Start A Business

4 Cara Membuat Blog Untuk Pemula

 
  • 1
    Share

   

4 Cara membuat blog untuk pemula – Memikirkan untuk memperluas usaha menggunakan blog sebagai tool marketing digital Anda diminta untuk memunculkan blog yang berbeda dari yang pernah ada. Bagi pemula kadang sulit untuk membayangkan bagaimana membuat blog yang akan dikembangkan. Ada yang kebingungan untuk menentukan nama domain, bahkan ada juga yang kebingungan merumuskan sistem untuk mempertahankan blog agar tetap eksis.

Berbagai artikel di internet dan beberapa tutorial ekslusif yang mudah kita dapatkan di YouTube mengenai cara membuat blog yang baik bagi pemula sangat membantu. Dulu, mungkin informasi semacam ini bersifat sangat rahasia. Bahkan tidak banyak blogger yang bersedia membagi ilmu suksesnya dalam mengembangkan blog pribadi mereka. Tapi, zaman sudah berubah. Keterbukaan informasi mempermudah siapa saja untuk bisa belajar apa saja dari mana saja.

Kali ini, mebiso akan membagi tips mudah untuk mendesain blog usaha bagi para pemula. Berikut ulasannya…

 

  1. Memilih platform blogging

Pemula pasti selalu ingin mencoba. Melihat-lihat bagaimana sistem blog bekerja akan memudahkan seseorang untuk lebih mahir dengan blog kualitas premium atau berbayar. Cobalah gunakan platform gratis! Bukalah telepon genggam Anda kemudian temukan situs WordPress.com. Banyak yang menyarankan situs ini untuk blogger pemula. Selain karena WordPress masih menjadi salah satu platform yang menyediakan ruang blogging gratis, juga karena sistem yang mudah dan menarik. Jika Anda adalah blogger pemula yang ingin langsung mencoba platform premium, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan budgetnya mulai dari sekarang. Memilih platform ini akan sangat berpengaruh dengan desain blog Anda di kemudian hari.

  1. Tentukan nama domain blog usaha Anda

Sering kita temukan nama blog yang terkesan tidak serius dan amatir. Sehingga berimbas pada brand yang dibawa. Jika Anda membuat blog sesuaikanlah nama domain Anda dengan brand Anda. Semisal jika Anda memiliki usaha fotografi, maka buatlah domain blog yang berisi penjelasan mengenai bidang usaha Anda tersebut. Seperti jelajahfotografi.wordpress.com. Jika Anda memulainya dengan platform berbayar, Anda bisa menamainya dengan jelajahfotografi.com. Banyak pakar yang menyarankan penggunaan .com daripada akhiran yang lainnya, sebab lebih mudah di ingat dan terkesan lebih profesional.

  1. Mendesain blog

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan platform gratis seperti WordPress, Anda akan menemukan ratusan ribu tema blog gratis dengan berbagai karakteristik. Beberapa tips untuk memilih template antara lain;

  • Pilihlah template yang simpel dan berwarna terang. Biasanya warna yang disarankan adalah yang berwarna putih. Warna dasar putih akan membantu pembaca lebih nyaman ketika membaca blog Anda.
  • Pilihlah tema yang responsif. Template blog sebaiknya memiliki ukuran yang menyesuaikan dengan berbagai perangkat internet zaman kini. Memilih tema yang bisa menyesuaikan perangkat pembuka seperti PC dan telepon genggam akan menambah kenyaman pembaca blog.
  • Pilihlah template yang SEO friendly. Template semacam ini akan mempermudah pembaca Anda untuk membuka blog tanpa khawatir lemot. Kebanyakan pembaca blog akan mudah membatalkan niatan mereka untuk membaca konten dan mengunjungi blog jika blog sulit untuk dibuka.
  1. Buatlah jadwal untuk mengisi konten blog

Merencanakan lebih awal dapat meminimalisir kegagalan. Merencanakan konten blog menghindarkan Anda dari kekosongan konten. Konten yang tidak sering di update pada blog akan mengurangi interest pengunjung blog Anda. Jika ingin serius melakukan marketing melalui blog, usahakan untuk menjadwalkan konten. Anda bisa memulai penjadwalan tiap bulan atau tiap minggu. Konten yang di update pun sebaiknya harus memenuhi standar penulisan (copywriting) yang baik.

Pemula pasti bisa membuat blog yang menarik. Pada prinsipnya, membuat blog itu sangat mudah, tetapi membuat blog yang sukses itu tidak mudah. Selamat mempraktikannya!

 

Baca artikel menarik lainnya:

3 Cara Membuat Blog

Cara Meningkatkan Trafik Blog dan Meraup Banyak Keuntungan

Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Mudah

           
  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *