Business Says Tips Bisnis

5 Alasan Mengapa Bisnis Berbasis Etika Itu Penting

 

Loading...

Bisnis Berbasis Etika Etika adalah aspek penting dalam berbisnis. Seberapa pentingkah peranannya? Simak pentingnya etika untuk bisnis berikut ini.

Inilah 5 alasan mengapa bisnis berbasis etika itu penting

Etika adalah dasar dari perdagangan yang sukses, serta kunci dari bisnis yang baik. Hal tersebut disampaikan oleh Robert C. Solomon, seorang profesor filsafat dan bisnis dari University of Texas at Austin serta penulis buku “It’s Good Business: Ethics & Free Enterprise for the New Millennium“.

Mementingkan aspek etika dalam berbisnis akan mendatangkan berbagai keuntungan bagi bisnis Anda. Berikut adalah di antaranya.

1. Menciptakan reputasi baik untuk bisnis Anda

Tentunya, setiap bisnis ingin memiliki citra positif. Etika adalah kuncinya. Menurut Frank Walker dari perusahaan konsultan Walker Information Inc., etika dapat meningkatkan derajat bisnis Anda.

Kebanyakan bisnis hanya fokus dalam meningkatkan kualitas produk atau pelayanan. Padahal, dengan memperhatikan aspek etika, hal ini akan menambah nilai plus bisnis.

Bisnis Anda akan dipandang bertanggung jawab dan terpercaya. Anda akan menarik hati berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga pemerintah setempat. Mereka akan lebih aware atau menyadari eksistensi bisnis Anda.

2. Meningkatkan profit penjualan

Etika menguntungkan bisnis secara ekonomi. Dengan menciptakan reputasi positif, masyarakat akan menjadi lebih sadar akan bisnis Anda. Masih menurut Walker, kesadaran yang dimiliki masyarakat terhadap bisnis dapat berubah menjadi aksi yang menguntungkan, lho.

Mereka akan membeli produk Anda atau menggunakan jasa Anda. Pendapatan pun akan meningkat. Sebaliknya, jika masyarakat memandang jelek bisnis Anda, mereka pun menjadi enggan membeli produk.

3. Menghindarkan bisnis dari masalah

Mementingkan etika berarti mengamankan bisnis dari berbagai masalah. Prof. Solomon juga menyampaikan bahwa bisnis yang mengedepankan etika lebih sedikit mengalami masalah inefisiensi produksi, litigasi (permasalahan sengketa), hingga campur tangan dari pemerintah.

4. Menciptakan stabilitas untuk perusahaan

Etika sangat penting untuk manajemen perusahaan. Ketika manajemen dijalankan atas dasar etika, hal tersebut akan menciptakan ikatan spesial pada tiap-tiap anggota perusahaan. Stabilitas pun akan tercipta.

Bekerja sesuai etika berarti bekerja dengan integritas dan kejujuran. Secara tak langsung, produktivitas dan moral pegawai pun meningkat. Pegawai akan mengerjakan tugas mereka semaksimal mungkin serta menjadi lebih loyal terhadap perusahaan.

5. Menarik para investor untuk menanam modal

Mementingkan etika akan menghasilkan reputasi baik untuk perusahaan. Hal ini bisa menarik para investor terhadap bisnis Anda. Tentunya, mereka tidak ingin mengambil risiko dengan berinvestasi untuk bisnis-bisnis yang memiliki reputasi jelek.

Bisnis berbasis etika: awal baik untuk hasil baik

Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk membangun etika dalam bisnis Anda. Hal-hal berikut ini bisa dilakukan untuk memulainya:

  • Tentukan prioritas. Tuliskan hal terpenting yang perlu dicapai.
  • Buatlah panduan. Anda bisa menyusun kebijakan atau prosedur tertentu. Dengan demikian, berbisnis akan akan lebih mudah dan teratur.
  • Mencari saran dari pihak lain. Ada kalanya Anda stuck atau bingung dan membutuhkan saran. Hubungilah sesama rekan pebisnis atau network Anda untuk mendapatkan saran yang bijak.
  • Jadilah jujur. Selalu utamakan kejujuran, terutama kepada klien.

Apa yang Anda tanam, itulah yang akan Anda tuai. Begitu pula halnya dalam berbisnis. Ketika Anda melakukan hal-hal baik, Anda juga akan mendapatkan hasil-hasil yang baik.

Dengan segala nilai plus yang telah dijelaskan sebelumnya, tak ada lagi alasan bagi Anda untuk mengacuhkan etika dalam berbisnis, bukan?

Simak berbagai artikel menarik seputar bisnis dan topik sejenis lainnya hanya di Mebiso. Salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.investopedia.com/ask/answers/040815/why-are-business-ethics-important.asp

https://www.entrepreneur.com/article/16128

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *