Headline Tips Bisnis

4 Manfaat LinkedIn Bagi Perusahaan yang Langsung Bisa Dirasakan

 

Loading...

Manfaat LinkedIn bagi perusahaan – Perkembangan internet menghadirkan banyak teknologi baru yang memudahkan hidup kita. Tak terkecuali untuk urusan mencari pekerjaan.

Berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook atau Twitter, LinkedIn adalah jejaring sosial yang menghubungkan para profesional dalam dunia maya.

Para pengguna biasanya menggunakan LinkedIn untuk networking, mencari pekerjaan, atau berbagi hal-hal inspiratif.

LinkedIn sendiri tidak hanya bermanfaat untuk para pekerja (atau pencari kerja) saja. Melainkan, LinkedIn juga memiliki manfaat bagi perusahaan yang terdaftar di media sosial ini.

Dalam artikel ini, mebiso telah merangkumkan 4 manfaat LinkedIn bagi perusahaan yang bisa langsung dirasakan.

1. Sebagai sarana untuk membagikan lowongan pekerjaan

manfaat linkedin bagi perusahaan untuk posting lowongan
Sumber gambar: unsplash.com/@clemono2

LinkedIn telah menjadi media sosial yang banyak digunakan perusahaan untuk mencari karyawan. Terbukti, di LinkedIn ada lebih dari satu juta perusahaan yang memiliki LinkedIn Company Pages, yaitu profil perusahaan di media sosial Linkedin.

LinkedIn sendiri memiliki pengguna aktif yang cukup banyak. Di tahun 2017 saja, pengguna aktif LinkedIn di seluruh dunia berjumlah 500 juta pengguna.

Sementara itu, pihak LinkedIn mengklaim bahwa mereka memiliki lebih dari 10 juta lowongan pekerjaan aktif.

Angka diatas tentu cukup fantastis untuk ukuran media sosial. Maka dari itu banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan media sosial ini untuk memposting lowongan pekerjaan.

2. LinkedIn menjadi talent pool perusahaan

hal baik yang terjadi saat networking
Sumber gambar: pexels.com/@rawpixel

Kebutuhan perusahaan akan sumber daya manusia yang unggul tidak bisa diganggu gugat, terutama untuk perusahaan besar yang memiliki skala bisnis yang luas.

Ditambah lagi, tingkat kompetisi bisnis yang saat ini semakin ketat membuat SDM perusahaan menjadi salah satu aset bisnis yang berharga.

Saat ini ada kecenderungan dimana HRD perusahaan tak lagi pasif dalam proses rekrutmen. Mereka tidak sekedar memposting lowongan pekerjaan lalu menunggu kandidat yang tepat.

Alih-alih menunggu lamaran masuk, para HRD ini aktif mencari kandidat potensial lewat platform LinkedIn.

Fitur-fitur yang dimiliki LinkedIn sangat mendukung HRD dalam mencari dan menyeleksi kandidat yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

3. Employer branding perusahaan

employer branding lewat linkedin
Sumber gambar: unsplash.com/@dj_johns1

Banyak pakar yang mengatakan kita sedang berada di era disruptif dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi.

Mungkin Anda berpikir bahwa persaingan hanya terjadi di level calon karyawan saja, alias saling berkompetisi mendapatkan pekerjaan.

Kenyataannya tidak demikian.

Perusahaan pun juga saling berkompetisi mencari kandidat terbaik untuk dijadikan karyawan. SDM yang unggul ini menjadi bekal perusahaan untuk bersaing dengan kompetitornya.

Oleh karenanya, perusahaan saat ini sudah mulai melek digital. Banyak yang mulai sadar akan pentingnya employer branding.

Employer branding sendiri adalah istilah yang merujuk kepada brand suatu perusahaan sebagai tempat bekerja.

Jadi hal-hal terkait budaya perusahaan, visi dan misi, serta para pimpinan tertinggi perusahaan adalah komponen penting dari employer branding ini.

Perusahaan yang memiliki employer branding positif, yang menunjukkan perusahaan sebagai tempat kerja yang aman, nyaman, dan kualitas positif lain, akan lebih mudah menggaet minat pencari kerja.

Di sinilah LinkedIn berperan. LinkedIn menjadi penghubung bagi perusahaan dalam rangka mengomunikasikan nilai-nilai perusahaan kepada para pencari kerja. Jika dilakukan dengan konsisten, brand perusahaan akan terbentuk dengan positif.

4. LinkedIn dapat dijadikan media marketing B2B

teknik digital marketing tanpa modal
Sumber gambar: pexels.com/@rawpixel

Dengan banyaknya pengguna aktif LinkedIn yang merupakan profesional tidak heran jika LinkedIn dimanfaatkan untuk keperluan marketing B2B.

Bagi Anda yang belum tahu. Marketing B2B adalah istilah yang merujuk kepada praktik pemasaran business to business yakni perusahaan yang menjual produk atau jasa ke perusahaan lain.

Banyak perusahaan yang mulai sadar akan potensi marketing B2B LinkedIn ini. Beberapa juga mulai menggunakan layanan iklan LinkedIn untuk menjangkau target market yang sesuai dengan produk yang mereka jual.

Selain lewat iklan, perusahaan yang melakukan praktik marketing B2B di LinkedIn juga menjajakan produk yang mereka jual lewat posting status atau lewat mengirimi pesan personal.

Penutup

Itulah tadi 4 manfaat LinkedIn bagi perusahaan.

Jika Anda pemilik perusahaan, segeralah membuat akun LinkedIn untuk perusahaan Anda.

Tidak peduli besar atau kecil perusahaan Anda, memiliki akun LinkedIn dapat menunjang bisnis Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Wajah Baru Facebook Segera Hadir – Strategi Ampuh Kah?

5 Langkah Mudah Memulai Email Marketing Untuk Pemula

4 Pelajaran Marketing yang Bisa Anda Dapatkan dari Waralaba Avenger

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *