Leadership

5 Alasan Stress Menjadi Pemicu Produktifitas

 

Loading...

Tahukah Anda, sedikit dari stress baik bagi tubuh kita?

Tidak semua stress itu buruk bagi tubuh kita. Dalam jurnal elife menyebutkan bahwa, “tekanan yang terjadi pada saat stress dapat meningkatkan ingatan”. Stress dapat dibagi 2, yaitu good stress(stres baik) dan bad stress(stress buruk).

Stress buruk inilah yang biasanya kita kenal dan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Stress buruk dapat menjadi buruk dan tidak terkontrol. Hal ini dapat terjadi karena adanya tekanan berlebihan pada kejiwaan seseorang. Seperti beban keluarga yang memburuk, beban pikiran yang terlalu besar, dll.

Namun pernahkah Anda merasakan stress lain, namun dengan intensitas kecil yang cepat hilang? Stress ini adalah stress jangka pendek yang tidak terlalu membebani pikiran seseorang. Contohnya ketika Anda terjebak macet dan harus melakukan presentasi.

Dan berikut ini dampak positif stress kecil:

1. Membantu menjadi lebih kreatif

Pernahkan Anda mengalami stress karena kehilanganan ide?  Lalu dalam waktu yang cukup lama, tiba – tiba Anda mendapatkan ide cemerlang.

Hal ini disebabkan karena jika pikiran dalam keadaan senang dan santai, maka tidak akan memicu pikiran yang berbeda dengan sudut pandang yang berbeda. Beberapa halnya saat kita mengalami stress karena berusaha menemukan sebuah ide kreatif, maka pikiran akan dipancing untuk memikirkan sudut pandang yang berbeda – beda dari pemikiran kita biasanya.

2. Baik untuk sistem ketahanan tubuh Anda

Dalam penelitian, stress kecil dapat membuat tubuh merilis hormone yang disebut cortisol (hormone stress). Hormon ini akan meningkatkan ketahanan tubuh.

Sebaliknya jika stres yang terjadi adalah stress tingkat tinggi, maka hormone cortisol yang dihasilkan akan lebih banyak dan ini membuat datangnya penyakit seperti obesitas dan diabetes.

3. Tubuh menjadi lebih sehat

Stress adalah tekanan, dalam arti, olahraga juga merupakan salah satu sumber stress kecil (good stress) bagi tubuh Anda. Olahraga akan merilis hormone endhorphin yang akan membuat Anda merasakan sensasi menyenangkan “segar” pada tubuh Anda setelah olahraga.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Seorang dalam keadaan takut yang tidak berlebihan, akan meningkat tingkat kewaspadaannya untuk menjaga keamanan dirinya atau sesuatu yang disayanginya. Hal ini sangat berguna ketika dibutuhkan untuk menimbulkan kehati – hatian pada diri Anda.

5. Membuat Anda lebih termotivasi

Tingkat stress yang pas dan tepat, dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat dan memacu adrenalin Anda. Tanpa adanya rasa stres, Anda akan cenderung selalu beradapada zona nyaman Anda.

Salah satu cara menumbuhkan stress untuk motivasi ini dapat dengan cara mengikuti game yang memacu adrenalin seperti rafting misalnya. Dengan demikian, ketika Anda merasakan stress yang tidak terkontrol. Anda bisa menggunakan solusi untuk menyalurkan sebagian energy stress negative Anda menjadi energi stress positif seperti kegiatan outbound yang memacu adrenalin.

Baca juga:

7 Pelajaran Hidup dari Sebuah Perjalanan Wirausaha

5 Cara Mudah Mengalahkan Penundaan dalam Bekerja

10 Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pemilik Bisnis yang Sukses

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *