e-Marketing & Sales Tips Bisnis

5 Alasan Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis

 

Loading...

Digital MarketingStrategi marketing selalu berkembang seiring zaman. Dengan perkembangan zaman yang seperti sekarang, Anda perlu menerapkan prinsip-prinsip digital marketing atau pemasaran digital untuk bisnis. Inilah mengapa strategi tersebut begitu penting untuk kemajuan bisnis Anda.

Apa itu digital marketing?

Sama seperti strategi marketing tradisional, strategi marketing ini merupakan serangkaian aktivitas pemasaran untuk mempromosikan suatu produk atau perusahaan. Bedanya, pemasaran digital memanfaatkan teknologi digital, seperti telepon seluler dan internet.

Zaman sekarang, penggunaan internet sendiri sangat masif dan menyentuh berbagai aspek kehidupan. Orang-orang cenderung beraktivitas dengan bantuan internet. Oleh karenanya, pemasaran digital sangat penting untuk dilakukan untuk bisnis.

Mengapa digital marketing sangat penting untuk bisnis

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki pemasaran digital. Hal-hal tersebut tidak dimiliki oleh strategi pemasaran tradisional. Berikut adalah keunggulan pemasaran digital yang berdampak positif bagi bisnis.

1. Target pemasarannya sangat luas

Menggunakan pemasaran tradisional, promosi iklan dilakukan bisa dilakukan lewat televisi, radio, media cetak (misalnya surat kabar dan majalah), serta papan baliho dan reklame di pinggir jalan. Dengan demikian, target pemasaran yang dijangkau oleh pemasaran tradisional terbatas pada orang-orang di area tertentu.

Sedangkan dengan menggunakan pemasaran digital, cakupan target pemasaran sangat luas. Kemudahan teknologi digital memudahkan Anda untuk menjangkau berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga luar negeri.

2. Mudah untuk melakukan evaluasi

Saat memasang iklan di koran atau memberikan selebaran, kita tidak bisa mengukur keberhasilan strategi tersebut. Sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang melakukan konversi penjualan setelah terpapar iklan tersebut.

Pemasaran digital menawarkan kemudahan khusus untuk hal ini. Dengan teknologi digital, kita bisa mengetahui seberapa efektif iklan yang kita pasang di media digital.

Kita bisa mengetahui berapa banyak orang yang melihat iklan dari jumlah klik atau jumlah tayangan. Bahkan, kita bisa mengetahui respon masyarakat terhadap iklan dari fitur komentar.

Selain itu juga, pada beberapa platform digital, kita bisa mengetahui konversi penjualan suatu iklan. Oleh karenanya, kita bisa dengan mudah melakukan evaluasi atas iklan-iklan yang kita pasang.

3. Murah, efektif, dan efisien

Untuk melakukan pemasaran tradisional, banyak prosedur yang harus kita tempuh. Misalnya saja ketika memasang iklan di koran, Anda harus mendaftarkan iklan terlebih dahulu. Bahkan, Anda terkadang perlu menunggu antrian dengan pengiklan lain. Belum lagi Anda harus merogoh kocek.

Lain halnya dengan strategi pemasaran digital, Anda tidak perlu repot-repot melalui proses yang panjang. Anda bisa menentukan sendiri waktu untuk memasang iklan pada platform digital yang Anda miliki aksesnya. Pemasaran digital juga terhitung lebih murah dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional.

4. Mendapatkan berbagai data penting seputar audiens

Selain kemudahan untuk menjangkau sasaran atau audiens, kita juga bisa mendapatkan gambaran mengenai audiens. Adapun informasi tentang audiens, mulai dari usia, gender, lokasi, hingga ketertarikan mereka. Dengan demikian, Anda bisa menentukan strategi kampanye yang lebih efektif.

5. Meningkatkan revenue

Selain menghemat biaya, pemasaran digital bisa berdampak positif bagi finansial bisnis. Dengan melakukan pemasaran digital, pelaku bisnis berpotensi untuk meningkatkan revenue atau pendapatan dibandingkan dengan hanya melakukan pemasaran tradisional. Terlebih lagi jika strategi kampanye pemasaran digital efektif, sesuai untuk audiens.

Tunggu apa lagi, segeralah menyusun strategi digital marketing!

Ada berbagai jenis pemasaran digital yang bisa dicoba, mulai dari via SMS hingga media sosial. Masing-masing media digital tentunya memiliki peraturan dan strategi spesifik yang perlu dipelajari.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang digital marketing dan bisnis, simak berbagai artikel menarik persembahan Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *