Technology

4 Tips Membangun Relasi Bisnis

 

   

Building relationship memainkan peran penting dalam keberhasilan startup anda, karena dari sini anda membuka jalan bagi investor, klien potensial, dan karyawan anda. Tapi membangun hubungan tidak semudah yang dibayangkan. Hubungan membutuhkan kepercayaan dan membutuhkan kontak yang konsisten dari waktu ke waktu. Maka bagi anda yang tertarik untuk membangun hubungan dengan rekan bisnis, berikut adalah beberapa tips yang dapat anda manfaatkan:

Be helpful

Dalam dunia profesional, Ada orang yang ingin memiliki hubungan dengan orang-orang lain demi membantu karir atau bisnisnya. Jadilah orang itu. Posisi anda akan menjadi lebih kuat. Berikan kesan perkenalan melalui saran dan umpan balik yang relevan dan saling menguntungkan pada lawan bicara anda. Kita akan dibantu jika kita bersedia membantu orang lain, begitulah hukum alam.

Keep people posted

Ceritakan tentang apa yang telah anda pelajari dan anda lakukan, kemudian share pengalaman anda pada lingkungan anda. Dari feedback orang lain, anda akan tahu siapakah di jaringan anda yang expert di bidangnya dan bisa anda mintai saran untuk pekerjaan yang lebih baik di kesempatan berikutnya.

Stay top of mind

Mintalah orang-orang agar bergabung dengan anda untuk minum kopi atau mengundang mereka untuk menghadiri acara yang anda buat. Karena semua orang cenderung sibuk, pastikan anda selalu memiliki alasan untuk bertemu. Jika tidak memungkinkan, Anda masih bisa tetap berhubungan jarak jauh. Misalnya dengan mengajukan pertanyaan singkat melalui email. Pastikan anda selalu ada di puncak pikiran orang lain.

Be visible

Permudah orang-orang untuk melihat profil anda dan tahu apa yang anda lakukan. Misalnya melalui situs jaringan sosial yang relevan seperti LinkedIn atau Twitter untuk memperlihatkan berbagai hal bermanfaat yang anda lakukan. Atau publikasi sebuah blog untuk mempromosikan keahlian anda.

Baca juga:


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *