Tips Bisnis

5 Alasan Bisnis Online Masih Sangat Menguntungkan

 

Loading...

Alasan Bisnis Online Masih Sangat Menguntungkan – Seiring dengan perkembangan internet, banyak jenis kegiatan yang terbantu pelaksanaannya. Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis. Bisnis online kini bukanlah hal yang asing, banyak orang yang memanfaatkan teknologi ini untuk meraup keuntungan.

Memang, bisnis online memiliki berbagai keunggulan yang semakin menguatkan bahwa bisnis online sangat menguntungkan. Apa saja keunggulan tersebut? Cari tahu bersama-sama, yuk!

Inilah alasan bisnis online masih sangat menguntungkan

1. Semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan internet

Masyarakat Indonesia sekarang lebih melek teknologi, lho. Pada tahun 2019, APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) mencatat bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 171,17 juta jiwa. Jumlah tersebut kira-kira setara dengan 64,8% dari seluruh penduduk Indonesia, lho. Angka yang fantastis, bukan?

Tidak menutup kemungkinan jika jumlahnya bisa bertambah untuk selanjutnya, karena tahun 2019 sendiri terdapat peningkatan jumlah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Berkaca dari data tersebut, tentunya go online merupakan langkah tepat yang dapat dilakukan para pelaku usaha.

2.Praktis dan banyak platform yang bisa dimanfaatkan

Tahun-tahun sebelumnya, platform untuk berjualan secara online mungkin masih sedikit. Namun lihatlah sekarang, berbelanja online di berbagai platform telah menjadi gaya hidup masyarakat.

Platform-platform media sosial banyak mengembangkan fitur yang memudahkan aktivitas jual beli. Selain itu, banyak platform jual beli alias e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk ‘menggelar lapak jualan’. Anda juga bisa membuat website khusus untuk bisnis. Pokoknya, banyak sekali pilihan yang bisa Anda manfaatkan!

3. Bisa dimulai tanpa modal

Banyak orang yang urung untuk mulai berbisnis karena kendala modal. Bisnis online menyediakan pilihan untuk mengatasi kendala tersebut.

Sebagian jenis bisnis online dapat dijalankan dengan modal kecil, bahkan ada pula yang bisa dimulai tanpa modal. lho. Salah satunya adalah bisnis online dengan sistem dropshipper.

Dengan sistem dropshipper, Anda tidak perlu menyetok barang yang akan dijual. Anda cukup menghubungi supplier untuk memenuhi pesanan pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengambil proyek kerja lepas alias freelancer. Anda bisa menawarkan jasa sesuai dengan skill yang dikuasai, misalnya saja menulis atau mengedit video. Anda bisa mencari informasi lowongan di berbagai website freelancer. Menarik sekali, bukan?

4. Bisa menjangkau lebih banyak customer dengan digital marketing

Salah satu keunggulan dari memiliki bisnis online terletak pada cara promosi bisnis. Promosi bisnis secara online terhitung lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan di media. Selain itu, promosi bisnis juga sangat praktis dan mudah dilakukan.

Kegiatan promosi bisnis akan lebih maksimal dengan menerapkan strategi digital marketing. Ketika tepat sesuai target, kita pun akan lebih banyak meraih calon pelanggan dan meningkatkan penjualan.

5. Mampu bertahan di saat pandemi

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup berat bagi kita semua. Kita menghadapi wabah virus COVID-19.

Wabah ini telah menghambat banyak hal, termasuk juga kegiatan perekonomian. Berbagai sektor bisnis terdampak dahsyat karena tidak mampu beroperasi seperti biasanya. Tak jarang, banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar. Para karyawan pun banyak yang dirumahkan akibat wabah COVID-19.

Walau demikian, wabah COVID-19 juga menciptakan peluang baru. Salah satunya adalah meningkatnya geliat bisnis online. Pengusaha UMKM banyak yang akhirnya beralih berjualan secara online dan memanfaatkan jasa pesan antar.

Hal tersebut semakin membuktikan bahwa daya tahan bisnis online luar biasa. Bisnis yang dikelola secara online mampu bertahan walau di situasi sulit seperti ini. Jika Anda ingin menjadi pebisnis, pertimbangkan matang-matang situasi ini.

Bisnis online, siapa takut!

Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis online hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *