Start A Business Tips Bisnis

5 Bisnis Online di Masa Pandemi yang Meroket

 

Loading...

5 Bisnis Online di Masa Pandemi – Banyak sektor bisnis yang terhambat, bahkan jadi lumpuh akibat pandemi COVID-19. Seluruh kegiatan diusahakan untuk dikerjakan secara online, agar masyarakat membatasi kontak dengan banyak orang. Namun, masa pandemi ini juga membuka peluang-peluang baru.

Beberapa jenis bisnis online malah meraup untung di masa pandemi ini. Simak contoh bisnis online yang melambung di masa pandemi, dalam artikel berikut ini.

Daftar 5 bisnis online di masa pandemi yang bertambah laris:

1. Berjualan produk kesehatan

Menjaga kesehatan adalah hal yang penting, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini. Sejak pandemi COVID-19 melanda, masyarakat semakin sadar untuk menjaga kesehatannya. Permintaan akan berbagai produk kesehatan pun semakin meningkat.

Ada berbagai pilihan produk kesehatan yang bisa Anda jual. Pertama, Anda bisa berjualan produk kesehatan untuk dikonsumsi, mulai dari vitamin, suplemen, jamu, madu, hingga berbagai jenis rempah-rempah yang berkhasiat. Kedua, Anda bisa menjual berbagai produk untuk mengamankan diri dari virus Corona, misalnya saja masker, hand sanitizer, cairan desinfektan, dan sebagainya.

2. Pesan antar bahan makanan pokok

Bahan makanan pokok seperti sembako, sayur-mayur, daging, dan buah-buahan tentunya akan selalu dibutuhkan. Karena dianjurkan untuk berdiam di rumah, kegiatan berbelanja bahan makanan pun bisa jadi perkara yang rumit.

Oleh karenanya, berbisnis bahan makanan pokok dan membuka layanan pesan antar dapat menjadi solusi. Orang-orang tidak perlu repot untuk pergi ke pasar atau supermarket, tinggal memesan saja secara online.

3. Bisnis kuliner online dengan layanan pesan antar

Tempat makan dan kedai banyak yang terpaksa tutup. Kalaupun buka, banyak yang masih belum bisa memberlakukan sistem dine in alias makan di tempat seperti sebelumnya. Sektor ini pun tertunduk lesu akibat dampak pandemi.

Walau demikian, sebenarnya peluang bisnis kuliner selalu baik, termasuk juga di masa pandemi. Hal yang terpenting, bisnis kuliner haruslah beradaptasi dengan kondisi saat ini. Pertama, bisnis kuliner harus menjaga kebersihan. Kedua, bisnis kuliner perlu go online dan membuka layanan pesan antar.

Dengan berpromosi secara online, bisnis Anda pun tidak akan tenggelam dan dilupakan orang-orang. Ditambah dengan layanan pesan antar, Anda pun bisa senantiasa mendapatkan pesanan tanpa harus membuka tempat makan. Layanan ojek online dan ekspedisi semakin mempermudah pesan antar makanan.

Anda bisa memproduksi aneka makanan dan minuman. Ada berbagai jenis makanan dan minuman yang laris diburu. Ragam dessert dan minuman kopi kekinian banyak diminati. Selain itu, jenis makanan seperti lauk-pauk dan frozen food juga banyak dicari, karena praktis cara penyajiannya.

Ada cara lain bagi Anda yang ingin berkecimpung di bidang kuliner tanpa perlu repot memproduksi makanan atau minuman, lho. Anda bisa berjualan dengan sistem reseller atau dropshipper.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jastip alias jasa titip pesan makanan, terutama untuk warung atau kedai makan yang belum bisa dijangkau dengan layanan ojek online. Tertarik coba?

4. Berjualan barang-barang pendukung hobi

Untuk menekan penyebaran virus Corona, masyarakat dianjurkan untuk berada di rumah dan meminimalisasi berpergian yang tidak perlu. Para pelajar dan mahasiswa mengikuti kegiatan belajar secara online. Para pekerja pun banyak yang bekerja dari rumah alias work from home.

Berada di rumah saja membuat banyak orang mencari kesibukan dan hobi baru untuk melawan rasa penat. Fenomena ini bisa Anda jadikan peluang emas untuk mulai berbisnis, dengan berjualan barang-barang yang dapat mendukung kegiatan hobi orang-orang.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis terkait kegiatan hobi yang bisa Anda lakukan:

  • Menjual perlengkapan berkebun. Berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari orang-orang selama di rumah aja. Anda bisa berjualan tanaman hias atau benih sayur dan buah. Anda juga bisa menjual perlengkapan berkebun dengan metode hidroponik.
  • Menjual perlengkapan untuk membuat prakarya dan karya seni. Bisa dengan berjualan alat lukis, alat menyulam, dan sebagainya.
  • Menjual perlengkapan memasak. Selama pandemi, banyak orang yang menekuni memasak, lho. Banyak orang yang mengikuti challenge memasak menu kekinian di medsos.
  • Menjual perlengkapan dekor rumah. Agar di rumah saja terasa lebih nyaman, banyak juga orang yang jadi gemar menghias rumahnya dengan aneka furnitur dan perabotan unik.
  • Menjual perlengkapan olahraga. Olahraga juga menjadi salah satu kegiatan yang diminati ketika pandemi, lho.

5. Mengadakan seminar atau kelas pelatihan online

Dengan kemudahan teknologi dalam berkomunikasi, kita bisa memanfaatkannya untuk berbisnis di bidang pendidikan. Kita bisa membuat seminar dan pelatihan secara online. Terlebih lagi, tuntutan industri dan dunia pekerjaan semakin meningkat. Seseorang diharuskan memiliki berbagai skill atau keterampilan agar dapat bersaing.

Buatlah topik yang menarik serta undang pembicara atau pengajar yang kompeten. Anda bisa memanfaatkan berbagai online platform, salah satunya aplikasi untuk video conference.

Simak juga berbagai tips dan strategi berbinis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, selalu jaga kesehatan, dan salam sukses!

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *