Leadership

4 Kiat Sukses Mengatur Waktu Bekerja agar Hasil Lebih Maksimal

 
  • 2
    Shares

Loading...

Tidak bisa dipungkiri memang bekerja di sebuah negara yang super sibuk seperti Indonesia, waktu adalah salah satu kunci sukses seseorang. Mengatur waktu dengan sebaik mungkin akan membuat kita jauh lebih mudah dalam bekerja dan menghasilkan sesuatu. Kepintaran mengatur waktu dan kecerdasan emosional saat bekerja menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki. Kita memang harus memilih bekerja dengan cerdas atau bekerja dengan keras. Keduanya memang sangat berkaitan tapi bekerja dengan cerdas membuat kita jauh lebih mudah untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Dan berikut ini adalah kiat sukses mengatur waktu saat bekerja:

1. Menjadi lebih fleksibel tapi tetap bertanggungjawab

Saat kita sedang bekerja, kita memang dituntut untuk maksimal. Mulai dari keberhasilan menyelesaikan to do list harian sampai mencapai target kerja yang sudah ditentukan. Memiliki to do list tidak membuat kita fix memiliki tugas yang itu – itu saja. Akan ada tugas yang tiba – tiba muncul dan harus kita selesaikan dengan segera. Ini membuat kita harus fleksibel mengatur waktu dan jadwal baik untuk tugas, rapat dan aktivitas lainnya. Fleksibel memang harus tapi tetap harus bertanggungjawab.

2. Menggunaka kalender untuk menciptakan waktu yang strategis

Kalender yang kita miliki di meja kerja atau di gadget kita, memang harus menjadi penolong saat mengingat dan ingin mengerjakan tugas. Kita bisa mengerjakan dan menjadwal kembali tugas – tugas penting. Dan kita juga bisa memperbaiki kalender setiap kali mendapatkan tugas. Menata ulang prioritas tugas – tugas penting yang kita miliki.
Kita bisa menjadwalkan tugas dan mengatur kembali acara seperti rapat di kalender yang kita miliki.

3. Jangan “ngebut” menyelesaikan semuanya

Setiap orang memiliki batas kemampuan masing – masing. Memiliki waktu sama tapi tidak dengan kemampuan mengatur waktu. Kita harus tahu kapasitas dan kemampuan kita dalam menyelesaikan semua tugas. Memang ada beberapa orang yang sengaja overbook jadwal mereka. Memaksakan diri untuk bisa menyelesaikan semuanya secepat mungkin, tanpa memperhitungkan proses dan hasilnya. Untuk menghindari bentrok ketika selesai 1 tugas dan ingin ke tugas lainnya, cobalah untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. Cobalah untuk mengurangi selingan yang tidak penting yang masuk ke kalender atau jadwal kita.

4. Miliki waktu untuk beristirahat

Pecandu kerja atau orang yang gila kerja memang berbeda dengan mereka yang serius menyelesaikan tugas dan ingin lebih menyeimbangkan waktu. Jika Anda tidak mampu bekerja dengan cerdas, Anda akan merasakan kelelahan yang sangat hebat. Padahal waktu istirahat sangatlah penting, sehingga waktu istirahat juga harus masuk dalam jadwal atau to do list kita. Istirahat bisa mulai dari makan siang, pergi jalan – jalan, berlibur di hari Minggu dan lain sebagainya.

Nah, ingatlah waktu yang kita miliki bukan hanya untuk bekerja. Kita memiliki banyak kehidupan yang harus dijalani, dikerjakan, diselesaikan dan diseimbangkan. Cobalah untuk pintar – pintar mengatur waktu, agar pekerjaan
tidak terganggu dan kehidupan kita juga menjadi lebih nyaman dijalani. :)

Baca juga:

5 Cara Efektif Mengatur Waktu agar Lebih Efektif

7 Cara Menjadi Lebih Produktif dalam Waktu 10 Menit

10 Tips Waktu Libur yang Lebih Optimal

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *