Running A Business

4 Hal yang Menandakan Bisnis Anda Berkembang Secara Sehat

 
  • 50
    Shares

Loading...

Setiap perusahaan pasti ingin berkembang secara sehat. Biasanya, indikasi yang digunakan para CEO untuk mengetahui kondisi perusahaan adalah Laporan Keuangan yang mencakup Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Arus Kas. Namun dengan laporan keuangan saja, hasil pengukuran akan kurang mendalam karena angka-angka dalam laporan keuangan tidak membukukan moral, etos kerja, teknologi up to date dan lain sebagainya. Laporan Keuangan memang mampu merefleksikan berbagai masalah yang terjadi dalam perusahaan. Namun dia hanya menggambarkan masa lalu, bukan masa depan. Dengan demikian anda masih perlu beberapa indikator tambahan untuk mengetahui tanda-tanda pertumbuhan yang sehat pada perusahaan Anda. Apa saja? Berikut adalah 4 yang kami pelajari dari pengembangan BEON.co.id melalui bimbingan Win-Consultants.com.

Pengembangan Skill yang Difasilitasi dengan Baik

Pada perusahaan yang sehat, para karyawan memiliki komitmen tinggi dan loyalitas pada perusahaan. Turn over / keluar masuk karyawan akan terjadi, namun dalam tingkatan yang rendah. Pada perusahaan yang sehat, ada usaha-usaha mengukur kinerja untuk menyesuaikan kenaikan jabatan. Pengukuran kinerja inilah yang mengikat karyawan untuk tetap tinggal karena mereka tahu mereka bertumbuh. Di sisi lain, perusahaan memberi kesempatan yang sama bagi setiap karyawan untuk berkembang.

[Baca juga: 10 Alasan Kenapa Anda harus Membuat Penilaian Prestasi Kerja Karyawan]

Kehidupan yang Seimbang di Luar Pekerjaan

Dengan menciptakan suasana kerja yang seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, maka produktivitas dan kreativitas akan meningkat. Karena karyawan tidak hanya dituntut untuk kerja dan kerja tanpa memperhatikan eksistensinya sebagai manusia yang ingin mencari kesenangan. Stress dalam pekerjaan akan menurunkan hasil kerja. Maka sebagai leader, anda harus peka terhadap gejala-gejala ini dan mampu memberikan motivasi secara berkala untuk meningkatkan mood karyawan.

Lingkungan yang Apresiatif

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang mampu mengapresiasi setiap pencapaian dengan baik. Hal ini akan memacu pencapaian – pencapaian luar biasa lain dalam perusahaan. Bukan hanya sesuatu yang bersifat materi namun bisa saja dengan kesempatan belajar, rekreasi bersama, maupun fasilitas tambahan. Semua penghargaan ini akan memacu kreativitas dan motivasi karyawan.

[Baca juga: Bagaimana Perusahaan Membentuk Budaya Kerja yang Positif]

Penyelesaian Konflik yang Konstruktif

Tidak adanya konflik dalam perusahaan bukan berarti mencerminkan kesehatan perusahaan. Penanganan konflik dengan baik adalah hal yang diperlukan agar aspirasi dalam perusahaan bisa tetap hidup. Karena seringkali konflik terjadi karena adanya perbedaan sudut pandang. Bahkan pemimpin yang baik sengaja menciptakan konflik yang dapat memicu terjadinya diskusi antara karyawan sehingga terciptalah banyak sudut pandang yang mungkin tidak akan muncul sendirinya tanpa ada konflik. Para karyawan menghargai bahwa konflik adalah salah satu mekanisme untuk melakukan pemikiran yang terbaik.

Loading...

  • 50
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *