Technology

5 Aplikasi Pilihan untuk Monitoring Server

 
  • 1
    Share

Monitoring / memantau kerja server tentu merupakan salah satu job desc dari Server Administrator. Berikut kami pilihkan 5 aplikasi untuk membantu kegiatan monitoring server anda:

Nagios

Melalui Nagios, kita bisa memantau seluruh aktivitas infrastruktur dan setiap service server yang kita gunakan. Karena kelengkapannya, Nagios merupakan salah satu aplikasi monitoring terbaik hingga saat ini.

Home Page: http://www.nagios.org
Latest stable release:  3.4.1
License: Open Source. GNU.
Read more about Nagios at Wikipedia

Cacti

Cacti menggunakan RRDtool untuk solusi grafik jaringan. Cacti juga mendukung arsitektur plugin. Beberapa fitur grafik yang disediakan oleh Cacti cukup informatif. Melalui Cacti, kita dapat memonitor dan grafik beban CPU, informasi jaringan bandwidth, lalu lintas jaringan monitor dll.

Home Page: http://www.cacti.net
Latest stable release: 0.8.7e
License: Open Source. GNU.
Read more about Cacti at Wikipedia

Munin

Mirip dengan Cacti, di mana Munin menggunakan RRDTool untuk menyajikan output dalam grafik yang cukup bagus melalui web. Penekanan utama Munin adalah pada “plug and play” plugin yang interaktif.  Plugin yang tersedia pun pilihannya sangat banyak.

Home Page: http://munin.projects.linpro.no
Latest stable release: 2.0.7
License: Open Source. GNU.
Read more about Munin at Wikipedia

Zabbix

Zabbix adalah software open source untuk monitoring yang disediakan oleh Zabbix SIA sebagai perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software. Zabbix membutuhkan database untuk menyimpan data monitoring di mana kita bisa memilih DB server yang ingin digunakan seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan SQLite. Zabbix memiliki tiga modul utama berikut: 1. Zabbix Server (ditulis dalam C), 2. Zabbix Agent (ditulis dalam C), 3. Zabbix Frontend (PHP dan Javascript).

Home Page: http://www.zabbix.com
Latest stable release: 1.8.4
License: Open Source. GNU.
Developed by: Zabbix SIA (Private company)
Read more about Zabbix at Wikipedia

Perintah Top dan beberapa variasinya

top merupakan salah satu perintah UNIX yang mungkin seringkali anda gunakan. Top memunculkan beberapa variasi perangkat lunak untuk monitoring server. Di ataranya:

htop  – htop mirip dengan perintah top dengan sedikit fitur tambahan. Perbedaan utama adalah kita dapat menggunakan mouse untuk berinteraksi dengan output perintah htop. Sumber: http://htop.sourceforge.net/

ntop (Network Top) perangkat lunak gratis untuk monitoring jaringan. Ntop menampilkan informasi penggunaan jaringan berdasarkan perintah yang kita inputkan. Kita juga bisa membuat file output berupa HTML (dump) untuk mengetahui status jaringan menggunakan ntop. Sumber: http://www.ntop.org/


  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *