Produktivitas

4 Aplikasi Terbaik untuk Rapat Online Selain Zoom

 

Loading...

Aplikasi Terbaik untuk Rapat Online – Kegiatan rapat online semakin marak dilakukan selama WFH alias work from home. Zoom menjadi aplikasi video conference yang populer digunakan untuk rapat online. Namun, Zoom sempat tersandung isu keamanan data pengguna.

Menindaklanjuti isu tersebut, sebagian orang memilih untuk waspada. Mereka mencoba mencari alternatif aplikasi video conference lainnya. Tak usah khawatir, banyak aplikasi dengan fitur yang tak kalah bagus untuk dipakai video conference. Simak deretan aplikasi selain Zoom berikut ini.

Daftar aplikasi terbaik untuk rapat online yang perlu dicoba

1. Google Meet

Sebelumnya, Google Meet dikenal dengan nama Google Hangouts. Google Meet langsung terintegrasi dengan akun Google+ serta Gmail Anda, sehingga terhitung praktis digunakan.

Anda bisa menggunakan Google Meet lewat browser serta aplikasi seluler. Untuk bisa bergabung video conference, bisa dengan memasukan kode atau link rapat.

Anda bisa menggunakan Google Meet fitur ‘Free’ untuk rapat online tanpa dipungut biaya, namun terbatas untuk maksimal 100 partisipan saja. Sedangkan untuk lebih dari 100 partisipan, Anda bisa menggunakan fitur G Suite Essentials untuk meeting dengan 150 partisipan serta G Suite Enterprise Essentials untuk 250 partisipan. Namun tentu saja, kedua fitur tersebut dikenakan biaya.

Oh ya, Anda bisa mencoba fitur G Suite Essentials (untuk meeting dengan 150 partisipan) secara gratis, lho. Coba gratis fitur ini berlangsung hingga tanggal 30 September 2020.

2. Slack

Slack dikenal sebagai software yang memudahkan kolaborasi pekerjaan. Slack cukup praktis digunakan karena telah terintegrasi dengan lebih dari 2000 aplikasi, contohnya Google Drive, Dropbox, Trello, dan sebagainya.

Slack memiliki banyak fitur komunikasi. Ada fitur channels yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan tim, divisi proyek kerja, atau klien. Selain channels, Anda juga bisa berkomunikasi dengan fitur video call. Jika ingin memperlihatkan sesuatu kepada tim, Anda juga bisa melakukan screen sharing, lho.

3. Microsoft Teams

Tak ingin ketinggalan dengan pengembang lainnya, Microsoft juga mengembangkan aplikasi untuk rapat online. Semula, Microsoft merancangnya dalam bentuk Skype for Business. Namun, Microsoft kemudian menggantikan Skype for Business dan meluncurkan Microsoft Teams. Microsoft Teams memiliki versi gratis dan berbayar.

Versi gratis Microsoft Teams telah memiliki fitur yang lumayan banyak. Versi gratis Microsoft Teams terintegrasi dengan berbagai aplikasi Office, mulai dari Word, Excel, PowerPoint, hingga OneNote. Selain itu, versi gratis Microsoft Teams juga terintegrasi dengan lebih dari 250 aplikasi bisnis, termasuk Adobe, Evernote, dan Trello.

Selain itu, kita juga bisa menikmati fasilitas fitur penyimpanan file. Untuk tim, Anda bisa menyimpan file hingga 10 GB. Sedangkan untuk pribadi, Anda bisa menyimpan file sebanyak 2 GB saja. Menarik sekali, bukan?

4. TeamLink

Aplikasi yang satu ini nampak kalah populer dibandingkan Zoom, padahal TeamLink tak kalah keren. TeamLink memiliki beberapa keunggulan yang membuat rapat online jadi semakin nyaman.

TeamLink bisa digunakan secara gratis. Dibandingkan dengan Zoom yang durasi rapat online-nya terbatas, durasi TeamLink tidak terbatas, lho. Anda bisa mengundang hingga 300 partisipan dalam sekali meeting.

TeamLink juga memiliki banyak fitur pendukung kebutuhan rapat onlineyang bisa Anda manfaatkan. Beberapa fitur pendukung tersebut di antaranya group chat, file sharing, screen sharing, meeting recording, hingga host control. TeamLink juga mengklaim bahwa pihaknya memiliki fitur untuk proteksi password.

Simak berbagai artikel terkait produktivitas dan bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Anna Shvets from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *