Technology

4 Prinsip Dasar Desain Website

 

Loading...

Mendesain sebuah website itu pada dasarnya  terbagi menjadi 4. Yaitu CARP (Contrast, Alignment, Repetition, Proximity).

Contrast

Ide di balik kontras sangatlah sederhana. Jika unsur-unsur (type, color, size, line thickness, space, shape) tidak sama, maka jadikan mereka sangat berbeda. Kontras sering jadi daya tarik visual paling penting pada sebuah halaman.

contrast

Mata kita menyukai sesuatu yang kontras. Kontras pada halaman memikat mata kita untuk tertuju padanya. Jika Anda menempatkan dua elemen yang tidak sama pada halaman, misalnya dua tipografi atau dua line width atau dua warna, mereka tidak boleh mirip. Agar lebih kontras, jadikan mereka sangat berbeda satu sama lain.

Alignment

Tidak ada elemen yang boleh seenaknya ditempatkan pada halaman. Setiap elemen harus memiliki beberapa koneksi visual dengan elemen lain. Alignment (perataan) akan menciptakan desain yang bersih, segar, dan niat.

alignment

Kesatuan merupakan konsep penting dalam desain. Untuk membuat semua elemen pada halaman tampak bersatu, saling berhubungan dan saling terkait, perlu ada pengait visual antara elemen yang terpisah. Bahkan meskipun mereka berjauhan, mereka dapat tampak terhubung dengan adanya penempatan dan perataan yang baik.

Repetition

Beri pengulangan pada sejumlah potongan-potongan elemen visual dari desain. Anda dapat mengulangi warna, bentuk, tekstur, hubungan spasial, ketebalan garis, ukuran, dan jenis. Hal ini akan membantu memperkuat kesatuan visual dari desain anda.

repetition

Pengulangan sangat berguna pada potongan-potongan halaman. Jika potongan tersebut terlihat menarik, hal ini akan meningkatkan tingkat keterbacaannya. Sedangkan pada dokumen multi-halaman, pengulangan mampu memberikan konsistensi.

Proximity

Item yang saling berhubungan satu sama lain harus dikelompokkan secara berdekatan. Karena ketika beberapa item berada di dekat satu sama lain, mereka menjadi satu unit visual, daripada beberapa unit terpisah. Hal ini membantu mengatur informasi dan mengurangi kekacauan visual.

proximity

Produk yang berkaitan harus dikelompokkan bersama-sama. Harus ada aliran yang jelas. Di mana Anda mulai mencari, setelah Anda sudah membacanya, ke mana mata Anda pergi berikutnya, dan di mana berakhirnya? Anda harus dapat menyusun desain sesuai perkembangan logis, dari awal hingga akhir.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *