Start A Business

5 Alasan Mengapa Warna Mempengaruhi Minat Pembeli

 
  • 14
    Shares

Loading...

Ada banyak materi bisnis atau psikologi bisnis yang membahas tentang pentingnya penggunaan warna pada setiap bagian dari bisnis yang dijalankan. Karena warna adalah salah satu yang menjadi daya tarik utama dan pertama bagi setiap calon pembeli yang hendak membeli sebuah produk. Sebuah warna haruslah digunakan dengan penuh pertimbangan terhadap bisnis dan apa yang akan dijualnya. Salah satu alasannya adalah untuk lebih meningkatkan penjualan produk di pasar. Dan berikut ini adalah 5 alasan yang dapat ditemui pada minat pembeli yang berasal dari warna bisnis yang digunakan.

1. Warna memberikan cerita

Daripada memilih warna hanya karena kita suka, lebih baik kita memilih dengan terlebih dahulu menyesuaikan dengan tema dan konsep bisnis atau toko yang kita bangun. Sebagai contoh saat Anda mendirikan sebuah toko yang menjual souvenir ala pantai, Anda bisa menggunakan warna biru muda atau warna yang senada dengan tema atau konsep toko yang Anda dirikan. Warna yang sesuai dengan tema akan membawa dan memberikan cerita tersendiri bagi pelanggan. Pelanggan akan mudah untuk mengenal dan masuk ke dalam bisnis Anda. Ini juga memungkinkan jika Anda memang benar – benar ingin menceritakan bagaimana konsep bisnis Anda melalui desain toko atau website bisnis Anda.

2. Memberi kenyamanan dan ketenangan kepada pelanggan

Warna yang sesuai dengan tema akan memberikan kesan indah dan nyaman bagi pelanggan yang datang. Mereka akan merasa datang ke tempat yang benar saat mereka butuh sesuatu. Warna yang sesuai dengan konsep dan pernak pernik tambahan akan memberikan kesan nyaman dan betah bagi pelanggan yang datang. Mereka seolah – olah ingin datang kembali dan menikmati suasana yang ada di toko Anda.

Contohnya, saat Anda membuka sebuah toko yang menjual perlengkapan bayi, berikanlah sentuhan warna soft atau pastel di setiap sudut dari toko Anda. Menambahkan akses bunga – bunga akan membuat Ibu hamil atau ibu yang sudah memiliki anak akan merasa nyaman dan senang ketika memilih dan memutuskan membeli barang di toko Anda. Anda

3. Menjadi petunjuk terhadap produk

Warna – warna cerah seperti merah dan kuning akan menjadi daya tarik utama saat seorang pembeli ingin membeli sebuah produk. Mereka akan terlebih dahulu melihat warna yang ada, selanjutnya baru melihat bentuk dari produk tersebut. Ini karena warna kuning adalah warna yang pertama dirangsang oleh retina manusia. Jadi warna seperti kuning akan menjadi daya tarik pertama saat seorang melihat suatu benda. Sedangkan warna merah memang sudah lama menjadi warna yang identik dengan daya tarik yang kuat dari sebuah benda. Namun dalam menggunakan warna – warna cerah terlebih merah kita terlebih dulu harus tahu porsi dari komposisi isi toko. Ada baiknay jika kita menggunakan sekitar 20% warna merah dari warna yang digunakan pada toko dan isinya.

4. Membangun pengenalan merek

Sebuah merek sangat penting bagi kesuksesan penjualan sebuah produk. Merek menjadi pengenal sebuah produk di masyarakat. Untuk itu terkadang sebuah merek akan dibuat desain yang menarik yang nantinya akan digunakan pada bebeerapa kebutuhan penjualan suatu produk, seperti kemasan produk, invoice pembayaran dan lain sebagainya. Dalam membangun dan mengenalkan sebuah merek, sebauh bisnis juga akan menggunakan warna dalam setiap desain yang mereka buat. Warna inilah yang akan membantu pelanggan membedakan dan menandai suatu merek atau bisnis tertentu yang mereka temui. Dengan warna, pelanggan bisa menciptakan pengenalan bagi diri mereka sendiri. Dan warna menjadi ciri khas baik dari arti nama, bentuk logo merek ataupun desain yang lainnya.

5. Mengatur emosi pelanggan

Warna yang digunakan dalam desain sebuah toko atau website bisnis harus mampu menjadi saya tarik tersendiri bagi pelanggan, terutama sebelum mereka mulai melihat bentuk dan merasakan kualitas produk yang mereka gunakan. Penggunaan warna harus benar – benar disesuaikan dengan jenis dan fungsi dari produk yang dijual. Jangan sampai warna yang digunakan memberikan emosi negatif bagi yang melihatnya. Contohnya, seperti saat Anda menjual produk elektronik. Jangan berikan warna terang atau warna yang mencolok bagi produk tersebut. Karena ini dapat membuat produk Anda sulit untuk dinilai bersih atau ramping bagi pelanggan. Dan tentu saja akan mengurangi rasa dari keinginanan pelanggan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Memilih Warna yang Cocok untuk Bisnis

Psikologi Warna di Berbagai Belahan Dunia

6 Alat untuk Memilih Kombinasi Warna Desain Website

Loading...

  • 14
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *