Start A Business Tips Bisnis

5 Bisnis Untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

 

Loading...

Bisnis Untuk Pemula – Ingin menambah penghasilan dengan berbisnis, namun belum pernah melakukannya? Kalau begitu, Anda perlu mencoba ide-ide bisnis yang mudah untuk pemula berikut ini!

Tips menjalankan bisnis untuk pemula

Ketika baru terjun berbisnis, wajar sekali jika Anda merasakan kekhawatiran. Memang, banyak hal yang harus diantisipasi agar bisnis berjalan dengan lancar. Hal-hal ini harus Anda perhatikan ketika baru menjalankan bisnis:

  • Menata mindset, bahwa sebagai pebisnis, Anda akan mengalami pasang surut. Anda perlu memperkuat niat untuk berbisnis. Hambatan dan rintangan pasti ada, yang terpenting adalah fokus kepada solusi untuk mengatasinya.
  • Perhatikan peluang yang ada, mungkin saja Anda bisa menemukannya dengan mengamati keadaan di sekitar. Karena sejatinya, bisnis adalah bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada.
  • Buat inovasi, agar bisnis Anda terlihat menonjol dari bisnis-bisnis lainnya. Inovasi unik juga akan menarik hati konsumen yang mudah bosan.
  • Pelajari persaingan bisnis serta strategi untuk mengatasinya. Pastikan bisnis Anda memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya.
  • Menyusun strategi promosi, agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat luas dan bisa menjangkau banyak pelanggan. Manfaatkan promosi lewat internet, misalnya via medsos. Promosi mulut ke mulut juga ampuh, lho!

Setelah menyiapkan hal-hal di atas, saatnya mulai memilih jenis bisnis yang akan dikerjakan. Masih bingung? Jangan khawatir, berikut ini ide-ide bisnis yang bisa Anda coba!

1. Bisnis camilan hits

Nyam nyam! Siapa sih yang tidak suka ngemil? Bisnis kuliner seperti jual camilan bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan, lho.

Anda bisa membuat kreasi camilan dari resep andalan. Setelah itu, kemaslah camilan dengan menarik.

Kalau Anda tak mau repot-repot membuat sendiri camilannya, Anda bisa membeli makanan kecil dari suatu tempat secara grosir (dalam jumlah besar), lalu mengemasnya kembali. Cara lainnya, Anda bisa menjadi reseller dari distributor online. 

2. Bisnis jastip

Banyak orang yang menginginkan untuk membeli suatu barang, tetapi barang tersebut tidak tersedia di daerah mereka. Anda bisa menawarkan jastip alias jasa penitipan membeli barang. Anda akan membelikan barang yang dibutuhkan, lalu mengirimkan atau menyerahkannya secara langsung ke pengguna jasa.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang sedang berpergian ke suatu tempat. Anda bisa membelikan barang-barang yang tersedia di tempat yang Anda kunjungi.

3. Menjadi reseller

Bisnis reseller terhitung murah dan mudah, karena tak perlu modal banyak untuk melakukannya. Anda hanya perlu mencari distributor barang, lalu memasarkannya dengan aktif di internet. Barang yang dijual bisa apa saja, mulai dari pakaian, aksesoris gadget, alat tulis, dan masih banyak lagi.

Anda perlu rajin meng-update barang-barang yang tersedia. Postinglah gambar-gambar barang yang menarik, agar calon pembeli tertarik. Selain itu, Anda juga harus bersikap ramah dalam melayani calon pembeli.

4. Menjadi freelance writer atau translator

Anda gemar menulis? Kalau begitu, Anda harus coba bisnis ini!

Banyak perusahaan atau digital agency yang membutuhkan jasa penulis (writer) dan penerjemah (translator). Bisnis ini terhitung praktis, karena Anda bisa melakukannya di mana saja.

Hal yang diperlukan adalah ide kreatif untuk membuat tulisan, laptop dan komputer, serta kuota internet. Lumayan sekali untuk menambah penghasilan, bukan?

5. Jasa desain grafis

Anda berbakat untuk membuat desain? Sudah saatnya, Anda menghasilkan uang dari bakat Anda. Jasa desain kini sangat diminati.

Anda bisa mendesain banyak hal, mulai dari logo untuk bisnis atau perusahaan, undangan pernikahan, kenangan wisuda, dan masih banyak lagi! Buat akun medsos khusus (misalnya di Instagram) atau website untuk menaruh portofolio karya Anda, serta jangan lupa promosikan dengan gencar!

Penutup

Menjalankan bisnis memang susah-susah gampang. Walau demikian, semua orang bisa berbisnis! Asalkan tekun dan sabar, Anda pasti bisa melalui prosesnya.

Simak berbagai artikel menarik lainnya dari Mebiso, cara mudah untuk belajar bisnis. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *