Start A Business

5 Aturan Do & Don’t Bisnis Online menurut Komunitas Pengusaha Indonesia

 
  • 3
    Shares

Loading...

Askan Setiabudi adalah founder Komunitas Pengusaha Indonesia. Pada event gathering Komunitas Pengusaha Indonesia kemarin (Restoran Bamboo Surabaya, 3 Desember 2013), Askan Setiabudi membagikan insight yang didapatnya ketika mendirikan tips-indonesia.com seputar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika anda menjalankan bisnis online. Apa saja?

Do

1. Cari bisnis dengan segmen yang luas. Misalnya ketika anda menjalankan bisnis Food & Beverage, pilih menu yang bahan dasarnya memang teruji disukai banyak orang.

[Baca juga: Riset Membangun Toko Online]

2. Sesuaikan bisnis dengan passion anda. Ketika bisnis anda tidak sesuai passion, maka carilah asisten yang memiliki passion di bisnis anda sehingga anda bisa fokus di passion anda.

“Sumber income sebaiknya lebih dari 1 saja. Namun yang satu tidak boleh melemahkan yang lain. Unit bisnis anda yang kedua harus bisa saling mendukung.”

[Baca juga: Apa Guiding Star dari Bisnis Anda]

3. Belajarlah pada mereka yang sudah sukses di bidang itu. Carilah mentor yang tepat. Misalnya ketika passion anda di marketing, maka maksimalkan kemampuan anda dengan belajar pada mentor yang sudah teruji di bidang marketing.

4. Lakukan terus dan perbaiki. Bisnis online perlu komitmen yang berkelanjutan dan istiqomah.

5. Melibatkan Tuhan. Salah satunya dengan sedekah.

Don’t

1. Jangan bisnis di bidang yang tidak anda pahami. Anda harus paham dulu model bisnis yang akan anda selami lebih dalam.

2. Jangan mengawali bisnis dengan modal besar. Rawan kecewa. Bahkan bisnis modal kecil bisa jadi besar ketika kita punya komitmen yang kuat.

[Baca juga: 10 Rahasia Merek Ternama yang Dipercaya Pelanggan]

3. Jangan jalankan bisnis kedua ketika bisnis pertama yang sudah sukses justru terbengkalai. Anda telah diberi rejeki oleh Tuhan di bisnis pertama. Maka jangan menonjolkan diri anda sebagai orang yang kurang bersyukur. Sekali lagi, sumber income sebaiknya lebih dari 1 saja. Namun yang satu tidak boleh melemahkan yang lain. Unit bisnis anda yang kedua harus bisa saling mendukung.

4. Jangan jalankan bisnis ketika anda tidak bisa membuat sistem bagi hasil yang bisa jalan sendiri ketika anda meninggalkannya. Apalagi ketika anda paham bahwa umur manusia terbatas.

5. Jangan pernah khianati teman bisnis anda.

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *