensial tidak sedikit yang akan membebani kita dalam hal keuangan. Terlebih bagi Anda yang baru membangun bisnis.

20. Membuat kantor sederhana

Tidak perlu berfikir kantor Anda harus kantor yang bertingkat dan mewah. Yang penting adalah Anda memiliki tempat produksi, management dan juga memberikan fasilitas yang nyaman bagi karyawan Anda. Anda bahkan bisa menyewa ruko terlebih dahulu untuk awal bisnis Anda.

21. Memberikan produk dan layanan yang cepat

Bisnis Anda adalah sebuah bsinsi yang sednag berjalan, dan jika Anda meluncurkan produk atau layanan dengan cepat, Anda akan dapat membangun komunitas pelanggan yang dapat memberikan umpan balik yang besar bagi Anda.

22. Menawarkan produk atau jasa baru

Bagi sebuah bisnis baru, inovasi dan ide adalah kunci dari kesuksesan Anda. Jika Anda memiliki ide baru tentang produk atau layanan Anda, maka segeralah eksekusi. Dan yakinlah bahwa pelanggan akan suka dengan inovasi yang Anda keluarkan.

23. Bersabarlah

Sebagai seorang wirausaha, kita dituntut untuk selalu menjadi pribadi yang sabar dalam segala hal. Baik dalam melayani pelanggan, menghitung dan menentukan rencana bisnis, hingga saat mengalami kegagalan. Jangan pantang menyerah dan tetap optimis.

24. Mengandalkan blog sepanjang waktu

Jika Anda memiliki blog pribadi, maka jangan ragu berbagi cerita kepada pelanggan atau followers Anda tentang bisnis Anda. Anda bisa menuliskan apa saja yang Anda unggulkan, apa saja yang membedakan Anda dan lain sebagainya.

25. Hindari perkelahian dengan mitra

Sebagai bisnis baru Anda harus mampu mencari dan menjalin hubungan baik dengan siapapun. Dengan pelanggan ataupun dengan mitra Anda. Hindari perselisihan kecil yang dapat merugikan diri Anda dan bisnis Anda sendiri.

26. Menyewa seorang copywriter

Tidak semua bisa Anda kerjakan sendiri dalam waktu yang bersamaan. Anda akan membutuhkan tenaga lain seperti copywriter untuk membantu menuliskan iklan Anda. Mereka tentu lebih berpengalama untuk membuat dan mempublikasikan iklan sebuah produk.

27. Menyiapkan sebuah pertemuan

Jangan pernah menganggap enteng sebuah pertemuan. Klien, mitra atau investor Anda adalah modal Anda dalam mencapai sukses. Pastikan Anda mempersiapkan segalanya dengan baik sebelum melaksanakan pertemuan dengan mereka.

28. Jangan takut berkompetisi

Bisnis adalah masalah kompetisi. Jika Anda tertarik menjalani bisnis, tentu Anda sudah harus siap menjalani sebuah kompetisi. Sukses atau gagal itu hadiah dari upaya dan kerja keras Anda. Kompetisi tidak bisa lagi Anda hindari.

29. Memanfaatkan Word of Mouth

Anda bisa menggunakan teknik sederhana ini dalam promosi bisnis Anda. Word of Mouth adalah teknik promosi yang mudah dan dinilai paling manjur. Karena dari rekomendasi orang, pelanggan baru akan mudah datang ke kita.

30. Network

Ini tentang network atau hubungan Anda dengan banyak orang. Anda bisa mulai aktif mencari grup atau komunitas bisnis yang akan membantu Anda mencapai sukses bersama. Anda harus mampu mencari dan menjalin hubungan baik dengan siapapun.

31. Menyediakan layanan yang luar biasa

Layanan yang bagus itu sudah sangat banyak. Ada banyak layanan yang sama dengan Anda dipasaran, dan pelanggan akan bingung memilihnya. Anda hanya tinggal memikirkan apa keunikan dan hal yang luar biasa dari bisnis Anda. Itu akan menjadi kunci dan senjata bagi bisnis Anda.

32. Pastikan website Anda berfungsi dengan baik

Jika Anda menggunakan website sebagai media bisnis, maka susunlah mulai dari konsep sampai penggunaan icon di website dengan baik. Pastikan segala fungsi berjalan dengan baik.

33. Pastikan pelanggan membayar tagihan tepat waktu

Anda harus bisa memastikan pelanggan membayar tagihan atau pesanan mereka dengan tepat waktu. Ini akan memudahkan Anda dan pelanggan untuk kedepannya. Jangan ragu untuk mengirimkan reminder 5 atau 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan.

34. Cari karyawan yang tepat

Bisnis sukses ditentukan dari karyawan yang mendukung tercapainya target dan tujuan dari bisnis itu sendiri. Anda harus memastikan memilih karyawan yang tepat dengan budaya perusahaan dan tujuan bisnis Anda.

35. Selalu jujur

Kejujuran adalah modal utama kesuksesan dalam hal apapun. Jangan pernah berlaku curang dalam menjalani bisnis. Karena sekali pelanggan merasakan ada yang aneh, mereka akan sulit menumbuhkan rasa percaya kepada bisnis kita.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

7 Kesuksesan Menciptakan USP dan Jaminan dalam Bisnis

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Bisnis Online pada Tahun Pertama

Temukan Kata Ajaib untuk Marketing Bisnis Anda Disini

                              
Loading...

  • 111
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *