Technology

4 Free Proxy untuk Akses Website Terblokir

 

   

Saat di sekolah atau kampus, rupanya website yang akan anda akses sedang terblokir. Entah terblokir dari sisi koneksi, maupun terblokir dari sisi server. Padahal saat itu anda benar-benar sedang membutuhkan informasi di dalamnya.  Jadi bagaimana? Berikut adalah 4 alat bantu untuk akses website yang sedang terblokir.

1. Google Translate.

Anda mungkin belum tahu bahwa layanan Google Translate juga bisa digunakan untuk membuka halaman website yang sedang terblokir. Caranya, anda cukup membuka Google Translate seperti biasa, kemudian masukkan URL website terblokir pada box terjemahan. Sayangnya, bahasa yang akan tampil adalah hasil translate. Jadi hasilnya agak berantakan.

1-proxy-google-translate

2. Google Web Toolkit.

Anda cukup membuka alamat http://www.google.com/gwt/n?u=URL (ganti URL dengan alamat lengkap website terblokir). Hasilnya, website akan ditampilkan dalam format versi mobile.

3-proxy-google-web-tool

3. Google Cache.

Google menyimpan history (cache) halaman yang pernah anda kunjungi. Maka, anda dapat memanfaatkan fungsi cache ini untuk menguji website terblokir. Caranya, silakan lakukan pencarian seperti biasa dengan kata kunci berupa URL website terblokir. Kemudian klik tanda panah ke bawah, dan pilih Cached untuk membuka versi cache. Tunggu hingga website terblokir berhasil ditampilkan (apabila tidak ada history cache, maka tulisan tidak akan ditampilkan).

4-proxy-google-cache

4. Web Proxy Lainnya.

Ada beberapa layanan online proxy yang dapat anda manfaatkan untuk membuka website terblokir. Ada Zend2.com, Anonymouse.org,  SpySurfing.com. Kalau untuk sekedar membuka-buka website terblokir saja tidak masalah untuk menggunakannya. Tapi jangan sekali-kali memasukkan user dan password apapun dari sini. Sebab tidak baik mempercayai pihak ketiga hingga sejauh itu. Anda tidak akan pernah tahu user dan password tersebut larinya kemana.

2-proxy-zend2

Apabila website terblokir bisa dibuka dari keempat proxy di atas, silakan hubungi provider hosting untuk bantuan crosscheck akses website anda. Siapa tahu ternyata website terblokir tidak dapat diakses karena IP andalah yang tengah diblokir dari sisi server. Mereka akan membantu untuk membuka blok terhadap IP anda. Jadi, anda punya referensi lain? Mari bagikan di kolom komentar ;-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *