Running A Business Technology

5 Alasan Utama Pentingnya Big Data untuk UMKM

 

   

Big data menjadi hal penting untuk UMKM – Sebagian besar dari kita sudah sangat familiar dengan data. Data, menurut wikipedia, merupakan kumpulan fakta-fakta. Sumber faktanya bisa beragam. Bisa dari manusia, barang, hewan, kinerja, atau segala sesatu yang beraktivitas dan bergerak di muka bumi ini bisa menghasilkan data.

Era digital ini data yang kita hasilkan sudah sangat banyak sekali. Salah satu data yaitu yang berasal habit kita dalam penggunaan internet. Hal apa saja yang kita telusuri, yang sedang kita lihat, atau yang sedang kita baca di internet. Semua terekam dan menjadi data.

Sebagai pebisnis, baik kecil, menegah maupun besar, setiap yang kita lakukan terhadap bisnis kita juga menghasilkan data. Untuk perusahaan besar mungkin data sudah manjadi hal lumrah. Bahkan ada divisininya sendiri. Berdasarkan laporan forbes juga, 53% telah mengadopsi big data dalam bisnisnya di tahun 2017.

Beda halnya dengan usaha kecil dan menengah, UMKM, sebagian besar belum sadar akan pentingnya data. Jarang ada divisi khusus yang mengurusi data di UMKM. Padahal data begitu pentingnya dan memiliki dampak besar dalam perkembangan.

Berikut ada lima alasan utama UMKM untuk segera sadar data secepat mungkin.

1. Profit Bisnis Melejit

Sebagian UMKM sudah mencapai profit maksimalnya. Sebagian lagi sedang berperoses mencapainya. Menurut salah satu professor dari Wharton University, Amerika, salah satu cara memaksimalkan profit adalah dengan menggunakan data.

Salah satunya UMKM dapat memanfatkan data penjualan untuk memaksimalkan profit. UMKM bisa melihat data, daftar produk atau jasa yang nilai penjualannya tinggi dan rendah. Dari data tersebut UMKM dapat menjadikan produknya yang laris sebagai produk unggulan untuk meningkatkan profit

Sedangkan untuk produk yang kurang populer, UMKM bisa memaksimalkan penjualannya, dengan cara memberinya diskon. Menjadikannya paket penjualan dengan produk yang laris.

2. Cost Bisnis Lebih Efisien

UMKM terkadang tidak sadar bahwa dalam proses bisnisnya ada kegiatan yang tidak penting dan menghabiskan dana. Melalui data operasinal dalam bisnisnya. UMKM dapat meminimalisirnya untuk mencegah kebocoran dana operasional.

Semua aktivitas bisnis yang tidak memberikan dampak terhadap bisnis, UMKM dapat menghilangkan atau  menggantinya dengan yang lebih cocok. Berlaku untuk semua bagian dalam bisnis, mulai dari produksi sampai penjualan.

3. Kinerja Tim Lebih Produktif dan Cepat

Kinerja tim bisnis bisa semakin cepat dan tepat. Dengan data yang dikumpulkan, UMKM bisa mengerti hal apa saja yang menjadi prioritas yang harus di lakukan oleh tim. Mengeleminasi hal apa saja yang membuat perusahaan berjalan lambat.

Tim menjadi lebih ramping. Sumber daya benar benar dapat termanfaatkan dengan baik. Team pun bisa merasa happy karna dapat melakukan pekerjaan dengan kemampuan terbaiknya. Waktu pun bisa dihemat, bisnis proses menjadi cepat.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Hanya dalam waktu singkat, dengan data, umkm dapat memperoleh feedback mengenai produk atau jasanya. Kumpulan feedback dari konsumennya bisa dijadikan data bagi UMKM. Bisa digunakan untuk meningkatkan user experience.

UMKM akan dapat dengan mudah perilaku dari konsumennya. UMKM dapat menawarkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Memberikan hadiah atau kupon kusus yang sesuai.

Data juga membantu UMKM menghilangkan hambatan-hambatan dari konsumen untuk menikamati atau memperoleh produk atau jasanya. Dapat sesegera mungkin menangai setiap kali ada konsumen yang komplain atau memberi penilaian buruk terhadap produk atau jasanya.

5. Bisnis Tumbuh 10 Kali Lipat

Ada formula khusus untuk UMKM bisa mencapai pertumbuhan sepuluh kali lipat. Semua tipe bisnis memiliki formula yang berbeda untuk tumbuh 10x lipat. Namun banyak pelaku bisnis, berdasarkan pengalamannya, sepakat bahwa awal mula pertumbuhan 10x lipat berawal dari data.

Melalui data penjualan, operasional, produksi, layanan, dan data apapun yang ada di bisnisnya. UMKM dapat mempelajarinya, menemukan pola terbak bisnisnya. Dimana pola tersebut mengahasilkan kinerja perusahaan terbaik dengan profit yang tinggi.  Pola ini juga berdampak pada business continuity para pelaku UMKM.

 

Alasan utama diatas bisa menjadikan para pelaku bisnis UMKM untuk sadara sejak awal tentang pentingnya. Bagaimana data dapat memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berkembangan bisnis.

Dengan data, UMKM akan melaju sangat cepat dengan tim yang ramping. Profit menjadi maksimal. Pemborosan akan hilang. Kinerja semakin efektif dan efisien. Perusahaan telah siap untuk bertumbuh 10x lipat.

Lalu masihkah anda menganggap mengumpulkan data itu sia-sia ?

 

Topik Menarik Untuk Bisnismu:

Teknologi POS untuk Pertumbuhan Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online

Ini Tips Menjadikan Bisnis Online Kita Terpercaya

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *