Running A Business

5 Cara agar Bisnis Onlinemu tidak Bangkrut!

 
  • 10
    Shares

Loading...

Kebangkrutan menjadi salah satu hal yang selalu membayangi para pelaku bisnis. Jika kita sebagai owner tidak dapat mengidentifikasi dengan tepat kapan kegagalan menghampiri. Yang sangat bisa dilakukan adalah mencegahnya untuk terjadi pada bisnis kita.

Bisnis kecil, sedang, maupun bisnis besar tetap bisa mengalami kebangkrutan. Penyebab utama kebangkrutan adalah keuangan perusahan yang minus. Terus menerus mengalami kerugian tanpa ada jalan keluar.

Selain itu banyak juga penyebab lain yang bisa membuat perusahaan bangkrut. Namun, jangan khawatir, tim mebiso peduli dengan keresahaanmu dan telah membuat daftar hal penting yang harus kamu lakukan untuk menghidari kegagalan bisnis.

Optimis dan Berpikir praktis

Bisnis Online

Pertama kali yang kamu harus lakukan sebagai pebisnis adalah optimis. Selalu berpikir positif, hindari pesimisme. Jika kamu berada pada lingkungan yang berisi orang yang suka mengeluhkan keadaan, saatnya kamu pindah ke lingkungan yang positif.

Ketika permasalah terjadi pada bisnismu maka kamu coba berpikir praktis. Selaui pikirkan solusi dari setiap permasahan, bukan selalu memikirkan masalah yang terjadi. Optimis dan berpikir praktis ini sederhan, namun memiliki dampak yang besar.

Displin Membuat Laporan Keuangan

Permasalahan bisnis kecil maupun besar adalah masalah pencatatan keuangan. Segala pengeluaran atau pemasukan yang berkaitan dengan perusahaan harus dicatat. Arus kas dalam perusahaan pastikan dapat berjalan dengan baik.

Selain masalah pencatatan keuangan, permasalahan lainnya adalah uang pribadi sang owner menjadi satu dengan uang perusahaan sehingga sulit untuk mengidentifikasi uang masuk dan keluar perusahaan. Langkah awal untuk owner harus memisahkan keuangan pribadi dan bisnis.

Fokus pada Hal Penting

Bisa jadi kegagalan bisnis karena tidak fokus pada tujuan atau hal penting yang akan dicapai oleh perusahaan. Jalan perusahaan tidak sesuai tujuan awal. Perusahaan tergoda untuk melakukan banyak hal, apapun, namun hanya sekedar mendapatkan keuntungan sementara.

Bisnis adalah perjalanan panjang. Agar terhindarkan dair jurang kebangkurtan. Perusahaan perlu untuk fokus pada satu tujuan, satu bidang yang ingin dicapai. Jika terlalu bercabang, biaya operasional juga akan membengkak. Maka wajib bagi perusahaan untuk fokus.

Inovasi dengan Tim R&D

Bisnis Online

Teknologi semakin berkembang cepat. Di berbagai belahan dunia saat ini telah berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bukan hanya kampus saja yang memiliki lemabaga riset. Bisnis yang bermunculan sekarnag juga banyak memiliki divis riset masing-masing.

Tim riset ini memang tujuan dibentuk oleh perusahaan adalah untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru baik untuk kalangan internal maupun ekspternal. Inovasi juga menjadi cara efektif untuk mencegah kegegalan pada bisnis kita.

Revenue Model Baru

Di kondisi pereknomian yang tidak menentu dan fluktuatif. Membuat target penjualan bisnis naik turun dan tidak menetu. Bisa lagi menjadi lebih parah ketika pemasukan utama bisnis kita tiba-tiba mengalalami penurunan derastis.

Dalam hal ini para pelaku bisnis harus dituntut untuk kreatif dalam mencari solusi berupa revenue model baru, pemasukan tambahan untuk kebutuhan bisnis. Perusahaan bisa mencoba bisnis model dengan market yang berbeda dan atau dengan layanan atau produk khusus.

 

Lima hal diatas bisa membantumu terhidar dari kebangkrutan. Dan untuk kamu yang sedang mengalami staknansi pada bisnismu maka kamu bisa mempraktikan satu, dua, atau tiga ilmu diatas untuk membantumu terbebas dari kegagalan.

Baca Artikel Menarik Lainnya :
Cara Melejitkan Produktivitas
Coba Cara ini untuk Buat Logomu Berkelas
Staycation, model bisnis baru hotel

Loading...

  • 10
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *